Cara Menghitung Logit Secara Otomatis Di Excel

Microsoft Excel merupakan salah satu software pengolah angka atau tabel yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Penggunaan Excel sangatlah penting, baik untuk kebutuhan perusahaan besar sampai kecil maupun untuk keperluan pribadi. Hal ini dikarenakan Microsoft Excel sangat membantu dalam hal pengolahan data, perhitungan, hingga pembuatan laporan.

Dalam menggunakan Microsoft Excel, kita seringkali menggunakan rumus-rumus agar proses pekerjaan menjadi lebih efisien. Bagi kalian yang masih awam dalam menggunakan Microsoft Excel, jangan khawatir karena dalam artikel kali ini kita akan membahas tentang Cara Membuat Rumus Otomatis di Excel yang akan memudahkan pekerjaan kalian.

Cara Membuat Rumus Otomatis di Excel

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat rumus otomatis di Excel:

  1. Pertama-tama, buatlah sebuah tabel pada Microsoft Excel
  2. Kemudian, tentukan sel mana yang akan digunakan untuk menampung hasil rumus otomatis
  3. Ketiklah formula yang akan digunakan pada sel tersebut
  4. Setelah itu, tekan tombol “Enter” dan hasil perhitungan akan keluar dengan otomatis pada sel yang telah ditentukan tadi

Dalam membuat rumus otomatis di Excel, terdapat beberapa teknik atau formula yang dapat digunakan untuk menghasilkan perhitungan yang efisien. Berikut ini adalah beberapa rumus otomatis yang sering digunakan:

Cara Menghitung Nilai KKM Secara Otomatis Menggunakan Aplikasi Excel

Kriteria Ketuntasan Minimal atau KKM merupakan standar nilai minimal yang harus dicapai oleh setiap siswa untuk menyelesaikan suatu mata pelajaran atau kelulusan. Dalam membuat rumus otomatis untuk menghitung KKM, terdapat beberapa teknik atau formula yang dapat digunakan, antara lain:

  1. Cara Pertama
  • Masuklah ke aplikasi Microsoft Excel
  • Buat tabel dengan menentukan sel mana yang akan digunakan untuk memasukkan nilai-nilai yang ingin dicari KKM-nya
  • Pada kolom yang digunakan untuk mencari nilai KKM, masukkan formula sebagai berikut: =IF(A1>70,”LULUS”,”TIDAK LULUS”)
  • Setelah itu, tekan tombol “Enter” dan hasil perhitungan akan keluar dengan otomatis pada sel yang telah ditentukan tadi
Baca Juga :  Cara Membuat Program Pembayaran Spp Dengan Excel
  • Cara Kedua
    • Masuklah ke aplikasi Microsoft Excel
    • Buat tabel dengan menentukan sel mana yang akan digunakan untuk memasukkan nilai-nilai yang ingin dicari KKM-nya
    • Pada kolom yang digunakan untuk mencari nilai KKM, masukkan formula sebagai berikut: =IF(SUM(A1:B1)/2>70,”LULUS”,”TIDAK LULUS”)
    • Setelah itu, tekan tombol “Enter” dan hasil perhitungan akan keluar dengan otomatis pada sel yang telah ditentukan tadi

    Bagaimana Dengan Rumus Perkalian Persen Microsoft Excel?

    Rumus perkalian persen Microsoft Excel akan sangat berguna bagi kalian yang sering menghitung omzet atau penghasilan di perusahaan. Berikut ini adalah langkah-langkah menggunakan rumus perkalian persen Microsoft Excel:

    1. Buat tabel pada Microsoft Excel
    2. Ketikkan data yang akan dikalikan dengan persentase (contoh: 1000). Anggaplah data tersebut berada di cell A1
    3. Ketikkan persentase yang akan digunakan (contoh: 10%). Anggaplah persentase tersebut berada di cell B1
    4. Pada sel C1, ketikkan formula sebagai berikut: =A1*B1
    5. Setelah itu, tekan tombol “Enter” dan hasil perhitungan akan keluar dengan otomatis pada sel yang telah ditentukan tadi

