Cara Mendapatakan Data Excel Google Form

Spreadsheet atau lembar kerja adalah salah satu fitur yang paling sering digunakan di dunia bisnis maupun akademik. Seiring dengan berkembangnya teknologi, saat ini banyak software atau aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat spreadsheet, salah satunya adalah Google Sheets. Berikut ini akan dijelaskan cara menggunakan Google Sheets untuk membuat spreadsheet serta beberapa fitur dan trik yang bisa digunakan.

1. Cara Menggunakan Google Sheets untuk Membuat Spreadsheet

Langkah pertama adalah membuka Google Sheets di browser. Untuk mengakses Google Sheets, masuk ke akun Google Anda, lalu klik pada ikon Apps di pojok kanan atas halaman, kemudian pilih Google Sheets.

Cara Mendapatakan Data Excel Google Form

Selanjutnya, pilih opsi New Spreadsheet untuk membuat spreadsheet baru. Tampilan awal Google Sheets pada umumnya terdiri dari baris kosong dan kolom kosong.

Untuk mengisi data ke dalam spreadsheet, kita dapat mengetikkan data secara langsung pada sel-sel yang kosong. Penulisan data di dalam sel dilakukan seperti menulis di aplikasi teks editor lainnya. Saat mengetik, dapat menggunakan tombol Enter untuk berpindah ke sel berikutnya.

Untuk memformat suatu sel, kita dapat menggunakan menu atau shortcut keyboard. Misalnya, untuk membuat teks menjadi tebal, kita dapat menggunakan fitur bold pada toolbar Google Sheets atau menggunakan shortcut keyboard Ctrl + B. Fitur format pada Google Sheets meliputi format sel, format angka, format tanggal, format teks, dan lain-lain.

Fitur yang sangat berguna di Google Sheets adalah fitur autofill. Misalnya, jika ingin menyalin sebuah data dan meneruskannya hingga beberapa sel di bawahnya, kita dapat melakukan drag ke bawah pada sel tersebut. Google Sheets akan menuliskan data secara otomatis tanpa kita harus mengetik manual satu persatu.

Untuk menghitung data pada spreadsheet, seringkali kita membutuhkan rumus. Google Sheets memiliki banyak opsi rumus yang dapat diaplikasikan sesuai kebutuhan. Misalnya, untuk menjumlahkan sejumlah data dalam satu kolom, kita dapat menggunakan rumus =SUM(). Paste rumus tersebut pada sel yang ingin kita hitung datanya. Selanjutnya, kita hanya perlu memilih rentang sel yang ingin dijumlahkan.

2. Cara Ekspor dan Impor Data di Google Sheets

Salah satu fitur yang paling berguna di Google Sheets adalah kemampuannya untuk mengimpor dan mengekspor data ke dalam format Excel atau CSV. Dalam situasi tertentu, kita mungkin memerlukan data dari Google Sheets untuk diolah menggunakan program lain seperti Excel. Atau sebaliknya, kita ingin menyimpan data Excel ke dalam Google Sheets.

Cara mengimpor data dari Excel ke Google Sheets adalah sebagai berikut:

  1. Buka Excel dan file yang ingin diimport ke Google Sheets.
  2. Pilih seluruh data pada file Excel.
  3. Gunakan shortcut keyboard Ctrl + C untuk menyalin data.
  4. Buka Google Sheets.
  5. Buat spreadsheet baru dan pilih sel kosong pada spreadsheet.
  6. Gunakan shortcut keyboard Ctrl + V untuk menempelkan data.
  7. Google Sheets akan secara otomatis mengimpor data dari Excel.

Cara mengekspor data dari Google Sheets ke Excel adalah sebagai berikut:

  1. Buka Google Sheets dan spreadsheet yang ingin diekspor.
  2. Pilih seluruh data pada spreadsheet.
  3. Gunakan shortcut keyboard Ctrl + C untuk menyalin data.
  4. Buka Excel pada komputer.
  5. Buat file Excel baru dan pilih sel kosong pada Excel.
  6. Gunakan shortcut keyboard Ctrl + V untuk menempelkan data.
  7. Excel akan secara otomatis mengekspor data dari Google Sheets.
Baca Juga :  CARA MENAMBAHKAN HURUF DI FILE EXCEL

FAQ

1. Apa itu Google Sheets?

Google Sheets adalah salah satu aplikasi spreadsheet dalam produk Google Workspace yang memungkinkan pengguna untuk membuat, mengedit, dan berbagi lembar kerja secara online.

2. Apa keuntungan menggunakan Google Sheets dibandingkan aplikasi spreadsheet lainnya?

Salah satu keuntungan menggunakan Google Sheets adalah kemampuan untuk berkolaborasi secara online dengan pengguna lain dalam satu spreadsheet. Selain itu, Google Sheets juga memiliki banyak add-on dan fitur tambahan yang dapat memudahkan pekerjaan pengguna di dalam membuat dan mengolah data.

Video Tutorial Google Sheets

Berikut adalah video tutorial singkat tentang cara menggunakan Google Sheets untuk membuat spreadsheet: