CARA MENGAMBIL KARAKTER DI EXCEL

Microsoft Excel adalah program spreadsheet yang sangat terkenal dan digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia. Salah satu fitur hebat dari Excel adalah kemampuannya untuk melakukan perhitungan matematika dan manipulasi data yang sangat berguna bagi para pengguna. Di sisi lain, hal ini dapat menjadi menantang bagi mereka yang baru memulai atau pemula dalam menggunakan Excel.

Dalam postingan ini, kami akan membahas tentang bagaimana cara mengambil sebagian angka atau karakter di Excel dan cara menghilangkan sebagian karakter menggunakan rumus Excel.

Cara Mengambil Sebagian Angka Di Excel

Dalam banyak kasus, datang ke sebuah dokumen Excel yang telah dikirim kepada Anda dan Anda diminta untuk mengekstrak seberapa banyak angka tertentu dari data tersebut. Pada umumnya, dapat dikatakan bahwa ini mungkin menjadi tugas yang agak menantang untuk pengetahuan Excel Anda.

Tetapi jangan khawatir, karena Excel menawarkan sejumlah metode untuk mengekstrak angka tertentu dari data. Dalam tutorial ini, kami akan melihat beberapa cara untuk menyelesaikan tugas ini. Agar lebih mudah diikuti, mari kita asumsikan bahwa data yang akan diekstraksi adalah 10 digit nomor telepon yang dimulai dengan kode negara ’62’.

Baca Juga :  cara membuat koreksi pasang surut dengan menggunakan microsoft excel Cara membuat pilihan di excel dengan mudah

Cara Pertama: Fungsi LEFT

Fungsi LEFT digunakan untuk mengekstrak sejumlah karakter dari sisi kiri sebuah string. Dalam contoh ini, kita dapat menggunakan fungsi LEFT untuk mengekstrak dua digit kode negara (yaitu ’62’) dari nomor telepon.

  1. Pilih sel yang mengandung data nomor telepon.
  2. Ketik formula “=LEFT(A2, 2)” pada sel di sebelah kanannya.
  3. Terapkan rumus pada sel terpilih di seluruh kolom atau baris yang mengandung nomor telepon.

CARA MENGAMBIL KARAKTER DI EXCEL

Di atas adalah contoh bagaimana fungsi LEFT dapat digunakan untuk mengekstrak kode negara ’62’ dari nomor telepon. Hasilnya dapat dilihat pada kolom di sebelah kanan.

Cara Kedua: Fungsi MID

Fungsi MID digunakan untuk mengekstrak sejumlah karakter dari string, dimulai dari posisi tertentu. Kita dapat menggunakan fungsi MID untuk mengekstrak sejumlah karakter dari nomor telepon, dimulai dari posisi ketiga.

  1. Pilih sel yang mengandung data nomor telepon.
  2. Ketik formula “=MID(A2, 3, 8)” pada sel di sebelah kanannya.
  3. Terapkan rumus pada sel terpilih di seluruh kolom atau baris yang mengandung nomor telepon.

fungsi mid

Di atas adalah contoh bagaimana fungsi MID dapat digunakan untuk mengekstrak 8 digit nomor telepon, dimulai dari posisi ketiga. Hasilnya dapat dilihat pada kolom di sebelah kanan.

Cara Ketiga: Fungsi RIGHT

Fungsi RIGHT digunakan untuk mengekstrak sejumlah karakter dari sisi kanan sebuah string. Dalam contoh ini, kita dapat menggunakan fungsi RIGHT untuk mengekstrak 8 digit nomor telepon, dimulai dari sisi kanan kode negara.

  1. Pilih sel yang mengandung data nomor telepon.
  2. Ketik formula “=RIGHT(A2, 8)” pada sel di sebelah kanannya.
  3. Terapkan rumus pada sel terpilih di seluruh kolom atau baris yang mengandung nomor telepon.

fungsi right

Di atas adalah contoh bagaimana fungsi RIGHT dapat digunakan untuk mengekstrak 8 digit nomor telepon, dimulai dari sisi kanan kode negara. Hasilnya dapat dilihat pada kolom di sebelah kanan.

Baca Juga :  CARA MEMBUAT DATABASE DENGAN MICROSOFT EXCEL

Cara Menghilangkan Sebagian Karakter Di Excel

Selain dapat mengekstrak angka atau karakter tertentu dari data, Excel juga dapat menghilangkan sebagian karakter dari data. Dalam tutorial ini, kami akan menggunakan contoh hasil pencarian di google dengan kata kunci ‘cara menghilangkan karakter tertentu dalam excel’.

Cara Pertama: Fungsi SUBSTITUTE

Fungsi SUBSTITUTE digunakan untuk mengganti semua kemunculan teks tertentu dalam sebuah string dengan teks lain. Misalkan kita ingin menghilangkan semua tanda baca dari teks tertentu, kita dapat mengganti setiap tanda baca dengan teks kosong menggunakan fungsi SUBSTITUTE.

  1. Pilih sel yang mengandung teks yang akan dihilangkan sebagian karakternya.
  2. Ketik formula “=SUBSTITUTE(A2,”.”,””)” pada sel di sebelah kanannya.
  3. Terapkan rumus pada sel terpilih di seluruh kolom atau baris yang mengandung teks yang akan dihilangkan sebagian karakternya.

fungsi substitute

Di atas adalah contoh bagaimana fungsi SUBSTITUTE dapat digunakan untuk menghilangkan semua tanda baca dari teks tertentu. Hasilnya dapat dilihat pada kolom di sebelah kanan.

Cara Kedua: Fungsi LEFT dan RIGHT

Kita dapat menggunakan kombinasi fungsi LEFT dan RIGHT untuk menghilangkan sebagian karakter dari teks tertentu. Misalkan kita ingin menghilangkan dua karakter pertama dan terakhir dari teks tertentu, kita dapat menggunakan kombinasi fungsi LEFT dan RIGHT untuk menghasilkan teks tanpa dua karakter pertama dan terakhir.

  1. Pilih sel yang mengandung teks yang akan dihilangkan sebagian karakternya.
  2. Ketik formula “=LEFT(A2, LEN(A2)-2) & RIGHT(A2, LEN(A2)-4)” pada sel di sebelah kanannya.
  3. Terapkan rumus pada sel terpilih di seluruh kolom atau baris yang mengandung teks yang akan dihilangkan sebagian karakternya.

left right

Di atas adalah contoh bagaimana fungsi LEFT dan RIGHT dapat digunakan untuk menghilangkan dua karakter pertama dan terakhir dari teks tertentu. Hasilnya dapat dilihat pada kolom di sebelah kanan.

Baca Juga :  Cara Membuat Garis Di Dalam Kolom Dalam Excel

FAQ

Pertanyaan 1: Apakah Excel selalu memiliki fungsi untuk mengekstrak atau menghilangkan karakter tertentu dalam data?

Jawaban: Ya. Excel memiliki banyak fungsi bawaan yang berguna untuk mengekstrak atau menghilangkan karakter tertentu dalam data.

Pertanyaan 2: Apakah ada cara alternatif selain menggunakan rumus untuk melakukan pengekstrakan atau penghapusan karakter di Excel?

Jawaban: Ya. Selain menggunakan rumus, Excel juga memiliki fitur filter dan pengurutan atau sorting yang dapat digunakan untuk mengekstrak atau menghapus karakter tertentu dalam data.

Video Tutorial: Cara Mengambil Sebagian Karakter pada Microsoft Excel dengan Rumus