CARA EXCEL MENGAMBIL DATA DISHEET LAIN


Excel memang merupakan software yang sangat bermanfaat dalam pengolahan data. Tidak hanya digunakan oleh para profesional, namun juga sering digunakan oleh mahasiswa, pelajar, dan juga para pekerja yang membutuhkan analisis data yang cepat dan akurat. Salah satu fitur yang paling penting dalam Excel adalah fitur mengambil data. Banyak yang masih belum mengetahui cara mengambil data yang efektif dan cepat dengan Excel. Oleh karena itu, dalam artikel ini kami akan memberikan tips dan trik mengambil data dengan Excel yang mudah dan efektif.

Cara Mengambil Data dari File Lain dengan Rumus VLOOKUP

CARA EXCEL MENGAMBIL DATA DISHEET LAIN

Cara pertama yang bisa digunakan untuk mengambil data dari file lain adalah dengan menggunakan rumus VLOOKUP. Rumus ini cukup efektif karena memungkinkan kita untuk mengambil data yang sesuai dengan kriteria yang kita tentukan. Berikut ini adalah cara mengambil data dari file lain dengan menggunakan rumus VLOOKUP.

  1. Pertama-tama, buatlah sebuah file baru yang akan digunakan untuk mengambil data dari file lain. Misalnya, kita akan mengambil data dari file Data.xlsx.

    membuat file baru

  2. Selanjutnya, buka file Data.xlsx dan pilih data yang akan diambil. Misalnya, kita ingin mengambil nama dan alama dari data tersebut.

    mengambil data dari file lama

  3. Setelah itu, salin data tersebut ke dalam file baru yang telah kita buat sebelumnya.

    menyisipkan data ke dalam file baru

  4. Selanjutnya, buat sebuah kolom kriteria yang akan digunakan untuk memfilter data. Misalnya, kita ingin mengambil data berdasarkan wilayah.

    membuat kolom kriteria

  5. Setelah itu, buat rumus VLOOKUP pada kolom nama dan alamat. Misalnya, kita ingin mengambil data dari wilayah “Jakarta”.

    menggunakan rumus VLOOKUP

  6. Terakhir, kita akan mendapatkan data yang sesuai dengan kriteria yang kita tentukan.

    data yang diambil dengan VLOOKUP

  7. Dengan menggunakan rumus VLOOKUP, kita dapat mengambil data dengan cepat dan efektif.

Cara Mengambil Data dari File Lain dengan Power Query

gambar pengambilan data dengan power query

Cara kedua yang bisa digunakan untuk mengambil data dari file lain adalah dengan menggunakan fitur Power Query. Fitur ini memungkinkan kita untuk mengambil data dari berbagai sumber dan mengolah data tersebut dengan mudah. Berikut ini adalah cara mengambil data dari file lain dengan Power Query.

  1. Pertama-tama, buatlah sebuah file baru yang akan digunakan untuk mengambil data dari file lain. Misalnya, kita akan mengambil data dari file Data.xlsx.

    membuat file baru

  2. Selanjutnya, buka file baru tersebut dan pilih menu Data -> From File -> From Excel.

    mengambil data dari file

  3. Setelah itu, pilih file Data.xlsx dan klik tombol Load.

    mengambil data dari file lain

  4. Selanjutnya, kita dapat mengolah data tersebut dengan Power Query. Misalnya, kita ingin menghapus kolom yang tidak diperlukan.

    menghapus kolom yang tidak diperlukan

  5. Setelah itu, kita akan mendapatkan data yang telah diolah dengan mudah dengan Power Query.

    data yang telah diolah dengan Power Query

  6. Dengan menggunakan Power Query, kita dapat mengambil data dan mengolah data dengan mudah dan cepat.

FAQ

Apa itu Excel?

Excel adalah sebuah software spreadsheet yang digunakan untuk mengolah dan menganalisis data. Software ini sering digunakan oleh mahasiswa, pelajar, dan juga para pekerja yang membutuhkan analisis data yang cepat dan akurat.

Apa saja fitur penting dalam Excel?

Beberapa fitur penting dalam Excel antara lain:

  • Rumus – Excel menyediakan banyak sekali rumus yang mempermudah analisis data, seperti SUM, AVG, VLOOKUP, dan lain sebagainya.
  • Format – Excel memungkinkan kita untuk mengatur format data dengan mudah, seperti font, warna, dan sebagainya.
  • Pivot Table – Fitur ini memungkinkan kita untuk mengolah data dengan mudah dan cepat.
  • Chart – Excel menyediakan banyak sekali jenis chart yang mempermudah pengolahan data, seperti bar chart, line chart, pie chart, dan sebagainya.
  • Conditional Formatting – Fitur ini memungkinkan kita untuk memberikan format khusus pada data yang memenuhi kriteria tertentu, sehingga data tersebut lebih mudah dibaca dan dipahami.
Baca Juga :  CARA MEMASUKKAN EXCEL KE WORD 2010

Video Tutorial

Berikut ini adalah video tutorial mengambil data dengan Excel.