CARA MENGHILANGKAN KOTAK DI EXCEL

Excel adalah salah satu program spreadsheet yang paling sering digunakan di seluruh dunia. Banyak pengguna menggunakan program ini setiap hari untuk mengatur dan menganalisis data mereka. Namun, terkadang ada garis-garis gridlines yang mengganggu di dalam lembar kerja, terutama ketika ingin mencetak laporan atau dokumen penting. Di sini, kami akan membahas cara menghilangkan gridlines di Excel dan membuat lembar kerja Anda tetap rapi dan mudah dibaca.

Cara Menghilangkan Garis (Gridlines) di Excel

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan gridlines di Excel. Salah satunya adalah dengan menggunakan menu opsi lembar kerja Excel. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka lembar kerja Excel yang ingin Anda atur gridlines-nya
  2. Pilih “Page Layout” dari menu bar di bagian atas lembar kerja
  3. Pilih “Gridlines” dari opsi di bagian atas dan uncheck “View” untuk menghilangkan garis kotak-kotak di lembar kerja Excel Anda

Setelah menonaktifkan opsi “View”, Anda sekarang akan melihat bahwa gridlines di lembar kerja Excel Anda telah dihilangkan. Anda bisa mencetak dokumen atau melihatnya di tampilan normal. Tetapi, jika Anda masih memerlukan garis kotak-kotak di lembar kerja Anda, langkah yang sama dapat diulangi untuk menampilkan kembali gridlines di dalam lembar kerja.

Cara Menghilangkan Garis Kotak-Kotak (Gridlines) Pada Microsoft Office

Memiliki lembar kerja Excel yang rapi dan mudah dibaca sangat penting untuk memudahkan pengelolaan dan analisis data Anda. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan gridlines di lembar kerja Excel pada Microsoft Office. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka lembar kerja Excel pada Microsoft Office Anda
  2. Klik kanan di mana saja pada lembar kerja, lalu pilih “Format Cells” dari pilihan kali ini Anda akan melihat jendela “Format Cells”
  3. Pilih “Border” dari pilihan di sebelah kiri, dan jendela yang menampilkan pilihan garis kotak-kotak akan muncul
  4. Dari sana, Anda dapat menyesuaikan opsi garis Anda, seperti menambah garis topi atau bawah, yang dapat meningkatkan penampilan lembar kerja Anda

Jika Anda belum puas dengan opsi garis yang ditawarkan di sana, kemudian tekan tab “Color” dan lihatlah untuk memilih opsi warna lainnya. Setelah menyesuaikan opsi menghilangkan garis kotak-kotak dan membuat lembar kerjamu tetap mudah dibaca, tekan tombol OK untuk menjadikannya berguna.

Cara Menghilangkan Tanda Kotak di Excel

Saat menggunakan Excel, Anda mungkin telah bertemu dengan kotak yang muncul secara otomatis ketika menggunakan beberapa simbol tertentu, seperti khusus atau emoji. Kotak ini terlihat terutama ketika file Excel Anda dibuka pada perangkat yang tidak mendukung karakter yang tinggi atau memiliki font yang tidak terinstal. Berikut adalah cara menghilangkan tanda kotak di Excel:

  1. Anda harus masuk ke kotak di mana simbol tanda icon muncul di dalam lembar kerja Excel Anda
  2. Klik kanan pada icon tersebut dan pilih “Format Cell”
  3. Kemudian, pilih opsi “Custom” dari bagian “Categoary” dan tekan ikon “Custom”
  4. Pada kotak yang muncul, hapus apapun yang mencantumkan font dan mengganti dengan font yang lebih umum atau universal seperti Arial atau Times New Roman, lalu klik OK.

Kotak di lembar kerja Anda sekarang harus hilang. Jika masalah ini terjadi pada file Excel yang dibuka di perangkat lain, kemungkinan besar perangkat ini tidak memiliki font yang menampilkan simbol tersebut. Jika Anda sedang mengirim lembar kerja Excel kepada orang lain, lebih baik untuk menghindari penggunaan karakter spesial atau emoji agar tidak membingungkan penerima.

Baca Juga :  Cara Membuat Grafik Pada Excel 2016

FAQ

Bagaimana cara menambahkan atau menghapus kolom atau baris di Excel?

Untuk menambahkan kolom atau baris di Excel, cukup klik kolom atau baris di sebelah kanan atau bawah yang ingin Anda tambahkan, klik kanan kemudian pilih “Insert”. Untuk menghapus kolom atau baris, cukup klik kolom atau baris yang ingin Anda hapus, klik kanan kemudian pilih “Delete”. Anda juga dapat memilih “Entire Row” atau “Entire Column” jika ingin menghapus seluruh baris atau kolom

Bagaimana cara menghitung persentase di Excel?

Untuk menghitung persentase di Excel, dapat dilakukan dengan rumus dasar matematika. Misalnya, jika Anda ingin menghitung persentase penjualan dalam satu bulan, cukup bagi total penjualan dengan jumlah produk yang terjual dalam satu bulan, lalu kalikan dengan 100. Dalam Excel, Anda dapat menggunakan rumus untuk melakukan perhitungan ini: =Jumlah Penjualan / Jumlah Produk Terjual * 100%. Anda kemudian dapat memformat sel dengan persentase untuk memudahkan pembaca memahami angka.

Video Tutorial

Itulah beberapa cara menghilangkan garis kotak-kotak di Excel dan beberapa tips dan trik tambahan untuk membantu Anda dalam pengelolaan data dan lembar kerja Anda. Mulailah dengan mengikuti tutorial-tutorial online atau kursus Excel, yang akan memberikan wawasan lebih dalam tentang program ini. Jangan takut menginvestasikan waktu Anda untuk belajar Excel, karena itu akan memberikan manfaat jangka panjang dalam karir dan bisnis Anda.