CARA MENGAMBIL DATA DARI FILE LAIN DI EXCEL

Excel merupakan salah satu program penting yang digunakan sehari-hari oleh banyak orang, terutama di lingkungan kantor. Dalam penggunaannya, sering kali kita dihadapkan pada situasi di mana kita perlu mengambil data dari sheet atau file lain untuk keperluan tertentu. Bagi yang sudah menguasai program Excel, tentunya sudah tidak asing lagi dengan cara mengambil data dari sheet atau file lainnya. Namun, bagi yang masih awam, hal ini bisa menjadi hal yang membingungkan. Berikut adalah cara-cara untuk mengambil data dari sheet atau file lain di Excel.

Cara Mengambil Data Dari Sheet Lain di Excel

CARA MENGAMBIL DATA DARI FILE LAIN DI EXCEL

Cara pertama untuk mengambil data dari sheet lain di Excel adalah dengan menggunakan rumus VLOOKUP. Rumus VLOOKUP sangat berguna untuk mengambil data dari tabel atau range tertentu berdasarkan nilai tertentu. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pilih sel dimana data akan diambil.
  2. Ketikkan rumus VLOOKUP di dalam sel yang dipilih.
  3. Isikan nilai yang akan dicari sebagai parameter pertama.
  4. Tentukan range data yang akan diambil sebagai parameter kedua.
  5. Tentukan nomor kolom data yang akan diambil sebagai parameter ketiga.
  6. Tambahkan parameter keempat apabila menggunakan kriteria pencarian.
  7. Tekan enter untuk menampilkan hasilnya.

Cara kedua untuk mengambil data dari sheet lain adalah dengan menggunakan fungsi INDIRECT. Fungsi INDIRECT berguna untuk menggabungkan teks dalam suatu sel dengan teks lainnya untuk menghasilkan suatu rujukan sel. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pilih sel dimana data akan diambil.
  2. Ketikkan fungsi INDIRECT di dalam sel yang dipilih.
  3. Isikan teks yang mengandung nama sheet dan rujukan sel yang akan diambil sebagai parameter.
  4. Tekan enter untuk menampilkan hasilnya.
Baca Juga :  CARA MEMBUAT DAFTAR HADIR DI MICROSOFT EXCEL

Rumus Macro Mengambil Data Dari File Lain

Rumus Macro Mengambil Data Dari File Lain

Selain menggunakan rumus VLOOKUP dan fungsi INDIRECT, kita juga dapat menggunakan macro untuk mengambil data dari file lain di Excel. Macro adalah skrip atau program yang dibuat dengan bahasa VBA (Visual Basic for Applications) dan digunakan untuk otomatisasi tugas-tugas dalam Excel. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka file Excel yang akan dijadikan sumber data.
  2. Buka file Excel yang akan menampilkan data.
  3. Klik Developer tab dan pilih Visual Basic.
  4. Pilih Insert dan pilih Module.
  5. Ketikkan kode macro untuk mengambil data.
  6. Tekan F5 untuk menjalankan macro.

Rumus Excel Vlookup Mengambil Data Dari File Lain

Rumus Excel Vlookup Mengambil Data Dari File Lain

Rumus VLOOKUP juga dapat digunakan untuk mengambil data dari file lain di Excel. Namun, dalam hal ini, kita perlu menambahkan dua parameter tambahan sebagai argumen kedua dan ketiga dalam rumus VLOOKUP. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka file Excel yang akan menampilkan data.
  2. Tulis rumus VLOOKUP di dalam sel yang akan menampilkan data.
  3. Isikan teks string yang mengandung nama file dan sheet yang akan diambil data sebagai argumen kedua dalam rumus VLOOKUP.
  4. Isikan nilai yang akan dicari sebagai argumen ketiga dalam rumus VLOOKUP.
  5. Tentukan range data yang akan diambil sebagai argumen keempat dalam rumus VLOOKUP.
  6. Tentukan nomor kolom data yang akan diambil sebagai argumen kelima dalam rumus VLOOKUP.
  7. Tambahkan parameter keenam apabila menggunakan kriteria pencarian.
  8. Tekan enter untuk menampilkan hasilnya.

Cara Mengambil Data Excel Dari File Lain Dengan Macro

Cara Mengambil Data Excel Dari File Lain Dengan Macro

Cara lain untuk mengambil data dari file lain di Excel adalah dengan menggunakan macro. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka file Excel yang akan dijadikan sumber data.
  2. Buka file Excel yang akan menampilkan data.
  3. Gunakan Record Macro untuk merekam tindakan yang akan dilakukan.
  4. Pilih Copy dari menu Home dan pilih data yang akan diambil.
  5. Tutup file Excel yang akan dijadikan sumber data.
  6. Pilih Paste dari menu Home di file Excel yang akan menampilkan data.
  7. Stop Macro Recorder.
  8. Jalankan macro yang telah direkam.
Baca Juga :  CARA MEMBUAT INSERT COMMENT DI EXCEL

FAQ

1. Apa itu Excel?

Excel adalah program spreadsheet yang dikembangkan oleh Microsoft. Program ini digunakan untuk mengorganisir, mengelola, dan menghitung data numerik dalam bentuk tabel atau grafik.

2. Bagaimana cara mengambil data dari sheet atau file lain di Excel?

Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengambil data dari sheet atau file lain di Excel, di antaranya adalah dengan menggunakan rumus VLOOKUP, fungsi INDIRECT, macro, dan rumus VLOOKUP dengan tambahan argumen.

Video Mengenai Cara Mengambil Data Dari Sheet Lain di Excel