CARA MENGGABUNGKAN DATA PADA EXCEL DARI BANYAK FILE

Cara Menggabungkan Data Sheet Pada Excel

Cara Menggabungkan Tabel di Excel

Apabila kita memiliki dua tabel yang terpisah pada Microsoft Excel, namun ingin digabungkan menjadi satu tabel, kita dapat menggunakan Fitur Merge Table yang disediakan pada aplikasi tersebut. Cara melakukannya adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Microsoft Excel
  2. Copy seluruh data tabel pertama
  3. Klik pada sel “A1” pada tabel kedua, lalu klik pada “Data” pada menu bar, kemudian klik Merge Table pada fitur Get & Transform Data
  4. Pilih “OK” untuk membuka Pop-up yang berisi Data Tabel, dan paste data pertama pada pop-up tersebut
  5. Pada kolom “Folder Path” dapat dengan kosong
  6. Pada kolom “File Name” isi dengan nama tabel pertama
  7. Ketik folder path yang diinginkan pada kolom “Folder Path”
  8. Klik “OK”
  9. Data tabel pertama dan kedua telah berhasil digabungkan pada tabel kedua

Cara Menggabungkan Kolom di Excel

Selain menggabungkan tabel, kita juga dapat menggabungkan kolom di Microsoft Excel. Dalam hal ini, kolom yang dimaksud adalah kolom teks. Ada beberapa cara yang bisa dipilih untuk menggabungkan kolom, berikut adalah cara-cara tersebut:

  1. Menggunakan rumus CONCATENATE
  • Buka aplikasi Microsoft Excel
  • Buatlah tabel dengan dua kolom yang diinginkan
  • Contoh: Kolom A berisi nama depan dan kolom B berisi nama belakang, lalu ketikkan rumus berikut pada kolom C: =CONCATENATE(A2,” “,B2)
  • Function CONCATENATE digunakan untuk menggabungkan text pada dua (atau lebih) sel.
Baca Juga :  Cara Mebuat Surat Masuk Dengan Excel
  • Menggunakan karakter operator “&”
    • Buka aplikasi Microsoft Excel
    • Buatlah tabel dengan dua kolom yang diinginkan
    • Contoh: Kolom A berisi nama depan dan kolom B berisi nama belakang, lalu ketikkan rumus berikut pada kolom C: =A2&” “&B2
    • Character operator “&” adalah alternatif dari rumus CONCATENATE pada Microsoft Excel.

    Cara Cepat Menggabungkan atau Memisahkan Text pada Sel Microsoft Excel

    Apabila kita menginginkan untuk menggabungkan sel Microsoft Excel tanpa menggunakan rumus atau operator, kita dapat menggunakan fitur “Merge Cells” atau “Wrap Text”. Berikut adalah cara-cara untuk melakukannya:

    1. Merge Cells
    • Buka aplikasi Microsoft Excel
    • Select sel-sel yang ingin digabungkan
    • Klik kanan pada sel yang telah diklik, lalu pilih “Merge Cells”
    • Hasilnya, sel-sel yang telah digabungkan akan menjadi satu sel dengan kata-kata yang digabungkan menjadi satu
  • Wrap Text
    • Buka aplikasi Microsoft Excel
    • Select sel yang diinginkan
    • Klik kanan pada sel yang telah dipilih, lalu pilih “Format Cells” pada pop-up menu
    • Pilih tab “Alignment” pada pop-up, kemudian ceklis “Wrap Text” dan klik “OK”
    • Hasilnya, text pada sel tersebut akan digabungkan pada kolom yang sama, membentuk satu paragraf yang mengikuti lebar sel.

    FAQ

    Apakah rumus CONCATENATE dan karakter operator “&” sama?

    Kedua rumus tersebut berfungsi sama untuk menggabungkan kolom atau sel pada Microsoft Excel, namun penggunaan karakter operator “&” terbilang lebih mudah dan cepat dibandingkan dengan rumus CONCATENATE.

    Apakah sel yang digabungkan dengan menggunakan Merge Cells dapat ditekankan?

    Tidak, karena penggabungan sel menggunakan Merge Cells mengubah sel-sel yang digabungkan menjadi satu sel saja.