Cara Mengambil Angka Tertentu Di Dalam Data Excel

Di era digital seperti sekarang, Microsoft Excel sudah menjadi software yang tak pernah luput dari penggunaan. Hampir semua orang pasti pernah menggunakan software ini, mulai dari mahasiswa hingga pekerja kantoran. Menggunakan software Excel memang sangat membantu dalam mengolah data, entah itu data finansial, data statistik, bahkan data sederhana seperti rencana keuangan rumah tangga sekalipun.

Cara Menggunakan Excel untuk Pemula

Jika Anda masih baru mengenal Excel, jangan khawatir karena penggunaannya cukup mudah dipahami. Berikut ini adalah langkah-langkah cara menggunakan Excel untuk pemula:

1. Membuka Microsoft Excel

Langkah pertama dalam menggunakan Excel adalah membuka software tersebut. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu klik dua kali pada ikon Excel di desktop komputer atau laptop Anda. Jika Anda menggunakan Windows 10, Anda juga bisa membuka Excel melalui menu Start.

2. Membuat Spreadsheet Baru

Setelah membuka Excel, secara otomatis Anda akan dibawa ke halaman utama Excel. Untuk membuat spreadsheet baru, pilihlah menu File > New workbook. Di sini Anda akan melihat grid kosong yang terdiri dari kolom dan baris.

3. Memasukkan Data

Setelah membuat spreadsheet baru, selanjutnya Anda bisa mulai memasukkan data ke dalamnya. Anda bisa memasukkan data dengan mengetik langsung ke dalam grid atau dengan cara menyalin data dari dokumen lain lalu menempelkannya di dalam grid. Jangan lupa untuk memberi nama pada setiap kolom atau baris yang dibuat.

4. Menambahkan Fungsi

Excel tidak hanya berguna untuk menyimpan data, tetapi juga bisa digunakan untuk menghitung data. Anda bisa menambahkan fungsi matematika, statistik, tanggal, dan waktu pada sel-sel di spreadsheet. Untuk menambahkan fungsi, tentukan sel mana yang ingin dihitung, ketik tanda sama dengan (=) pada sel tersebut, lalu ketik fungsi dan nilai yang ingin dihitung.

5. Mengatur Format Data

Setelah memasukkan data dan menambahkan fungsi di dalam spreadsheet, tentunya Anda juga ingin mengatur format data agar lebih mudah dibaca dan dipahami. Anda bisa mengatur format data dengan cara memilih sel yang ingin diatur, lalu pilih menu Home > Formats. Di sana, Anda bisa memilih format yang diinginkan, misalnya format angka, format tanggal, format mata uang, dan lain-lain.

6. Menyimpan Spreadsheet

Jangan lupa untuk selalu menyimpan spreadsheet setelah selesai digunakan. Anda bisa menyimpan spreadsheet dengan cara memilih menu File > Save atau File > Save as. Di sana, Anda bisa menentukan lokasi dan nama file yang ingin disimpan. Selain itu, Anda juga bisa menyimpan spreadsheet dalam format yang berbeda, seperti file PDF, file CSV, atau file TXT.

Cara Ambil Data Berdasarkan Nilai atau Record yang Sama di Excel

1. Memfilter Data Berdasarkan Nilai yang Sama

Saat mengolah data di Excel, mungkin kita ingin mencari data yang memiliki nilai yang sama. Untuk melakukan hal ini, kita bisa menggunakan fitur filter di Excel. Berikut ini adalah langkah-langkah cara menggunakan fitur filter di Excel:

  • Pilih seluruh data yang ingin difilter
  • Pilih menu Data > Filter
  • Akan muncul tanda panah kecil di sebelah kanan setiap kolom data. Klik tanda panah pada kolom yang ingin difilter
  • Pilih nilai yang ingin difilter. Jika ingin memilih lebih dari satu nilai, gunakan kotak centang Multiple Items

Dengan melakukan filter pada data, kita bisa dengan mudah menemukan data yang memiliki nilai yang sama. Selain itu, kita juga bisa melakukan operasi matematika pada data yang telah difilter.

