Cara Mengacak Data Lewat Excel

Cara Mengacak Data, Nama, dan Urutan Angka di Excel

Jika Anda bekerja dengan data dalam format Excel, maka Anda tahu betapa pentingnya mengacak data, nama, atau urutan angka. Dalam posting ini, kami akan membahas berbagai cara mengacak data, nama, dan urutan angka di Excel yang Anda dapat gunakan untuk melakukan tugas Anda.

Cara Mengacak Data di Excel

Ada beberapa cara untuk mengacak data di Excel. Kami akan membahas dua cara yang paling umum: menggunakan rumus acak dan filter acak.

Menggunakan Rumus Acak

Cara pertama adalah menggunakan rumus acak Excel. Rumus RAND () digunakan untuk menghasilkan nomor acak di Excel. Cara kerja rumus ini adalah dengan menghasilkan nomor acak dan kemudian menempatkannya dalam sel tertentu. Anda dapat menggunakan fungsi RAND () dalam kolom terpisah atau di dalam rumus yang lebih besar.

Berikut adalah cara menggunakan rumus acak:

  1. Anda harus memulai dengan membuat kolom angka acak. Kolom ini akan digunakan untuk menghasilkan nomor acak yang akan diterapkan pada data Anda. Untuk membuat kolom ini, klik pada kolom terpisah dan ketik “RAND ()” pada sel teratas. Tekan enter dan Excel akan memasukkan nomor acak pada sel tersebut. Salin rumus ke sel selanjutnya dalam kolom dengan mengklik pada sel teratas dan menekan Ctrl + D pada keyboard Anda.
  2. Setelah Anda memiliki kolom angka acak, selanjutnya adalah mengurutkan data dengan nomor acak yang baru saja Anda buat. Untuk melakukan ini, pergi ke tab Data dan klik Urutkan dan Filter, lalu pilih Sisipkan Urutan untuk mengurutkan data. Pilih kolom data yang ingin Anda urutkan dengan nomor acak sebagai kolom kunci urutan.

Dalam contoh ini, kami akan menggunakan data di bawah ini:

Cara Mengacak Data Lewat Excel

Untuk mengacak data, ikuti langkah-langkah yang telah kami sebutkan di atas. Setelah Anda menghasilkan nomor acak, Anda dapat mengurutkan data menggunakan nomor acak tersebut. Anda akan mendapatkan hasil seperti ini:

Hasil pengurutan data

Sekarang data Anda telah sukses diacak. Anda dapat menggunakan langkah-langkah yang sama dengan data yang lebih besar atau lebih kecil.

Baca Juga :  Cara Membuat Grafik Excel Menentukan

Filter Acak

Cara kedua untuk mengacak data di Excel adalah menggunakan filter acak. Ini adalah cara yang lebih cepat dalam mengacak data. Anda dapat menggunakan filter acak untuk mengacak semua data dalam satu kolom atau semua kolom dalam tabel Excel. Berikut ini adalah cara menggunakan filter acak:

  1. Buka data yang ingin Anda acak. Untuk membuat filter acak, Anda harus mengaktifkan filter data dengan cara klik kanan pada tajuk tabel and memilih: Filter dari menu pilihan.
  2. Ketik RAND () pada sel pertama di kolom kosong yang ingin Anda gunakan sebagai kolom acak. Tekan Enter pada keyboard Anda dan Excel akan memasukkan nomor acak ke dalam sel itu.
  3. Salin rumus RAND () ke sel di bawahnya untuk melengkapi kolom acak.
  4. Ketika telah menjalankan formula pada kolom acak, buka filter acak. Anda dapat menekan Ctrl + Shift + L pada keyboard Anda atau memilih menu filter dari menu pilihan di tajuk tabel Anda.
  5. Ketika filter telah dibuka, pilih kolom acak yang baru saja Anda buat. Ini akan memperlihatkan menu filter dan pilihan yang tersedia. Pilih salah satu pilihan acak untuk mengacak data. Ada dua pilihan acak, yaitu acak baris dan acak kolom.
  6. Setelah memilih pilihan acak, Excel akan secara otomatis mengacak data di kolom yang dipilih. Anda dapat mengulang langkah 5 dan 6 untuk setiap kolom dalam tabel yang ingin Anda acak.

Setelah Anda mengikuti langkah-langkah ini, data Anda telah berhasil diacak dan Anda siap untuk digunakan dalam analisis data atau tugas Excel lainnya.

Cara Mengacak Nama di Excel

Jika Anda memiliki daftar orang atau benda dalam Excel, Anda mungkin perlu mengacak nama agar mereka lebih sulit ditebak. Ada beberapa cara untuk mengacak nama di Excel. Berikut adalah cara-cara tersebut:

Menggunakan Formulasi Spesial

Ada sebuah formula yang cukup bagus untuk mengacak nama orang atau hal yang Anda ingin acak. Formula tersebut adalah:

“`
=INDEX(Nama, RANDBETWEEN(1,JUMLAH(Nama)),1)
“`

Silakan ganti Nama dengan nama range data yang ingin Anda acak. Jadi, rumus lengkap yang Anda inginkan mungkin terlihat seperti ini:

“`
=INDEX(A2:A13, RANDBETWEEN(1,JUMLAH(A2:A13)),1)
“`

Catatan: Pastikan untuk selalu mengganti penunjuk data dengan jarak data yang tepat. Dalam contoh ini, data dipilih dari sel A2 ke A13. Jumlah data dalam jangkauan adalah 12.

