Cara Menghitung Masa Pakai Barang Dalam Excel

Apakah kamu bingung bagaimana cara menghitung gaji bersih di Excel? Jangan khawatir, karena kali ini kita akan membahas tutorial lengkap mengenai cara menghitung gaji bersih di Excel.

Tutorial Contoh Cara Menghitung Gaji Bersih di Excel

Bagi banyak pegawai, menghitung gaji bersih merupakan salah satu hal yang cukup rumit. Terkadang rumus penghitungan gaji bersih pun cukup kompleks dan membingungkan.

Namun, dengan menggunakan software Microsoft Excel, menghitung gaji bersih jadi lebih mudah dan praktis. Yuk, simak tutorial lengkapnya di bawah ini:

  1. Buka Microsoft Excel di laptop atau PC kamu.
  2. Buatlah tabel penggajian dengan 5 kolom yang terdiri dari:
    1. Nama
    2. Gaji Pokok
    3. Tunjangan
    4. Potongan
    5. Gaji Total
  3. Selanjutnya, isilah data pegawai pada kolom yang sesuai. Kamu bisa memasukkan nama, gaji pokok, tunjangan, dan potongan dalam kolom yang telah tersedia.

    Contoh:
    Nama Gaji Pokok Tunjangan Potongan Gaji Total
    Andi 5,000,000 1,000,000 500,000
    Budi 6,000,000 1,500,000 750,000
  4. Setelah itu, buatlah rumus penghitungan gaji total pada kolom Gaji Total sesuai dengan bobot potongan yang telah ditentukan. Contoh rumus adalah sebagai berikut:

    =Gaji Pokok + Tunjangan – Potongan

    Contoh:
    Nama Gaji Pokok Tunjangan Potongan Gaji Total
    Andi 5,000,000 1,000,000 500,000 5,500,000
    Budi 6,000,000 1,500,000 750,000 6,750,000
  5. Terakhir, jika ingin menghitung gaji bersih pegawai, kamu bisa membuat rumus pengurangan pajak atau tunjangan lain yang dimiliki. Contoh rumus adalah sebagai berikut:

    =Gaji Total – Pajak

    Contoh:
    Nama Gaji Pokok Tunjangan Potongan Gaji Total Gaji Bersih
    Andi 5,000,000 1,000,000 500,000 5,500,000 5,150,000
    Budi 6,000,000 1,500,000 750,000 6,750,000 5,187,500
Baca Juga :  Cara Membuat Gambar Di Balik Tulisan Excel

Dengan melakukan langkah-langkah di atas, kamu sudah bisa menghitung gaji bersih pegawai dengan mudah dan cepat. Selain itu, menggunakan Microsoft Excel juga mempermudah pengolahan data pegawai secara sistematis.

Cara Menghitung Masa Kerja Pegawai dengan Rumus

Bagi para pegawai, memahami cara menghitung masa kerja sangat penting. Terutama dalam pengajuan naik pangkat atau mendapatkan insentif kenaikan gaji.

Untuk menghitung masa kerja pegawai, kita bisa menggunakan rumus sebagai berikut:

Masa Kerja Pegawai = (Tanggal Akhir Kerja – Tanggal Mulai Kerja)/365

Contoh penghitungan:

Mulai Kerja: 10 Februari 2000

Akhir Kerja: 10 Februari 2021

Masa Kerja Pegawai = (10/02/2021 – 10/02/2000)/365 = 21

Dengan rumus di atas, kamu bisa menghitung masa kerja pegawai dengan mudah dan cepat. Namun, perlu diingat bahwa hasil perhitungan masa kerja pegawai hanya bersifat perkiraan dan sifatnya tidak mutlak.

Cara Otomatis Menghitung Masa Kerja PNS Bagi Guru dan Pegawai Jenjang

Bagi pegawai negeri sipil (PNS), menghitung masa kerja secara manual bisa cukup merepotkan. Oleh karena itu, ada cara lebih mudah yaitu dengan menggunakan excel.