    Cara Input Data Otomatis di Excel Menggunakan Form

    Bukan hanya rumus otomatis saja yang dapat memudahkan pekerjaan kalian di Excel, tetapi terdapat fitur input data otomatis yang dapat digunakan. Fitur input data otomatis dalam Microsoft Excel menggunakan form bisa menghemat waktu dan tenaga kalian. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menggunakan fitur input data otomatis di Excel:

    1. Buatlah sebuah tabel pada Microsoft Excel
    2. Pilihlah sel yang kosong setelah data pada tabel berakhir
    3. Pilih Insert -> User Form. Maka akan muncul pop-up form
    4. Kemudian, masukkanlah nama field atau kolom pada form yang akan dibuat
    5. Masukkan tipe data yang dibutuhkan pada kolom, misalnya Date, Number atau Text
    6. Setelah itu, klik tombol “okay” dan form input akan terbentuk di sheet baru
    7. Untuk menambah record baru, klik tombol “New”. Isi data pada form yang telah dibuat
    8. Setelah selesai, klik tombol “Save”. Maka record baru akan terisi kedalam tabel secara otomatis pada baris terakhir
    Baca Juga :  CARA MEMBUAT TULISAN EXCEL KE BAWAH

    Cara Menghitung Usia Secara Otomatis di Excel

    Bagi kalian pekerja yang sering berhubungan dengan data kependudukan atau data pribadi tersebut, biasanya seringkali dihitung usia dari data tersebut. Dalam Excel, terdapat cara otomatis untuk menghitung usia dari tanggal lahir seseorang. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menghitung usia secara otomatis di Excel:

    1. Buat tabel pada Microsoft Excel
    2. Pada kolom pertama, masukkanlah data-data naskah yang berisi tanggal lahir, contohnya: 01/01/1990
    3. Ketikkan formula pada kolom kedua dengan menekan tombol fx, kemudian pilih formula “DATEDIF”
    4. Isi argument formula, “Tanggal mulai” dengan sel yang berisi tanggal masuk, “Tanggal selesai” dengan fungsi TODAY()
    5. Selesai

    Frequently Asked Question

    Apa itu Microsoft Excel?

    Microsoft Excel merupakan salah satu software pengolah angka atau tabel yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Penggunaan Excel sangatlah penting, baik untuk kebutuhan perusahaan besar sampai kecil maupun untuk keperluan pribadi. Hal ini dikarenakan Microsoft Excel sangat membantu dalam hal pengolahan data, perhitungan, hingga pembuatan laporan.

    Apakah Microsoft Excel sulit digunakan?

    Tidak, Microsoft Excel sangat mudah digunakan jika sudah memahami cara kerjanya. Terlebih jika sudah mengenal beberapa rumus otomatis yang dapat memudahkan pekerjaan pengolahan data.

    Video Tutorial Cara Menginput Data Otomatis di Excel menggunakan Form

    Kesimpulan

    Dari artikel di atas, kita dapat mengambil beberapa kesimpulan. Pertama, Microsoft Excel merupakan software yang sangat penting untuk kebutuhan pengolahan data dan perhitungan. Kedua, terdapat berbagai teknik atau formula rumus otomatis yang dapat memudahkan pekerjaan pengolahan data, antara lain perhitungan nilai KKM, perkalian persen, input data otomatis, dan perhitungan usia secara otomatis. Ketiga, fitur-fitur yang terdapat di Excel seperti form input data otomatis sangatlah membantu dalam meningkatkan produktivitas kerja. Terakhir, dengan memahami dan menguasai teknik-teknik tersebut, kita dapat dengan mudah menggunakan Microsoft Excel untuk keperluan kantor maupun pribadi.

    Baca Juga :  Cara Menghitung F Tabel Dengan Excel