BAGAIMANA CARA MENCOCOKKAN DATA DI EXCEL

Excel merupakan salah satu aplikasi pengolah data yang sangat berguna dalam banyak aspek kehidupan, baik itu di bidang bisnis, pendidikan, ataupun keuangan. Dalam Excel, terdapat berbagai macam fungsi dan fitur yang dapat memudahkan pengguna dalam mengelola data. Salah satu fungsi yang sering digunakan adalah mencocokkan 2 data di Excel.

Mencocokkan 2 Data di Excel

Mencocokkan 2 data di Excel bisa dilakukan dengan menggunakan rumus VLOOKUP. Rumus ini berfungsi untuk mencari nilai pada tabel di sebelah kiri, dan kemudian mengembalikan nilai terkait pada kolom di sebelah kanan yang sama barisnya dengan nilai yang dicari.

Contoh:

Nama Umur Golongan Darah
Andi 25 A
Budi 30 B
Caca 27 AB

Untuk mencari umur Budi, kita bisa menggunakan rumus VLOOKUP:

=VLOOKUP("Budi",$A$2:$C$4,2,FALSE)

Rumus ini akan mencari nilai “Budi” pada kolom nama, dan kemudian mengembalikan nilai umur pada kolom umur. Hasilnya adalah 30.

Perlu diketahui, agar rumus VLOOKUP bisa berfungsi dengan baik, data kedua harus memiliki nilai yang unik sebagai acuan dalam mencocokkan data. Selain itu, nilai unik tersebut harus disimpan di kolom pertama pada tabel kedua.

Cara Menandai Data

Selain mencocokkan data, ada juga cara untuk menandai data berdasarkan kondisi tertentu. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan format kondisional.

Format kondisional memungkinkan pengguna untuk memberi format khusus pada sel atau rentang sel berdasarkan kondisi tertentu. Contohnya, kita ingin menandai sel dengan warna merah jika nilainya di bawah 50:

  1. Pilih cel atau rentang sel yang ingin ditandai
  2. Buka menu Home dan pilih Conditional Formatting
  3. Pilih opsi Highlight Cells Rules -> Less Than
  4. Masukkan nilai 50 pada kotak isian
  5. Pilih warna merah pada opsi Format
  6. Klik OK
Baca Juga :  CARA PRINT LABEL UNDANGAN 103 DI EXCEL

Sel atau rentang sel yang nilainya di bawah 50 akan ditandai dengan warna merah.

FAQ

1. Apa itu rumus VLOOKUP?

Rumus VLOOKUP adalah salah satu rumus di Excel yang digunakan untuk mencocokkan nilai pada tabel di sebelah kiri, dan kemudian mengembalikan nilai terkait pada kolom di sebelah kanan yang sama barisnya dengan nilai yang dicari.

2. Apa itu format kondisional di Excel?

Format kondisional adalah fungsi di Excel yang memungkinkan pengguna untuk memberi format khusus pada sel atau rentang sel berdasarkan kondisi tertentu. Contohnya, menandai sel dengan warna merah jika nilainya di bawah 50.

Video Tutorial

Berikut adalah video tutorial mengenai rumus VLOOKUP dan format kondisional di Excel: