Cara Menentukan Rentang Data Berdasarkan Tanggal Di Excel

Melakukan Penyortiran Data di Excel dengan Mudah

Pada dunia bisnis, kita sering kali dihadapkan dengan tugas mengelola data. Salah satu aplikasi yang sering digunakan adalah Excel. Excel memiliki banyak fitur yang dapat memudahkan pengguna dalam mengelola data. Salah satu fiturnya yang berguna adalah dapat melakukan penyortiran data. Berikut ini adalah cara sederhana untuk melakukan penyortiran data di Excel.

1. Buat Tabel Data
Langkah awal dalam melakukan penyortiran data adalah membuat tabel data. Tabel data ini dapat dibuat dengan menggunakan fitur “Insert Table” pada Excel. Selain itu, kita juga dapat membuat tabel manual dengan cara mengatur sel-sel dalam worksheet menjadi tabel. Hal ini dapat dilakukan dengan menyorot sel-sel yang akan dijadikan tabel, kemudian klik kanan dan pilih “Format Cells”. Pilih tab “Data” dan centang “My table has headers” jika tabel tersebut memiliki judul.

2. Pilih Kolom yang Akan Diurutkan
Setelah tabel dibuat, pilih kolom yang ingin diurutkan dengan menyoroti kolom tersebut. Misalnya saja, pada tabel data di bawah ini kita ingin melakukan pengurutan berdasarkan kolom “Nama”.

| No | Nama | Usia | Alamat |
|—-|———|——|—————–|
| 1 | Ahmad | 25 | Jakarta Selatan |
| 2 | Budi | 27 | Bandung |
| 3 | Candra | 23 | Surabaya |
| 4 | Dian | 24 | Medan |
| 5 | Erika | 26 | Bali |
| 6 | Farida | 25 | Yogyakarta |

3. Pilih Jenis Penyortiran
Setelah kolom dipilih, selanjutnya pilih jenis penyortiran. Excel memiliki dua jenis penyortiran, yaitu secara ascending (dari yang terkecil ke terbesar) dan descending (dari yang terbesar ke terkecil). Kita dapat memilih jenis penyortiran tersebut dengan menggunakan menu “Sort & Filter” pada tab “Data”. Pada contoh di atas, kita ingin melakukan pengurutan secara ascending berdasarkan kolom “Nama”.

4. Selesai
Setelah langkah-langkah di atas dilakukan, maka data pada tabel akan tersusun sesuai dengan jenis penyortiran yang telah dipilih. Pada contoh di atas, kita telah berhasil melakukan penyortiran data berdasarkan kolom “Nama”.

Baca Juga :  Cara Membuat Fungsi Tanggal Pada Excel

Cara Mengurutkan Data Berdasarkan Beberapa Kolom

Selain pengurutan berdasarkan satu kolom, Excel juga memungkinkan kita untuk melakukan pengurutan data berdasarkan beberapa kolom sekaligus. Hal ini dapat dilakukan dengan cara memilih kolom-kolom yang ingin diurutkan secara bersamaan. Berikut ini adalah cara sederhana untuk melakukan penyortiran data berdasarkan beberapa kolom sekaligus.

1. Pilih Kolom yang Akan Diurutkan
Pilih beberapa kolom yang ingin diurutkan secara bersamaan. Misalnya saja, pada tabel data di bawah ini kita ingin melakukan pengurutan berdasarkan kolom “Nama”, kemudian kolom “Usia”.

| No | Nama | Usia | Alamat |
|—-|———|——|—————–|
| 1 | Ahmad | 25 | Jakarta Selatan |
| 2 | Budi | 27 | Bandung |
| 3 | Candra | 23 | Surabaya |
| 4 | Dian | 24 | Medan |
| 5 | Erika | 26 | Bali |
| 6 | Farida | 25 | Yogyakarta |

2. Pilih Menu “Sort & Filter”
Setelah kolom di pilih, selanjutnya pilih menu “Sort & Filter” pada tab “Data”.

3. Pilih Jenis Penyortiran
Pada menu “Sort & Filter”, pilih “Custom Sort”. Kemudian pada kotak dialog “Sort” yang muncul, pilih kolom pertama yang ingin diurutkan, kemudian pilih jenis penyortiran (ascending/descending). Selanjutnya, pilih kolom kedua yang ingin diurutkan, kemudian pilih jenis penyortiran juga. Lakukan langkah yang sama untuk kolom selanjutnya jika ada.

4. Selesai
Setelah langkah-langkah di atas dilakukan, maka data pada tabel akan tersusun sesuai dengan jenis penyortiran yang telah dipilih. Pada contoh di atas, kita telah berhasil melakukan penyortiran data berdasarkan kolom “Nama” dan “Usia”.

FAQ

1. Apakah penyortiran data dapat mempengaruhi performa Excel?
Jawaban: Ya, jika data yang disortir terlalu besar, maka pengurutan tersebut dapat mempengaruhi performa Excel. Oleh karena itu, disarankan untuk menyortir data dengan jumlah yang tidak terlalu besar.

2. Apakah ada cara yang lebih cepat untuk melakukan penyortiran data di Excel?
Jawaban: Ya, kita dapat menggunakan shortcut keyboard untuk melakukan penyortiran data di Excel. Untuk pengurutan ascending, kita dapat menekan tombol “Alt + A + S + A”. Sedangkan untuk pengurutan descending, kita dapat menekan tombol “Alt + A + S + D”.

Baca Juga :  CARA BAK UP DATA EXCEL DI SERVER