Cara Mencari Banyaknya Data Nama 2 Kriteria Di Excel

Excel adalah salah satu program komputer yang paling umum digunakan di berbagai bidang pekerjaan. Dalam dunia bisnis, Excel digunakan untuk mengelola data, menyelesaikan perhitungan, dan memvisualisasikan data dalam bentuk grafik dan tabel. Namun, tidak semua orang memahami semua fitur yang tersedia di Excel. Salah satu hal yang seringkali membingungkan para pengguna Excel adalah rumus dan fungsi yang tersedia di dalamnya.

Cara Mencari Tunjangan Anak di Excel

Cara Mencari Banyaknya Data Nama 2 Kriteria Di Excel

Saat menghitung gaji karyawan, perusahaan biasanya memberikan tunjangan anak. Tunjangan ini bergantung pada jumlah anak yang dimiliki oleh karyawan. Jika Anda selalu bingung bagaimana cara mencari tunjangan anak di Excel, berikut adalah beberapa rumus yang bisa dipakai:

Rumus IF

Rumus IF adalah salah satu rumus yang paling umum digunakan untuk menghitung tunjangan anak di Excel. Rumus ini mengikuti format berikut:

=IF(logical_test, value_if_true, value_if_false)

Jadi, misalnya Anda ingin menghitung tunjangan anak sebesar 10% dari gaji pokok. Rumusnya akan terlihat seperti ini:

=IF(number_of_children>0,gross_salary*10%,0)

Dalam rumus tersebut, “number_of_children” adalah jumlah anak yang dimiliki oleh karyawan, “gross_salary” adalah gaji pokok karyawan dan “10%” adalah persentase tunjangan anak yang diberikan.

Rumus VLOOKUP

Rumus VLOOKUP juga bisa digunakan untuk mencari tunjangan anak di Excel. Berikut adalah rumusnya:

=VLOOKUP(number_of_children,table_array,col_index_num,range_lookup)

Dalam rumus tersebut, “number_of_children” adalah jumlah anak yang dimiliki oleh karyawan, “table_array” adalah kisaran sel yang berisi data tentang tunjangan anak, “col_index_num” adalah nomor kolom di table_array yang berisi jumlah tunjangan anak dan “range_lookup” adalah nilai TRUE atau FALSE, yang menentukan apakah Anda ingin mencari nilai tepat atau sekitar nilai yang sesuai.

Baca Juga :  CARA MEMASUKKAN DATA KE GRAFIK DI EXCEL

Cara Mencari Nama di Excel

mencari nama di Excel

Dalam pekerjaan sehari-hari, Anda mungkin perlu mencari nama atau data tertentu di dalam file Excel yang besar. Jangan khawatir, Excel menyediakan beberapa fitur pencarian yang sangat membantu. Selanjutnya akan dibahas beberapa metode untuk mencari nama di Excel:

Mencari Nama dengan Ctrl+F

Metode pertama ini paling sederhana dan banyak digunakan. Anda hanya perlu menekan tombol Ctrl+F dan memasukkan kata kunci yang ingin Anda cari. Kemudian tekan tombol Enter, dan Excel akan menemukan semua sel yang mengandung kata kunci tersebut. Kemudian Anda bisa menavigasi ke setiap sel yang ditemukan dengan mengklik tombol “Find Next”.

Mencari Nama dengan Rumus INDEX dan MATCH

Rumus INDEX dan MATCH bisa digunakan ketika Anda tidak tahu posisi suatu nama pada file Excel. Berikut adalah format rumus:

=INDEX(data_range,MATCH(search_value,data_range,0))

Dalam rumus tersebut, “data_range” adalah kisaran sel yang berisi data yang ingin Anda cari, “search_value” adalah kata kunci yang ingin Anda cari dan “0” menunjukkan bahwa pencarian dilakukan secara tepat.

FAQ

Bagaimana Cara Menghapus Angka di Kolom Excel?

Untuk menghapus angka di kolom Excel, Anda bisa melakukan dua hal. Pertama, klik kanan pada sel yang berisi angka tersebut dan pilih “Clear Contents”. Cara ini akan menghapus angka, tetapi tidak menghapus format atau formula yang mungkin ada pada sel tersebut.

Alternatif lainnya adalah dengan menggunakan rumus. Misalnya, untuk menghapus angka atau teks di sel A1, gunakan rumus berikut:

=IF(ISNUMBER(A1),"",A1)

Dalam rumus tersebut, “ISNUMBER(A1)” mengecek apakah sel A1 berisi nomor atau bukan. Jika sel A1 berisi nomor, rumus akan mengembalikan nilai kosong (” “), jika tidak, rumus akan mengembalikan nilai yang ada di sel A1.

Baca Juga :  CARA MEMBUAT TULISAN KE TENGAH DI EXCEL

Bagaimana Cara Membuat Piramida Penduduk di Excel?

Untuk membuat piramida penduduk di Excel, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buatlah dua kolom. Kolom pertama berisi kisaran umur, dan kolom kedua berisi jumlah penduduk dalam kelompok umur tersebut.
  2. Pilih kolom yang berisi jumlah penduduk. Klik kanan pada kolom tersebut dan pilih “Format Cells”. Pilih opsi “Gradient Fill” dan atur skema warna yang sesuai untuk membuat efek 3D.
  3. Tambahkan grafik batang horizontal ke kolom penduduk. Kustomisasi grafik dengan cara memilih opsi “Stacked Bar” dan mengubah orientasi grafik ke vertikal.
  4. Tambahkan sumbu kiri ke grafik. Pilih opsi “Format Axis” dan ubah opsi “Type” ($2000 menjadi kisaran umur yang sesuai). Batalkan centang “Values in Reverse Order”.
  5. Tambahkan sumbu kanan ke grafik. Pilih opsi “Format Axis” lagi dan pergi ke opsi “Overflow”. Masukkan nilai “100” ke kotak “Maximum” dan ubah skala sumbu kanan ke persentase.
  6. Tambahkan label untuk sumbu-sumbu tersebut dan atur label dengan cara memilih opsi “Alignment” dan “Orientation”.
  7. Pilih grafik dan tambahkan efek 3D dengan cara memilih opsi “Effects” dan “3D Settings”. Sesuaikan efek sehingga grafik terlihat seperti piramida.

Video Tutorial: Cara Membuat Piramida Penduduk di Excel

Dengan begitu, cara mencari tunjangan anak dan nama di Excel sekarang bukan lagi hal yang sulit. Selain metode di atas, Anda juga bisa mencari rumus dan teknik yang lain di internet untuk mengoptimalkan penggunaan Excel dalam pekerjaan Anda.