Cara Mengcopy Data Dari Microsoft Excel Ke Microsoft Word

Bagi sebagian besar pekerja kantoran, penerapan teknologi dalam pekerjaan mereka sungguh membantu dalam penyusunan konsep, analisis data, dan presentasi. Salah satu program yang sangat berguna dalam hal tersebut adalah Microsoft Office. Dalam Microsoft Office, terdapat beberapa fitur yang bisa digunakan, antara lain Excel dan Word. Excel dapat digunakan untuk menyusun data, mengolah dan menganalisis data, serta membuat grafik. Sedangkan Word banyak digunakan untuk menulis berbagai jenis dokumen dan membuat laporan. Dalam artikel ini, kita akan membahas bagaimana cara meng-copy data dari Excel ke Word dengan mudah dan cepat.

Cara Meng-copy Data Dari Excel Ke Word

Sebelum memulai proses Copy data excel ke word, disini akan memberikan informasi bahwa sebaiknya kamu menggunakan Excel dan Word versi terbaru. Hal ini sangat penting karena Excel dan Word versi terbaru memiliki beberapa fitur yang tidak dimiliki oleh versi yang lebih lama. Salah satu fitur tersebut adalah kemudahan dalam melakukan proses Copy dan Paste, serta lebih mudah untuk membuat grafik atau tabel di Excel dan memasukkannya ke Word.

Berikut adalah beberapa langkah mudah untuk copy data dari Excel ke Word :

Langkah 1

Buka file Excel yang ingin kamu copy data dari-nya dan tentukan area atau bagian tabel yang ingin kamu copy ke dokumen Word. Kamu dapat menggunakan tombol Shift dan Arrow yang ada pada keyboard untuk menyeleksi area tabel yang kamu inginkan. Atau bisa juga mengklik titik koordinat kiri atas dari tabel dan tarik mouse ke koordinat kanan atau bawah tabel agar semua data dalam tabel terpilih.

Baca Juga :  Cara Membuat Protect View Excel 2007

Langkah 2

Setelah menyeleksi area atau bagian tabel tertentu, klik tombol Copy pada menu Excel atau menggunakan kombinasi tombol Ctrl+C pada keyboard kamu.

Langkah 3

Sekarang kamu sudah berhasil copy data dari Excel. Mari kembali ke dokumen Word dan tentukan tempat atau bagian dokumen yang akan kamu paste. Setelah itu, klik tombol Paste pada menu Word atau menggunakan tombol kombinasi Ctrl+V pada keyboard kamu.

Langkah 4

Voila! Tabel dari Excel pun sudah berhasil kamu paste ke dokumen Word dengan rapi dan mudah dibaca. Jika perlu, kamu dapat memodifikasi ukuran tabel dan menyesuaikan spasi antara kolom dan baris di Word. Jangan lupa kamu bisa menyimpan file tersebut di format .doc atau .docx jika kamu ingin mengedit dokumen tersebut di Word.

Cara Copy Tabel Dari Excel Ke Word Secara Mudah

Memasukan data dari Excel ke Word tidak hanya terbatas pada tabel saja. Ada banyak data yang bisa kamu copy dari Excel, termasuk grafik, pivot table, dan grafik sparkline. Berikut adalah langkah mudah untuk meng-copy data lain dari Excel ke Word :

Langkah 1

Buka file Excel yang ingin kamu copy datanya ke Word dan tentukan data yang ingin kamu copy.

Langkah 2

Klik kanan pada data tersebut dan pilih “Copy” atau gunakan kombinasi tombol Ctrl+C pada keyboard kamu.

Langkah 3

Buka file Word yang ingin kamu paste data tersebut dan pilih tempat atau posisi untuk paste data kamu.

Langkah 4

Klik kanan pada tempat tersebut dan pilih “Paste” atau gunakan kombinasi tombol Ctrl+V pada keyboard kamu.

Hasilnya, data kamu akan berhasil di paste ke Word secara mudah. Kamu bisa melihat langsung apakah data tersebut pas di Word atau perlu diedit terlebih dahulu sebelum mem-publish dokumen tersebut.

Baca Juga :  Cara Menampilkan Data Mean Modus Median Di Excel

FAQ

Pertanyaan 1

Apakah saya bisa meng-copy tabel dengan format Excel ke Word?

Jawaban 1

Tentu saja bisa. Untuk meng-copy tabel dengan format Excel ke Word, pastikan bahwa kamu telah mengcopy data dari Excel dengan benar dan memilih tempat yang tepat di Word untuk paste data tersebut. Jangan lupa bahwa kamu dapat menyimpan dokumen kamu di format .doc atau .docx agar kamu bisa mengedit dokumen tersebut di Word sesuai kebutuhan kamu.

Pertanyaan 2

Apakah saya bisa memasukan file Excel ke dalam dokumen Word sebagai file terpisah?

Jawaban 2

Tentu saja bisa. Jika kamu ingin memasukan file Excel ke dalam dokumen Word sebagai file terpisah yang dapat diakses oleh pembaca, kamu bisa menggunakan fitur “Inser Object” pada Word. Kamu dapat memilih “Create New” atau “Create From File” untuk memasukan file Excel kedalam dokumen Word sebagai file terpisah. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan terlalu banyak file terpisah dalam dokumen Word dapat membuat dokumen kamu lebih sulit untuk diakses dan diatur.

Video tutorial tentang cara copy tabel dari Excel ke Word juga dapat kamu lihat dibawah :

Dalam kesimpulan, meng-copy data dari Excel ke Word sangatlah mudah dan cepat dilakukan. Cukup dengan beberapa langkah saja, kamu bisa memasukan data dari Excel ke Word dalam berbagai format seperti tabel, grafik, pivot table, dan grafik sparkline. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan fitur “Insert Object” dalam Word untuk memasukan file Excel sebagai file terpisah dalam dokumen Word kamu. Semoga informasi ini berguna dan membantu kamu dalam penyusunan berbagai dokumen seperti laporan dalam pekerjaan kamu.