Cara Menghitung Lead Time Di Excel

Apakah kamu sering merasa kesulitan ketika harus menghitung persentase atau jumlah karakter di Excel? Tenang, kamu tidak perlu khawatir! Kali ini, kami akan memberikan beberapa tips yang berguna untuk mengatasi masalah tersebut.

Cara Menghitung Persentase di Excel

Bagi sebagian orang, menghitung persentase bisa jadi merupakan hal yang cukup menantang. Namun, dengan menggunakan Microsoft Excel, kamu dapat menghitung persentase secara efektif dan mudah. Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus kamu lakukan:

  1. Pertama, buka program Microsoft Excel.
  2. Setelah itu, masukkan data yang akan dihitung persentasenya. Misalnya, kamu ingin menghitung persentase dari jumlah siswa yang lulus dalam sebuah ujian. Kamu bisa memasukkan data jumlah siswa yang lulus dan jumlah siswa yang mengikuti ujian.
  3. Selanjutnya, buatlah sebuah cel di mana hasil persentase akan ditampilkan. Misalnya, kamu ingin menampilkan hasil persentase pada sel C3.
  4. Untuk menghitung persentase, kamu harus menggunakan formula tertentu. Di sel C3, ketiklah formula berikut: =jumlahsiswayanglulus/jumlahsiswayangmengikutiujian*100%
  5. Tekan tombol Enter pada keyboard dan hasil persentase akan ditampilkan di sel C3.

Cara Menghitung Jumlah Karakter di Excel

Apakah kamu pernah merasa kesulitan menghitung jumlah karakter pada sebuah kolom di Excel? Jika ya, kamu tidak perlu khawatir! Berikut ini adalah cara yang tepat untuk menghitung jumlah karakter di Excel:

  1. Buka program Microsoft Excel dan buka worksheet yang ingin kamu hitung jumlah karakternya.
  2. Selanjutnya, pilih sebuah cel di mana kamu ingin menampilkan jumlah karakter. Misalnya, kamu ingin menampilkan hasil jumlah karakter pada sel C3.
  3. Ketikkan rumus berikut ini pada sel C3: =PANJANG(Cell)
  4. Ganti kata “Cell” dengan referensi sel yang ingin kamu hitung jumlah karakternya. Misalnya, jika kamu ingin menghitung jumlah karakter pada sel A1, maka rumusnya adalah =PANJANG(A1).
  5. Tekan tombol Enter pada keyboard dan hasilnya akan ditampilkan di sel C3.

FAQ

1. Apa itu rumus ROP (Reorder Point)?

Rumus ROP atau Reorder Point adalah sebuah rumus yang digunakan untuk menentukan kapan harus melakukan pemesanan barang agar stok tidak habis. Dengan menggunakan rumus ROP, kita dapat menghitung jumlah stok minimum yang harus tersedia sebelum melakukan pemesanan barang kembali.

2. Bagaimana cara menggunakan rumus ROP?

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menggunakan rumus ROP:

  1. Pertama, tentukanlah lead time atau waktu pengiriman barang dari pemasok ke gudang.
  2. Selanjutnya, cari tahu rata-rata permintaan harian dari pelanggan.
  3. Kemudian, hitunglah standar deviasi (SD) dari permintaan harian. SD dapat digunakan untuk menentukan level keamanan stok (safety stock) yang diperlukan.
  4. Setelah itu, hitunglah jumlah stok yang masih tersedia di gudang.
  5. Ketika jumlah stok mencapai level safety stock atau di bawahnya, maka inilah saatnya untuk memulai pemesanan barang kembali. Jumlah stok minimum yang harus tersedia sebelum melakukan pemesanan barang kembali dapat dihitung menggunakan rumus ROP.

Video Tutorial

Berikut adalah video tutorial yang dapat membantu kamu memahami tentang cara menghitung persentase dan jumlah karakter di Excel:

Penutup

Menghitung persentase atau jumlah karakter di Excel mungkin menjadi tugas yang cukup menantang bagi sebagian orang. Namun, dengan menggunakan beberapa tips yang telah kami berikan di atas, kamu dapat mengatasi masalah tersebut dengan mudah. Selain itu, jangan lupa untuk menggunakan rumus ROP untuk mengatur stok barang agar lebih efektif dan efisien. Semoga artikel ini bermanfaat!

Baca Juga :  Cara Menambahkan Data Microsoft Excel