Cara Mengcopy Data Rumus Di Excel Dari Horizontal Menjadi Vertikal

Copy paste data pada microsoft excel memang telah menjadi suatu hal yang sangat umum dilakukan. Namun, apabila kita tidak mengetahui trik dan tips di excel, proses ini bisa jadi sangat merepotkan. Salah satu masalah yang muncul ketika kita melakukan copy paste data excel adalah ketika kita ingin memindahkan data dari vertikal ke horizontal atau sebaliknya. Pada artikel ini, kami akan membahas cara untuk mengatasi masalah ini dengan mudah.

Copy Data dari Vertikal ke Horizontal di Excel

Saat melakukan copy pada data vertikal ke horizontal, kita sebenarnya membutuhkan sedikit trik dan tips agar proses sehingga dapat berjalan dengan lancar. Berikut adalah cara untuk melakukan copy data dari vertikal ke horizontal di Microsoft Excel:

  1. Pertama, buka program microsoft Excel dan buka dokumen yang berisi data yang ingin Anda copy.
  2. Setelah itu, pilih sel yang tidak terpakai dan mulai menuliskan formula [=TRANSPOSE( ] pada sel tersebut.
  3. Selanjutnya, pilih sel yang Anda ingin copy dan tekan Enter.
  4. Copy formula tersebut dan letakkan pada sel yang ditentukan horizontal di file yang sama.
  5. Terakhir, tekan Ctrl + Shift + Enter untuk memastikan bahwa formula tersebut dapat dijalankan dan diterapkan pada data yang di seleksi di awal.

Copy Data dari Horizontal ke Vertikal di Excel

Saat melakukan copy dari data horizontal ke vertikal, perlu juga membutuhkan sedikit trik untuk memastikan proses tersebut berjalan dengan efektif. Berikut adalah cara untuk melakukan copy data dari horizontal ke vertikal di Microsoft Excel:

  1. Pertama, buka program microsoft Excel dan buka dokumen yang berisi data yang ingin Anda copy.
  2. Setelah itu, pilih sel yang tidak terpakai dan mulai menuliskan formula [=TRANSPOSE( ] pada sel tersebut.
  3. Setelah itu, masukkan data yang ingin di copy pada baris horizontal dibawahnya.
  4. Copy formula tersebut dan letakkan pada sel yang ditentukan vertikal di file yang sama.
  5. Terakhir, tekan Ctrl + Shift + Enter untuk memastikan bahwa formula tersebut dapat dijalankan dan diterapkan pada data yang di seleksi di awal.
Baca Juga :  Cara Membuat Insert Tanda Centang Di Excel

Frequently Asked Questions (FAQ)

1. Apa itu Excel?

Excel merupakan sebuah program komputer yang digunakan untuk memproses data, terutama data numerik dan statistik. Excel juga digunakan sebagai pengolah data yang efektif dan fungsional, dengan fitur-fitur yang memberikan kemudahan dalam mengelola data, mulai dari perencanaan keuangan hingga perhitungan rumus. Excel biasanya digunakan oleh para accountant, analyst, manager, dan pekerja bidang keuangan untuk dapat berhenti duduk di meja atau hanya membiarkan mesin bekerja. Bahasa pemrograman utama dari Excel adalah Visual Basic for Applications (VBA), yang memungkinkan pengguna untuk membuat makro dan fungsi baru dari data yang disediakan.

2. Apa itu formula TRANSPOSE pada Excel?

Formula TRANSPOSE pada Excel adalah sebuah rumus yang memungkinkan kita untuk memindahkan dan membalikkan urutan data vertikal menjadi horizontal atau sebaliknya. Dengan formula ini, proses konversi data lebih mudah dan mempersingkat waktu kerja kita. Formula TRANSPOSE pada Excel adalah [=TRANSPOSE], dan kita bisa memasukkannya pada sel yang telah tersedia pada file yang kita pilih. Jika data yang ingin kita copy pada awalnya terletak pada posisi vertikal, maka kita perlu memasukkan rumus transposenya pada baris yang kosong, dan membagi isi kotak-kotaknya dengan semicolon. Sebaliknya, jika data yang ingin kita copy berada pada posisi horizontal, maka rumus TRANSPOSE akan dipasang pada kolom yang kosong, dan membagi isinya dengan comma.

Video Tutorial

Berikut adalah video tutorial mengenai cara copy data vertikal ke horizontal atau sebaliknya pada Microsoft Excel: