Cara Mengambil Data Text Pada Cell Di Excel

Cara Ambil Data Berdasarkan Nilai Atau Record Yang Sama Di Excel

Gambar 1: Cara Ambil Data Berdasarkan Nilai Atau Record Yang Sama Di Excel

Cara Mengambil Data Text Pada Cell Di Excel

Excel adalah aplikasi perkantoran yang sangat populer digunakan oleh perusahaan, organisasi, maupun individu untuk mengolah data dan membuat laporan. Salah satu fitur Excel yang sering digunakan adalah cara mengambil data berdasarkan nilai atau record yang sama.

Misalnya, kita memiliki data customer dan ingin mencari hanya data customer yang memiliki nilai tertentu, misalnya nilai belanja di atas 1 juta rupiah. Dalam situasi seperti ini, fitur mengambil data berdasarkan nilai atau record yang sama di Excel sangat berguna.

Gambar 2: Cara Ambil Data Berdasarkan Nilai Atau Record Yang Sama Di Excel

Cara Ambil Data Berdasarkan Nilai Atau Record Yang Sama Di Excel

Untuk mengambil data berdasarkan nilai atau record yang sama di Excel, berikut adalah langkah-langkah yang perlu diikuti:

  1. Pertama-tama, siapkan data yang akan diambil dengan kriteria tertentu. Contoh data bisa berupa data pembeli, data penjualan, atau data lainnya.
  2. Setelah itu, masukkan nilai yang ingin diambil ke dalam sebuah sel Excel yang kosong.
  3. Pada kolom sebelah, tambahkan rumus yang akan digunakan untuk mengambil data yang sesuai dengan kriteria. Misalnya, kita ingin mengambil data pembeli yang membeli produk dengan harga di atas 1 juta rupiah. Maka, rumus yang digunakan adalah “IF(Harga>1000000, Pembeli, “”)”. Dalam rumus ini, “Harga” adalah kolom yang berisi nilai harga dari produk, “1000000” adalah nilai standar yang digunakan untuk mengambil data, “Pembeli” adalah kolom yang berisi data nama pembeli, dan “” adalah tanda kosong yang digunakan untuk mengisi ruang kosong jika tidak ada data yang sesuai dengan kriteria.
  4. Setelah rumus ditambahkan, tekan tombol “Enter” untuk mulai mengambil data yang sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan.
  5. Periksa kembali data yang telah diambil untuk memastikan bahwa data yang diambil benar sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan sebelumnya.

Gambar 3: Rumus Excel Ambil Karakter – Paud Berkarya

Rumus Excel Ambil Karakter - Paud Berkarya

Selain mengambil data berdasarkan nilai atau record yang sama, Excel juga memiliki fitur untuk mengambil karakter tertentu dari sebuah teks. Misalnya, jika kita memiliki sebuah teks yang berisi alamat email, kita dapat menggunakan fitur ini untuk mengambil nama pengguna dari alamat email tersebut.

Gambar 4: Cara Sort Nama Dan Kad Pengenalan Dalam Excell : Pada cell tersebut

Cara Sort Nama Dan Kad Pengenalan Dalam Excell : Pada cell tersebut

Selain fitur mengambil data berdasarkan nilai atau record yang sama dan fitur mengambil karakter tertentu dari sebuah teks, Excel juga memiliki fitur untuk menyortir data berdasarkan kriteria tertentu. Fitur ini sangat berguna jika kita memiliki data yang sangat besar dan ingin mengurutkan data tersebut agar lebih mudah dibaca dan dianalisis.

FAQ

Pertanyaan 1: Bagaimana cara menggunakan fitur mengambil karakter tertentu dari sebuah teks dalam Excel?

Jawaban 1: Untuk menggunakan fitur mengambil karakter tertentu dari sebuah teks dalam Excel, berikut adalah langkah-langkah yang perlu diikuti:

  1. Pertama-tama, masukkan teks yang ingin diambil karakternya ke dalam sebuah sel Excel yang kosong.
  2. Setelah itu, tambahkan rumus yang akan digunakan untuk mengambil karakter tertentu dari teks. Misalnya, jika kita ingin mengambil karakter pertama dari teks yang telah dimasukkan, maka rumus yang digunakan adalah “LEFT(Text,1)”. Dalam rumus ini, “Text” adalah sel atau teks yang akan diambil karakternya dan “1” adalah jumlah karakter yang akan diambil.
  3. Setelah rumus ditambahkan, tekan tombol “Enter” untuk mulai mengambil karakter tertentu dari teks yang telah dimasukkan.
  4. Periksa kembali karakter yang telah diambil untuk memastikan bahwa karakter yang diambil benar sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan sebelumnya.
Baca Juga :  CARA AUTO FILL DATA RIBUAN DI EXCEL

Pertanyaan 2: Apa saja kriteria yang dapat digunakan untuk menyortir data dalam Excel?

Jawaban 2: Ada beberapa kriteria yang dapat digunakan untuk menyortir data dalam Excel, di antaranya:

  • Nama
  • Tanggal
  • Nilai
  • Urutan alfabet
  • Kadang pengenalan