Cara Mengambil Data Dari Sheet Berbeda Pada Excel

VLOOKUP Beda File, Cara Mengambil Data Dari Dua File Yang Berbeda Pada Microsoft Excel

Memahami VLOOKUP pada Excel

Dalam dunia kerja, sering kali kita diminta untuk melakukan pengolahan data pada Microsoft Excel. Saham, data karyawan, ataupun data penjualan dalam satu bulan seringkali memerlukan keahlian dalam mengolah data. Untuk mengolah data yang seringkali berjumlah besar maupun data yang berasal dari berbagai sumber, VLOOKUP dapat menjadi solusi.

VLOOKUP (Vertical Lookup) adalah fungsi dalam Excel yang digunakan untuk mencari dan menghasilkan nilai-nilai tertentu dari area datar atau tabel. Fungsi VLOOKUP biasanya digunakan untuk mencari data atau nilai kolom tertentu pada tabel yang lebih besar. Dalam Microsoft Excel, VLOOKUP bekerja dengan cara vertikal pada data yang terstruktur, dan berlaku untuk mencari data dalam tabel.

VLOOKUP sangat berguna ketika kamu memiliki dua atau lebih set data dalam buku kerja Excel yang ingin kamu hubungkan. VLOOKUP memungkinkan kamu untuk mencocokkan string atau angka tertentu di tabel pencarian yang kamu tetapkan dengan area data di buku kerja Excel kamu. Contohnya, kamu mungkin memiliki kumpulan data pelanggan dan faktur, dan ingin mencocokkan data yang sama di kedua tabel. VLOOKUP memungkinkan kamu untuk mengganti dengan cepat informasi di kedua tabel dengan informasi yang kamu butuhkan tanpa perlu mencari dan memasukan secara manual data yang berkaitan.

Baca Juga :  Cara Menghitung Anova Dengan Excel

Cara Menggunakan VLOOKUP

Berikut adalah cara penggunaan VLOOKUP dalam Microsoft Excel:

  1. Gunakan rumus “=VLOOKUP()”. Tuliskan rumus ini pada sel di mana kamu akan mulai menyimpan hasil pencarian.
  2. Tuliskan nama sel yang akan dijadikan acuan untuk pencarian.
  3. Tuliskan daerah sel di mana nilai yang ingin dicari berada.
  4. Tuliskan nomor kolom yang akan diambil nilainya.
  5. Tentukan apakah kamu ingin memilih data yang kurang tepat, persis, atau kurang dari yang dicari dengan memasukkan nilai false atau true pada parameter terakhir dari rumus VLOOKUP.
  6. Tekan “Enter”.

VLOOKUP Beda File

VLOOKUP dapat digunakan untuk mencocokkan dan mengakses data dari berbagai file Excel yang berbeda. Berikut adalah contoh penggunaan VLOOKUP pada dua file Excel yang berbeda.

Cara Memasukan Gambar Ke Dalam Sheet Yang Berbeda

Gambar pada Microsoft Excel dapat menambahkan nilai artistik dan keindahan pada buku kerja Excel kamu. Namun, seringkali gambar yang ingin ditambahkan terdapat pada sheet yang berbeda. Berikut adalah cara memasukan gambar ke dalam sheet yang berbeda dengan menggunakan Microsoft Excel.

  1. Pada sheet yang ingin dimasuki gambar, tuliskan formula =’[Nama File.xlsx]’!namasheet. Misalnya, sel ingin diberi gambar berada pada sheet “Tabel1” file “Laporan Bulanan.xlsx” dalam folder “Laporan” maka formula akan menjadi =’[Laporan Bulanan.xlsx]’!Tabel1.
  2. Setelah formula dimasukan, klik pada sel dan akses menu “Insert” pada toolbar Microsoft Excel. Klik gambar yang ingin dimasukan dan “insert”.
  3. Gambar berhasil dimasukkan pada sheet yang berbeda!

Cara Mengambil Data Dari Sheet Berbeda Pada Excel

Pada beberapa kasus, data yang ingin diperoleh terdapat pada sheet yang berbeda dengan sheet aktif. Oleh karena itu, diperlukan pengetahuan mengenai cara mengambil data dari sheet berbeda pada Excel. Berikut adalah contoh pengambilan data dari sheet berbeda pada Excel:

  1. Masukan formula “='[Nama File.xlsx] Nama Sheet’!Nama Sel” pada cell dimana kamu ingin menampilkan data. Misalnya, kamu ingin menampilkan data pada file “DataLaporan.xlsx” pada sheet “DataSummary” dari sel A1 hingga D10, maka formula yang harus dimasukan adalah: “='[DataLaporan.xlsx]DataSummary’!A1:D10”.
  2. Setelah kamu memasukkan formula, tekan tombol enter dan data yang dimaksud akan dimunculkan pada sheet yang kamu sedang aktif saat ini.
Baca Juga :  Cara Membuat Grafik Histogram Dan Poligon Di Excel Macbook

FAQ

1. Bagaimana cara menggunakan VLOOKUP pada Excel?

Cara menggunakan VLOOKUP pada Excel adalah dengan menulis rumus “=VLOOKUP()” pada sel yang diinginkan. Selanjutnya, masukan parameter untuk memilih kolom dan daerah sel yang ingin dicari. Terakhir, tekan tombol “Enter”.

2. Bagaimana cara memasukkan gambar ke dalam sheet yang berbeda pada Microsoft Excel?

Cara memasukkan gambar ke dalam sheet yang berbeda pada Microsoft Excel adalah dengan menulis formula “=’[Nama File.xlsx]’!namasheet” pada cell dimana kamu ingin memasukkan gambar tersebut. Selanjutnya, akses “Insert” pada toolbar Microsoft Excel dan pilih gambar yang ingin dimasukkan. Terakhir, klik “Insert”.

Video Tutorial

Dalam video tutorial dibawah ini, kamu dapat melihat cara penggunaan VLOOKUP dan tips untuk memasukan gambar pada Excel.