Cara Mengaktifkan Sot Data Data Di Excel

Salah satu penggunaan Excel yang paling umum adalah untuk mengatur dan menganalisis data. Namun, data yang tidak teratur bisa sangat merepotkan, terutama jika datanya besar dan kompleks. Oleh karena itu, mengurutkan data di Excel dapat menjadi pekerjaan yang sangat berarti. Dalam tutorial ini, kami akan memberikan petunjuk tentang cara mengurutkan data di Excel dengan mudah dan cepat. Selain itu, kami juga akan memberi tahu cara mengaktifkan Data Analysis di Excel dan Dark Mode WhatsApp.

Cara Mengurutkan Data di Excel

Tutorial Excel - Cara Mengurutkan Data

Pertama, mari kita coba mengurutkan data berdasarkan kolom tertentu. Misalnya, kita memiliki tabel data di Excel seperti gambar di atas, dengan judul kolom A, B, C, dan D. Untuk mengurutkan data berdasarkan kolom tertentu, ikuti petunjuk di bawah ini.

  1. Pilih sel atau seluruh kolom yang ingin diurutkan.
  2. Klik tab Data di navigasi atas, kemudian klik panah di depan tombol Urutkan dan Filter.
  3. Cara Mengurutkan Data di Excel

  4. Pilih Urutkan A ke Z atau Z ke A, atau Urutkan Terkecil ke Terbesar atau Urutkan Terbesar ke Terkecil. Anda juga dapat mengurutkan berdasarkan warna, font atau ikon. Namun, dalam tutorial ini, kami hanya akan mengurutkan berdasarkan alphabet dari A ke Z.
  5. Kemudian, Excel secara otomatis akan mengurutkan data berdasarkan kolom yang dipilih.

Butuh mengurutkan data berdasarkan beberapa kolom sekaligus? Tidak masalah. Excel dapat melakukan pengurutan multi-kolom untuk Anda. Untuk melakukan pengurutan multi-kolom, ikuti petunjuk di bawah ini:

  1. Pilih sel atau seluruh kolom yang ingin diurutkan secara berurutan.
  2. Klik tab Data di navigasi atas, kemudian klik panah di depan tombol Urutkan dan Filter.
  3. Cara Mengurutkan Data di Excel Secara Otomatis

  4. Pilih kolom pertama (kolom A), kemudian pilih urutan pengurutan, entah A ke Z atau Z ke A.
  5. Pilih kolom kedua (kolom B), kemudian pilih urutan pengurutan, entah A ke Z atau Z ke A.
  6. Klik OK untuk mengurutkan data berdasarkan kolom A dan kemudian kolom B.
  7. Data akan disusun secara otomatis berdasarkan kolom A dan kemudian kolom B.
Baca Juga :  Membuat Drop Down List Di Excel

Di samping itu, Anda dapat melakukan pengurutan data dalam tabel berdasarkan nilai tertentu, yang dapat secara otomatis mengurutkan data saat mereka ditambahkan atau diubah. Cara melakukannya adalah dengan:

  1. Membuat tabel terlebih dahulu di Excel.
  2. Pilih sel atau seluruh kolom dan klik tombol Tabel di tab Insert.
  3. Membuat Tabel di Excel

  4. Centang opsi My table has headers jika tabel kami memiliki header.
  5. Jika diperlukan, atur gaya dan format tabel. Kemudian klik OK.
  6. Masukkan data ke dalam tabel yang telah Anda buat.
  7. Pilih sel atau seluruh kolom yang ingin diurutkan.
  8. Klik panah di depan kolom yang ingin diurutkan, lalu pilih Urutkan A ke Z atau Z ke A, atau Urutkan Terkecil ke Terbesar atau Urutkan Terbesar ke Terkecil.

Ketika data ditambahkan atau diubah di dalam tabel ini, Excel secara otomatis akan mengurutkan data berdasarkan kolom yang di urutkan awalnya. Dengan begitu, setiap kali ada perubahan di dalam tabel, data akan dengan otomatis sesuai dengan format yang diinginkan.

Cara Mengaktifkan Data Analysis Di Excel 2013

Cara Mengaktifkan Data Analysis di Excel 2013

Data Analysis Toolpak, juga disebut sebagai Add-In, adalah alat yang sangat berguna yang digunakan di Excel untuk analisis data. Namun, terkadang, secara default Excel tidak mengaktifkan Data Analysis Toolpak secara default. Jika demikian, ikuti langkah-langkah berikut untuk mengaktifkan Data Analysis:

  1. Buka aplikasi Excel dan klik File.
  2. Pilih Opsi, kemudian klik menu Add-Ins.
  3. Pada bagian Kelola, pastikan Excel Add-Ins dipilih di bagian kelola.
  4. Klik Gea Go.
  5. Aktifkan Data Analysis Toolpak di Excel

  6. Pilih Data Analysis Toolpak dan klik OK.
  7. Setelah Anda mengaktifkannya, Anda dapat menggunakannya dengan cara klik Data Analysis di grup Analisis data yang terdapat di tab Data.

Setelah Anda mengaktifkan Data Analysis Toolpak, Anda dapat menggunakannya dengan berbagai cara untuk melakukan analisis data, seperti melakukan regresi linear, anova, uji hipotesis, dan banyak lagi. Sebenarnya ada banyak fitur yang memudahkan dalam data analisis dalam Excel. Selain itu, Anda juga dapat menemukan berbagai tutorial tata bahasa dalam data analisis online yang dapat membantu Anda memulai.

Baca Juga :  CARA MENGEMBALIKAN FILE EXCEL 2019

FAQ

Apa manfaat dari mengurutkan data di Excel?

Mengurutkan data dapat membantu Anda untuk dengan mudah mencari data pada lembar kerja dan membaca data secara visual.

Apakah Ada Tutorial Excel yang Disajikan dalam Format Video?

Tentu saja! Kami menemukan video YouTube yang sangat bagus dan informatif tentang cara mengurutkan data di Excel. Silakan tonton video di bawah ini.