Berikut adalah langkah-langkah cara menghitung masa kerja PNS bagi guru dan pegawai jenjang di Excel:

  1. Buat tabel dengan beberapa kolom. Kolom-kolom ini biasanya mencakup daftar guru atau pegawai jenjang, gelar, tugas pokok, dan nama. Salah satu kolom yang perlu dibuat adalah kolom “Tanggal Masuk”.
  2. Isikan data orang yang ingin dihitung masa kerjanya pada tabel tersebut.
  3. Anda bisa membuat sebuah kolom baru yang bereaksi otomatis terhadap perubahan pada kolom Tanggal Masuk. Ini bisa dicapai dengan memasukkan rumus Excel.
  4. Langkah selanjutnya adalah mengetik “=” (tanpa tanda kutip) dalam kolom baru dan menuliskan nilai di sel yang berada di sebelah kolom Tanggal Masuk untuk orang yang pertama.
  5. Setelah tingkat kegiatan tersebut diketahui, Anda dapat memasukkan rumus Excel untuk menentukan waktu kerja mereka dalam bulan. Anda bisa mencapai ini dengan mengetik kembali “=”, diikuti dengan MSA (tahun selesai – tahun dimulai) * 12) + (bulan selesai – bulan dimulai)] dalam kolom di samping Tanggal Masuk. Isi nilai awal poin ini sama dengan sel sebelah kiri.
  6. Anda juga bisa menghitung waktu kerja seseorang dalam tahun dengan memasukkan Masa Kerja yang dimiliki oleh mereka di kolom tersebut menggunakan rumus Excel yang sama dengan rumus masa kerja sebelumnya.
  7. Terakhir, kamu bisa memasukkan rumus Excel untuk menghitung usia pegawai dengan mengetik “=TODAY()-cell peraga” pada kolom yang diinginkan.
  8. Anda kemudian dapat mengedit format cell untuk menunjukkan bahwa ini berupa angka bulat yang dihitung sebagai usia. Kolom yang telah dihitung dapat disalin dan digunakan pada pegawai lain dalam daftar dengan mengubah nilai Tanggal Masuk pada kolom tersebut.
Baca Juga :  CARA COPY DATA DI EXCEL BERIKUT FORMAT KOLOM

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu bisa menghitung masa kerja PNS secara otomatis dan lebih mudah. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan Excel untuk menghitung berbagai perhitungan lainnya terkait data pegawai.

Pakai Cara Ini untuk Menghitung Usia Kehamilan dan HPL

Bagi ibu hamil, menghitung usia kehamilan dan tanggal HPL sangat penting untuk mempersiapkan kebutuhan bayi dan persiapan lainnya. Berikut ini cara menghitung usia kehamilan dan tanggal HPL:

  1. Hitung hari pertama haid terakhir yang kamu alami. Jangan lupa mencatat tanggalnya.
  2. Tandai tanggal tersebut pada kalender. Ini akan menjadi hari pertama dari periode kehamilan Anda.
  3. Hitung hari terendah dari siklus haid Anda, yaitu tanda pertama menstruasi baru. Ini akan menjadi hari pertama dari ovulasi.
  4. Lalu, hitung 14 hari setelah hari pertama dari ovulasi. Ini adalah hari ke-14 dari siklus haid Anda.
  5. Tanggal ke-14 setelah ovulasi sering disebut sebagai hari ovulasi. Ini adalah hari ketika sperma bertemu sel telur Anda dan kehamilan dimulai.
  6. Hitung usia kehamilan mulai dari hari pertama haid terakhir dan tambahkan 282 hari atau 40 minggu dari tanggal tersebut. Ini akan menjadi tanggal perkiraan persalinan.

Kamu juga bisa menggunakan kalkulator kehamilan online untuk memudahkan penghitungan qmasa kehamilan dan tanggal HPL.

FAQ

1. Apa kegunaan Excel dalam pengolahan data pegawai?

Excel sangat berguna dalam pengolahan data pegawai karena memiliki berbagai fitur dan rumus yang mempermudah pemrosesan data secara sistematis dan efisien.

2. Bagaimana cara menghitung gaji bersih di Excel?

Kamu bisa menghitung gaji bersih di Excel dengan membuat tabel penggajian, mengisi data pegawai pada tabel tersebut, membuat rumus penghitungan gaji total dan gaji bersih, dan menghitung pengurangan pajak atau tunjangan lainnya.

Baca Juga :  CARA MEMBUAT SIMBOL R DALAM LINGKARAN DI EXCEL

Dalam video di atas ada tutorial cara menghitung masa kerja pegawai dengan rumus. Berikut adalah rangkuman cara yang dijelaskan dalam video tersebut.

Cara menghitung masa kerja pegawai:

  1. Buka desain tabel data.
  2. Tambahkan periode kedua dari “Tanggal Masuk” dengan nama kolom “Tanggal Keluar”.
  3. Tambahkan kolom hitung untuk menghitung “Masa Kerja” dengan menggunakan rumus Excel seperti =JH36-I36+ROUND((K36-H36)/30,2).

Dengan mengikuti tutorial di atas, kamu bisa menghitung masa kerja pegawai secara mudah dan efisien.