Cara Menghitung Jumlah Angka 1 Di Excel

Menghitung data dalam Excel merupakan salah satu kemampuan dasar yang diperlukan dalam pengelolaan data. Dalam artikel ini, akan dijelaskan cara menghitung persentase, jumlah bulan, dan karakter dalam Excel. Selain itu, akan disertakan juga tutorial video agar lebih mudah dipahami.

Cara Menghitung Persentase di Excel

Cara Menghitung Persentase di Excel

Untuk menghitung persentase di Excel, dapat dilakukan dengan menggunakan rumus sederhana. Secara umum, rumus persentase di Excel adalah Persentase = (Nilai yang Dicari / Total Nilai) x 100%.

Contoh kasus yang akan dihitung adalah berapa persentase siswa yang lulus dari total siswa yang ada. Misalkan terdapat 30 siswa, dan 24 siswa lulus. Maka rumusnya adalah:

Persentase Lulus = (24 / 30) x 100% = 80%

Dalam rumus di atas, 24 merupakan nilai yang dicari (jumlah siswa yang lulus), sedangkan 30 adalah total nilai (jumlah seluruh siswa).

Jika ingin menghitung persentase dengan jumlah pecahan desimal, maka bisa menambahkan jumlah desimal yang diinginkan di akhir rumus. Contohnya:

Persentase Lulus = (24 / 30) x 1000% = 800%

Pada contoh di atas, jumlah desimal yang diinginkan adalah 3, sehingga diberikan 1000% sebagai pembagi.

Cara Menghitung Jumlah Bulan di Excel

Cara Menghitung Jumlah Bulan di Excel

Untuk menghitung jumlah bulan di Excel, dapat digunakan rumus DATEDIF. Rumus ini cukup rumit, sehingga perlu dilakukan dengan teliti. Rumus DATEDIF memiliki tiga argumen, yaitu:

  • Argumen Pertama: Tanggal mulai
  • Argumen Kedua: Tanggal akhir
  • Argumen Ketiga: Jenis unit waktu yang dicari (hari, bulan, atau tahun)
Baca Juga :  Cara Membuat Rumus Excel Vlookup Dan Mid

Contohnya, jika ingin menghitung selisih bulan antara tanggal 1 Januari 2020 dan 1 Maret 2021, maka rumusnya adalah:

=DATEDIF(“1-Jan-20″,”1-Mar-21″,”m”)

Hasilnya adalah 14, karena selisih 14 bulan antara kedua tanggal tersebut.

Perlu diingat bahwa rumus DATEDIF hanya berfungsi jika tanggal mulai lebih kecil atau sama dengan tanggal akhir. Jika sebaliknya, maka akan muncul pesan error.

Cara Mengambil Karakter di Excel

Cara Mengambil Karakter di Excel

Untuk mengambil karakter tertentu di Excel, dapat digunakan rumus MID. Rumus ini memiliki tiga argumen, yaitu:

  • Argumen Pertama: Teks yang ingin dipotong
  • Argumen Kedua: Letak karakter awal yang ingin diambil
  • Argumen Ketiga: Jumlah karakter yang ingin diambil

Contohnya, jika ingin mengambil karakter ke-3 hingga ke-5 dari teks “Hello World”, maka rumusnya adalah:

=MID(“Hello World”,3,3)

Hasilnya adalah “llo”, karena karakter ke-3 hingga ke-5 dari “Hello World” adalah “llo”.

Dalam rumus MID, argumen kedua dan ketiga dapat diisi dengan variabel atau angka yang konstan. Argumen kedua dapat diisi dengan rumus lain jika ingin mengambil letak karakter awal secara dinamis.

FAQ

1. Apakah rumus DATEDIF bisa digunakan untuk menghitung selisih hari?

Tidak, rumus DATEDIF hanya bisa digunakan untuk menghitung selisih bulan, tahun, atau kombinasi keduanya. Untuk menghitung selisih hari, dapat digunakan rumus DATEDIF dengan satuan hari, yaitu:

=DATEDIF(“1-Jan-20″,”1-Mar-21″,”d”)

Hasilnya adalah 425, karena selisih 425 hari antara kedua tanggal tersebut.

2. Apakah rumus MID hanya bisa digunakan untuk teks dengan panjang tertentu saja?

Tidak, rumus MID bisa digunakan untuk teks dengan panjang apa saja. Jumlah karakter yang ingin diambil dapat diatur sesuai kebutuhan. Jika jumlah karakter yang diminta melebihi panjang teks, maka akan diambil seluruh teks yang tersedia.

Baca Juga :  Cara Membuat Add In Excel Yang Di Protect

Video Tutorial

Demikianlah cara menghitung persentase, jumlah bulan, dan mengambil karakter di Excel. Dengan menguasai kemampuan ini, diharapkan dapat lebih efektif dan efisien dalam mengelola data di Excel. Jangan lupa terus belajar dan berlatih untuk mengasah kemampuan Anda dalam pengelolaan data.