CARA MENGEMBALIKAN FILE EXCEL YANG ERROR

Cara Mengembalikan File Excel yang Sudah di Edit atau Tersimpan Salah

Ada situasi saat bekerja dengan dokumen, salah satu file penting seperti Microsoft Excel terkadang menjadi korban dari berbagai kesalahan. Entah itu file yang valid yang sengaja atau tidak disimpan atau bahkan file yang sudah tersimpan tetapi terhapus. Maka dari itu, penting bagi kita untuk mengetahui cara mengembalikan file excel yang telah di edit, tersimpan salah, hilang, atau terhapus. Pada artikel ini, akan dijelaskan beberapa metode yang dapat digunakan untuk mengembalikan file Excel yang sudah di edit atau tersimpan.

Cara Mengembalikan File Excel yang Sudah Tersimpan

Ada dua cara untuk mengembalikan file Excel yang sudah tersimpan. Pertama, kita dapat menggunakan fitur Auto Recovery yang disediakan oleh Microsoft Excel. Kedua, dengan menggunakan fitur AutoSave.

1. Auto Recovery

Auto Recovery adalah fitur built-in pada Microsoft Excel yang secara otomatis menyimpan file sementara ke dalam komputer Anda. Jadi jika Microsoft Excel tiba-tiba menutup tanpa memberi kesempatan untuk menyimpan file, maka Anda masih bisa menyelamatkan dokumen Excel dengan cara baku yaitu membuka file Excel yang disimpan secara otomatis.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan fitur Auto Recovery:

  1. Buka kembali Microsoft Excel dan cari tab File. Cari opsi Info, dan didalam Info, klik pada Manage Document Button;
  2. Pilih restore unsaved workbooks
  3. Simpan file yang dipulihkan.
Baca Juga :  Cara Membuat Grafik Radar Pada Excel

2. AutoSave

AutoSave adalah fitur yang memungkinkan Microsoft Excel untuk secara otomatis menyimpan perubahan data di dokumen yang sudah dibuka setiap beberapa saat. Fitur ini sama dengan AutoSave yang disediakan oleh Microsoft Word dan PowerPoint. Jika fitur ini diaktifkan, maka setiap perubahan yang dilakukan pada dokumen Excel akan secara otomatis disimpan.

Berikut adalah langkah-langkah cara mengaktifkan AutoSave pada dokumen Excel:

  1. Buka file Excel yang ingin diaktifkan AutoSave;
  2. Klik tab file pada menu bar, kemudian pilih opsi save as;
  3. Pilih OneDrive atau SharePoint sebagai tempat penyimpanan yang akan di-aktifkan AutioSave;
  4. Klik detail dan pilih opsi keep the last autosaved version if i close without saving (simpan versi terakhir otomatis jika saya menutup tanpa menyimpan);
  5. Kemudian, klik simpan.

Cara Mengembalikan File Excel yang Tidak Tersimpan atau Hilang

Berikut adalah beberapa metode yang dapat digunakan untuk mengembalikan file Excel yang tidak tersimpan atau hilang:

1. Mengembalikan file Excel yang belum Tersimpan

Ketika sedang berubah dari dokumen Excel yang panjang-panjang dan sambil bekerja, kadang-kadang kita lupa menyimpan setiap perubahan yang telah dilakukan. Dan ketika akan menyimpan dokumen tersebut, barulah kita menyadari ternyata ada beberapa baris atau halaman yang baru saja kita buat tidak pernah disimpan. Nah, untuk mengatasi masalah ini, berikut adalah cara mengembalikan file Excel yang belum tersimpan:

  1. Pastikan bahwa dokumen Excel yang belum tersimpan belum anda tutup atau di restart
  2. Klik Tab File, dilanjutkan dengan mengeklik Info
  3. Cari dan klik Manage Workbook, kemudian klik Recover unsaved Workbooks
  4. Salin file yang baru saja dipulihkan ke PC anda dengan file dokument yang sama, kemudian simpan perubahan yang telah anda lakukan sebelumnya.
Baca Juga :  Cara Membuat Angka Absolut Di Excel

2. Mengembalikan file Excel yang Terhapus atau Hilang

Jika dokumen Excel atau file yang sudah tersimpan secara otomatis terhapus, maka Anda dapat mencoba menggunakan fitur canggih yang disebut dengan Microsoft Office Easy Recovery. Seperti yang telah disebutkan di atas, fitur ini memungkinkan Anda mengembalikan dokumen Excel terhapus atau hilang.

Berikut adalah cara untuk menggunakan Microsoft Easy Recovery:

  1. Buka menu office dan klik options, disarankan untuk menyesuaikan tampilan untuk mencari dokumen terhapus
  2. Pilih File Locations dan ubah setting untuk tempat penyimpanan file
  3. Konfirmasikan dan simpan pengaturan;
  4. Lihat jika dokumen yang akan dikembalikan bisa ditemukan
  5. Restore dokumen Excel yang terhapus atau hilang ke komputer Anda, di situlah data tersebut hilang dari dokumen Excel Anda.

FAQ

1. Bagaimana cara mengembalikan file Excel yang terhapus?

Anda dapat menggunakan fitur yang disebut dengan Microsoft Office Easy Recovery. Fitur ini memungkinkan Anda mengembalikan dokumen Excel yang terhapus atau hilang. Caranya adalah dengan membuka menu office, kemudian klik options dan disarankan untuk menyesuaikan tampilan untuk mencari dokumen terhapus. Setelah itu, pilih File Locations dan ubah setting untuk tempat penyimpanan file. Konfirmasikan dan simpan pengaturan. Lihat jika dokumen yang akan dikembalikan bisa ditemukan. Terakhir, restore dokumen Excel yang terhapus atau hilang ke komputer Anda, di situlah data tersebut hilang dari dokumen Excel Anda.

2. Bagaimana cara mengembalikan file Excel yang belum tersimpan?

Untuk mengembalikan dokumen Excel yang belum tersimpan, pertama pastikan bahwa dokumen Excel yang belum tersimpan belum anda tutup atau di restart. Kedua, klik Tab File, dan kemudian Info. Cari dan klik Manage Workbook, kemudian klik Recover unsaved Workbooks. Kemudian, salin file yang baru saja dipulihkan ke PC anda dengan file dokument yang sama, kemudian simpan perubahan yang telah anda lakukan sebelumnya.

Baca Juga :  Cara Membuat Rumus Di Excel Antar Sheet

Kesimpulan

Bacaan ini telah mengajarkan kita cara mengembalikan file Excel yang telah disimpan, hilang ataupun terhapus. Jika bahan sangat penting, sangat penting untuk menggunakannya dengan hati-hati. Guna menghindari kerusakan dokumen Excel, ada beberapa tips yang dapat diterapkan, seperti menyimpan file dengan format Excel yang tepat, membuat salinan cadangan dari dokumen Excel dan menggunakan program yang dapat memulihkan dokumen tersebut, seperti Recuva.