Cara Menghitung Cost Di Excel

Apakah Anda sedang mencari cara menghitung berbagai angka atau nilai dalam Microsoft Excel? Jika iya, maka Anda datang ke tempat yang tepat. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara menghitung cost dalam Excel serta cara menghitung karakter dalam Excel. Selain itu, kami juga akan memberikan beberapa tips dan trik yang berguna untuk mempermudah penggunaan Excel.

Cara Menghitung Cost Di Excel

Cara Menghitung Cost Di Excel

Cara menghitung cost dalam Excel sangatlah mudah dan simpel. Anda hanya perlu mengetahui langkah-langkah dan rumus dasar untuk melakukannya. Berikut adalah langkah-langkah untuk menghitung cost dalam Excel:

  1. Buka program Microsoft Excel dan buatlah tabel dengan dua kolom, yaitu nama item dan harga.
  2. Masukkan daftar item yang akan dihitung dalam kolom pertama.
  3. Masukkan harga dari setiap item dalam kolom kedua.
  4. Setelah itu, tambahkan kolom ketiga dan beri nama “jumlah”.
  5. Di kolom jumlah, ketiklah rumus =B1*C1 untuk mengalikan harga dengan jumlah item.
  6. Gandakan rumus yang telah didapatkan pada sel lainnya dengan cara men-drag pada bagian bawah sel.
  7. Setelah itu, tambahkan sel paling bawah pada kolom jumlah dengan mengetikkan rumus =SUM(D1:D3) pada sel tersebut.
  8. Maka hasil dari cost dapat dilihat pada sel terakhir.

Dalam beberapa pekerjaan, cost per unit sangatlah penting untuk diketahui. Di sini, Anda juga dapat menghitung cost per unit dengan menambahkan kolom “jumlah unit” pada tabel tersebut. Kemudian berikan rumus =jumlah/jumlah unit pada kolom lainnya serta menambahkan rumus pada sel terakhir agar dapat diketahui hasil cost per unit.

Cara Menghitung Karakter Di Excel

Cara Menghitung Karakter Di Excel

Di bawah ini adalah langkah-langkah untuk menghitung jumlah karakter di Excel:

  1. Buatlah tabel yang ingin dihitung jumlah karakternya.
  2. Pilih sel tempat ingin menampilkan jumlah karakter.
  3. Ketikkan rumus =LEN(A1) pada sel tersebut. A1 pada rumus ini merujuk pada sel atau kolom yang ingin dihitung jumlah karakternya.
  4. Selanjutnya tekan Enter dan hasil jumlah karakter dapat dilihat.

Anda juga dapat menghitung jumlah karakter pada kolom tertentu dengan menggunakan rumus yang sama sebelumnya, hanya saja di dalam kurung perlu ditambahkan kisaran sel atau kolom. Misalnya =LEN(A1:A5) pada sel yang ingin menampilkan jumlah karakter pada kolom A1 hingga A5. Anda juga dapat menggunakan rumus =LEN(TRIM(A1)) untuk menghitung jumlah karakter tanpa spasi pada sel tertentu.

Tips & Trik Menarik

Tips dan Trik Excel

Berikut adalah beberapa tips dan trik yang berguna dalam menggunakan Microsoft Excel:

  1. Gunakan fungsi jumlah sel, rata-rata, dan lain-lain untuk mempermudah penggunaan Excel. Anda dapat menemukan fungsi tersebut pada menu Formulas di Excel.
  2. Anda dapat menggunakan format painter untuk menyalin format pada sel tertentu untuk digunakan pada sel lainnya.
  3. Gunakan kombinasi shortcut dalam Excel untuk mempercepat pekerjaan Anda. Misalnya, tekan CTRL+D untuk menyalin isi dari sel di atasnya atau tekan F4 untuk menyalin rumus pada sel di atasnya.
  4. Anda dapat mempersingkat penggunaan rumus dengan menambahkan tanda $ pada sel tertentu. Sebagai contoh, ketikkan =$A$1+$B$1 pada sel tertentu untuk menambahkan nilai pada sel A1 dan B1.
  5. Pada menu View di Excel, Anda dapat menemukan banyak fitur seperti Split untuk memisahkan layar menjadi dua bagian atau Freeze Panes untuk mematikan scroll pada baris atau kolom tertentu. Hal ini sangat berguna ketika Anda bekerja dengan tabel yang sangat besar.
Baca Juga :  cara membuat long section dengan excel xlsx Cara membuat long section jalan/ potongan memanjang jalan di autocad

FAQ

1. Apakah Excel hanya berguna dalam perhitungan angka?

Tidak. Selain digunakan untuk perhitungan angka, Excel juga banyak digunakan untuk membuat grafik atau diagram, laporan keuangan, mengorganisasikan data, dan banyak lagi.

2. Apakah ada versi Excel yang berbeda?

Ya. Microsoft Excel telah hadir dalam beberapa versi, seperti Excel 97, Excel 2000, Excel 2003, Excel 2007, Excel 2010, Excel 2013, Excel 2016, hingga Excel 2019. Setiap versi memiliki fitur yang berbeda-beda.