CARA MENGATASI FILE EXCEL YANG TIDAK BISA DIBUKA PADA WINDOWS

Anda mungkin sering mengalami masalah dengan file Excel yang tidak dapat dibuka atau tidak dapat diedit. Ini mungkin menjadi masalah yang sangat mengganggu, terutama jika Anda bergantung pada file tersebut untuk pekerjaan atau tugas kuliah Anda. Namun, jangan khawatir, ada solusi yang bisa Anda coba untuk mengatasi masalah tersebut. Berikut ini beberapa cara mengatasi file Excel yang corrupted atau tidak bisa dibuka:

1. Periksa Kembali Nama File dan Ekstensi

CARA MENGATASI FILE EXCEL YANG TIDAK BISA DIBUKA PADA WINDOWS

Seringkali file Excel tidak dapat dibuka karena ekstensi berubah, sehingga tidak lagi dapat dibuka oleh software Excel. Untuk mengatasi masalah ini, periksa kembali nama file dan ekstensinya. Pastikan nama file dan ekstensi yang tepat digunakan untuk file yang ingin Anda buka atau edit. Jika Anda masih mengalami masalah saat membuka file tersebut, coba ganti ekstensi file dengan .xls atau.xlsx. Ini mungkin cukup untuk membuat file Excel dapat dibuka kembali.

2. Gunakan Open and Repair

Open and Repair

Jika file Excel Anda masih tidak bisa dibuka, cobalah gunakan opsi “Open and Repair”. Pada Microsoft Excel, Anda dapat menggunakan fitur ini untuk memperbaiki file Excel yang rusak atau terkorup. Fitur “Open and Repair” dapat ditemukan di menu “File”, di bawah bagian “Open”. Setelah Anda membuka file Excel yang rusak, pilih “Open and Repair” dari menu drop-down. Kemudian, Excel akan mencoba memperbaiki file yang rusak dan membuka file tersebut.

3. Buat Salinan Baru dari File Excel

Copy Excel File

Jika kedua opsi sebelumnya tidak berhasil untuk memperbaiki file Excel yang rusak, coba buat salinan baru dari file Excel tersebut. Untuk melakukannya, buka file Excel yang rusak dan buat salinan baru dari file tersebut dengan nama yang berbeda. Kemudian, coba buka salinan baru tersebut. File Excel yang baru mungkin tidak rusak atau terkorup, dan bisa dibuka dan diedit seperti biasa.

4. Cek Kembali Sumber File Excel

Excel Source File

Jika masalah file Excel masih berlanjut, periksa kembali apakah sumber file tersebut ada di lokasi yang benar. Coba cari file Excel yang ingin Anda buka dan periksa apakah file tersebut masih ada di lokasi yang sama dengan saat Anda terakhir membuka file tersebut. Jika file tersebut berada di drive eksternal, pastikan drive eksternal tersebut terhubung dan terbaca dengan benar oleh komputer Anda. Jika tidak, sambungkan kembali drive eksternal tersebut dan coba buka file Excel tersebut kembali.

5. Buka File Excel dengan Mode Aman

Excel Safe Mode

Jika semua metode sebelumnya tidak berhasil, coba buka file Excel dengan mode aman. Metode ini akan mengaktifkan Microsoft Excel dengan pengaturan defaultnya, yang membantu memperbaiki masalah Excel yang rusak atau terkorup. Untuk membuka Excel dengan mode aman, tekan dan tahan tombol CTRL dan secara bersamaan klik pada ikon Excel. Excel akan terbuka dalam mode aman, dan Anda dapat mencoba membuka file Excel yang rusak atau terkorup kembali.

FAQ

1. Apa yang terjadi jika file Excel saya terkorup?

Jika file Excel Anda terkorup, maka Anda tidak bisa membuka file tersebut atau membaca data yang ada di dalamnya. Masalah ini dapat terjadi pada file Excel karena beberapa faktor, seperti kesalahan perangkat lunak, kesalahan sistem, dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Cara Membuat Faktur Penjualan Macro Excel

2. Apa yang harus saya lakukan jika file Excel saya hilang?

Jika file Excel Anda hilang, maka Anda harus mencoba mencarinya dengan menggunakan fitur pencarian di komputer Anda. Mungkin file Excel Anda terhapus secara tidak sengaja atau telah dipindahkan ke folder yang berbeda. Jika tidak berhasil, coba gunakan software recovery data yang ada di internet atau hubungi ahli IT untuk membantu Anda menemukan file Excel Anda yang hilang.

Video Tutorial