Baca Juga :  CARA SETTING PAGE BREAK EXCEL

Setelah Anda menjalankan rumus tersebut, Anda dapat mengklik dan menyeleksi sel dan menyeret ke bawah untuk menyalin rumus ke sel lain pada kolom yang sama:

Menggunakan Formulasi Spesial

Catatan: Rumus ini berfungsi dengan menghitung jumlah total baris dalam rentang data dan kemudian membuat nomor acak. Nomor acak kemudian digunakan untuk memilih satu nama secara acak.

Menggunakan Add-In Random Generator

Alternatif lain adalah dengan menggunakan Add-In Random Generator Excel. Ini memerlukan instalasi terpisah, tetapi menyediakan beberapa opsi yang berguna untuk pengguna Excel. Dengan add-in Random Generator, Anda dapat memilih seluruh rentang data dan tipe pilihan akhir.

Berikut adalah cara menambahkan Add-In Random Generator Excel ke dalam file Excel Anda:

  1. Buka Excel dan buka file kerja Excel tempat Anda ingin menginstal Add-ln Random Generator.
  2. Di atas ribbon, klik File.
  3. Pada menu di sebelah kiri pilihan File, klik Opsi. Anda akan melihat dialog pilihan Excel terbuka dalam jendela baru.
  4. Ketik Add-in pada kolom Filter pencarian.
  5. Pilih Add-ln Excel dan klik tombol Go.
  6. Pilih: Add-ln Solver dan klik tombol OK.
  7. Excel akan memerlukan waktu mencari Add-In dan akan mencoba memasangnya. Ini dapat memakan waktu beberapa saat tergantung pada speed komputer Anda.
  8. Ketika Add-In telah terpasang, beri tahu Excel untuk menggunakannya dengan memilih menu Alat Data dari ribbon Excel.
  9. Xl Solver Add-In akan muncul di menu Opsi alat data. Pilih Random Generator dari dalam menu Alat Data dan klik OK.

Setelah Anda menginstal Add-In Random Generator, langkah selanjutnya adalah menggunakan Add-In tersebut untuk mengacak data.

  1. Buka file Excel yang Anda ingin acak nama dari kolom data tersebut.
  2. Pilih data dalam kolom yang akan diacak.
  3. Buka Add-ln Random Generator.
  4. Pilih area kolom data yang ingin diacak.
  5. Pilih opsi penyelesaian untuk data yang dipilih.
  6. Klik OK. Add-In Random Generator akan mengacak data Anda dan output data baru.

Sekarang, nama dalam kolom data telah diacak. Anda dapat mengulangi langkah-langkah ini dengan kolom yang berbeda di file Excel Anda atau dengan file Excel yang berbeda sepenuhnya.

Cara Mengacak Urutan Angka di Excel Tanpa Duplikat

Jika data Anda berisi angka, Anda mungkin perlu mengacak urutan angka tanpa duplikat. Ini dapat dilakukan dengan mudah menggunakan fitur Excel saat mengurutkan data kolom.

Baca Juga :  Cara Membuat Rumus Vlookup Keterangan Lulus Pada Excel

Berikut adalah cara mengacak urutan angka di Excel tanpa duplikat:

  1. Pilih kolom data angka yang ingin Anda acak.
  2. Pergi ke tab Data dan klik pada tombol Urutkan dan Filter.
  3. Excel akan menampilkan menu Urutan dan Filter. Pilih Sisipkan Urutan pada menu tersebut.
  4. Buka kolom drop-down Urutan dan pilih yang sesuai dengan data yang ingin diurutkan.
  5. Centang kotak “Tanpa duplikat” di bagian bawah jendela Urutan dan Filter.
  6. Klik tombol OK untuk mengurutkan data.

Setelah Anda mengikuti langkah-langkah ini, urutan angka pada kolom data telah berhasil diacak dan setiap angka disajikan hanya sekali.

FAQ

Bagaimana cara menghapus duplikat data di Excel?

Jika data yang Anda miliki memiliki duplikat, Anda dapat menghapus duplikat tersebut dengan mudah menggunakan menu Excel “Remove Duplicates”. Menu ini memungkinkan Anda untuk menghapus baris dan kolom dengan data yang sama.

  1. Pilih kolom data yang memiliki duplikat.
  2. Pergi ke tab Data dan klik pada tombol Remove Duplicates.
  3. Excel akan menampilkan dialog pilihan Remove Duplicates.
  4. Pilih kolom (s) yang mengandung duplikat Anda ingin mencopot. Pastikan semua kolom dipilih untuk memastikan bahwa data yang tepat dihapus.
  5. Klik OK untuk melanjutkan. Excel akan menghapus baris atau kolom yang mengandung duplikat di wilayah yang Anda pilih.

Bagaimana cara menggunakan Excel untuk menghitung rata-rata?

Excel menyediakan beberapa pilihan untuk menghitung rata-rata suatu rentang data. Disamping itu, Excel juga memiliki fungsi built-in yang memungkinkan Anda untuk menghitung rata-rata dengan cepat dan mudah.

  1. Pilih sel tempat Anda ingin rata-rata ditampilkan.
  2. Ketik formula rata-rata dasar yang dimulai dengan tanda sama dengan (=) dan dilanjutkan dengan nama cell yang berisi data yang akan dihitung.
  3. Pastikan untuk melampirkan tanda kurung (), dimana item dalam tanda kurung adalah sel yang ingin dihitung.
  4. Selesai. Excel akan menghitung rata-rata untuk sel yang Anda pilih.

Include Video Youtube

Berikut adalah video yang menjelaskan bagaimana cara mengacak data di Excel:

Nah, itulah beberapa cara untuk mengacak data, nama, dan urutan angka di Excel. Dengan berbekal pengetahuan yang tepat, Anda dapat mengoptimalkan pekerjaan Anda dengan lebih mudah dan efisien. Nikmati!