2. Memfilter Data Berdasarkan Record yang Sama

Selain memfilter data berdasarkan nilai yang sama, kita juga bisa memfilter data berdasarkan record yang sama. Record adalah baris data pada spreadsheet yang berkaitan dengan satu objek atau satu kejadian. Jika kita ingin mencari data yang memiliki record yang sama, kita bisa menggunakan fitur filter di Excel. Berikut ini adalah langkah-langkah cara menggunakan fitur filter di Excel:

  • Pilih seluruh data yang ingin difilter
  • Pilih menu Data > Filter
  • Akan muncul tanda panah kecil di sebelah kanan setiap kolom data. Klik tanda panah pada kolom yang ingin difilter
  • Pilih Record yang ingin difilter
Baca Juga :  Cara Membuat Cursor Berwarna Di Excel

Dengan melakukan filter pada data berdasarkan record yang sama, kita bisa dengan mudah menemukan data yang berkaitan dengan satu objek atau satu kejadian. Selain itu, kita juga bisa melakukan operasi matematika pada data yang telah difilter.

Cara Ambil Angka Tengah di Excel

Seringkali kita memerlukan angka tengah di dalam rangkaian data pada Excel. Hal ini bisa dilakukan dengan mudah menggunakan fungsi MEDIAN. Berikut ini adalah langkah-langkah cara mengambil angka tengah di Excel:

  • Pada sel yang kosong, ketikkan formula =MEDIAN(nomor sel-nomor sel)
  • Jangan lupa untuk menambahkan nomor sel yang mengandung data, misalnya =MEDIAN(A1:C1).
  • Tekan Enter pada keyboard untuk menampilkan angka tengah di dalam sel yang dipilih.

Dengan menggunakan fungsi MEDIAN, kita bisa dengan mudah menemukan angka tengah di dalam rangkaian data pada Excel.

Cara Menarik Angka di Excel

Terkadang kita ingin menarik angka tertentu dari rangkaian data pada Excel. Hal ini bisa dilakukan dengan mudah menggunakan fungsi VLOOKUP. Berikut ini adalah langkah-langkah cara menarik angka di Excel:

  • Pilih sel pada kolom yang ingin kita tarik datanya.
  • Pilih menu Formulas > Lookup & Reference > VLOOKUP.
  • Isikan parameter yang dibutuhkan pada VLOOKUP, seperti lookup value, table array, column index number, dan range lookup.
  • Tekan Enter pada keyboard untuk menampilkan nilai yang ingin ditampilkan.

Dengan menggunakan fungsi VLOOKUP, kita bisa dengan mudah menarik angka tertentu dari rangkaian data pada Excel.

FAQ

1. Apakah ada cara yang lebih mudah dalam menghasilkan angka tengah di dalam rangkaian data pada Excel?

Jika kita tidak ingin menggunakan fungsi MEDIAN, kita juga bisa menggunakan fungsi AVERAGE dan MODE untuk menghasilkan angka tengah di dalam rangkaian data pada Excel. Fungsi AVERAGE akan menghitung rata-rata nilai pada rangkaian data, sementara fungsi MODE akan mencari nilai yang paling sering muncul pada rangkaian data.

2. Bagaimana cara menghapus baris atau kolom yang tidak digunakan pada Excel?

Untuk menghapus baris atau kolom yang tidak digunakan pada Excel, Anda bisa memilih baris atau kolom tersebut, kemudian klik kanan pada mouse dan pilih Delete. Selain itu, Anda juga bisa memilih menu Home > Cells > Delete > Delete Sheet Rows atau Delete Sheet Columns untuk menghapus baris atau kolom.

Video Tutorial Excel

Selain membaca artikel ini, Anda juga bisa belajar Excel melalui video tutorial di Youtube. Berikut ini adalah video tutorial Excel untuk pemula:

Dengan menguasai penggunaan Excel, Anda akan lebih mudah dalam mengolah data dan menghitung angka. Selamat mencoba!