Cara Menampilkan Data Listbox Ke Textbox Dengan Makro Excel

Cara Menampilkan Data di Listbox Userform Excel

Listbox pada userform Excel adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk menampilkan daftar item dan memilih salah satu atau beberapa item dari daftar tersebut. Selain dapat digunakan untuk tujuan input data, Listbox juga dapat digunakan untuk menampilkan data yang telah ada, seperti data dari spreadsheet atau basis data. Artikel ini akan membahas cara menampilkan data di Listbox Userform Excel.

Pertama-tama, pastikan sudah memiliki userform pada spreadsheet Excel yang ingin digunakan. Untuk membuat userform, buka VBE (Visual Basic Editor) dengan menekan tombol Alt + F11 pada keyboard, lalu pilih menu Insert > UserForm.

Setelah itu, tambahkan Listbox ke userform dengan memilih toolbox pada VBE, memilih Listbox, dan menarik bentuknya ke userform.

Kemudian, tentukan nama Listbox dengan memilih Listbox tersebut dan mengetikkan nama pada properti Name di sebelah kanan. Misalnya, nama Listbox adalah ListBox1.

Setelah menambahkan Listbox ke userform dan menetapkan namanya, langkah selanjutnya adalah mengisi Listbox dengan data. Ada tiga metode yang dapat digunakan untuk mengisi Listbox:

1. Menggunakan Item Property

Metode pertama adalah dengan menggunakan Item Property, di mana setiap item ditambahkan ke Listbox secara terpisah menggunakan sintaks berikut:

“`VBA
ListBox1.AddItem “Item 1”
ListBox1.AddItem “Item 2”
ListBox1.AddItem “Item 3”
“`

Metode ini sangat berguna jika hanya ada sedikit item yang ingin ditambahkan ke Listbox.

2. Menggunakan RowSource Property

Metode kedua adalah dengan menggunakan RowSource Property, di mana data ditetapkan pada list atau range pada worksheet Excel. Syntax yang dapat digunakan untuk metode ini adalah sebagai berikut:

“`VBA
ListBox1.RowSource = “Sheet1!A1:A10”
“`

Syntax ini menentukan data dari sel A1 hingga A10 pada sheet 1 untuk diisi pada Listbox. Tentu saja, range dapat disesuaikan dengan kebutuhan, dan dapat terdiri dari satu atau beberapa kolom.

Baca Juga :  Cara Membuat Protect Sheet Excel 2007

3. Menggunakan AddItem Method dalam Loop

Metode ketiga adalah dengan menggunakan AddItem Method dalam loop, di mana item ditambahkan ke Listbox dalam satu loop. Metode ini sangat berguna jika ada banyak data yang ingin ditambahkan ke Listbox. Berikut adalah syntax yang dapat digunakan pada metode ini:

“`VBA
Dim i As Integer
For i = 1 To 10
Listbox1.AddItem “Item ” & i
Next i
“`

Syntax ini menambahkan 10 item ke Listbox dengan nama “Item 1” hingga “Item 10”.

Sekarang, userform dan Listbox telah disiapkan, dan data telah ditambahkan ke Listbox. Dalam contoh ini, kita akan menggunakan metode kedua untuk menampilkan data yang sudah ada pada sheet Excel di Listbox.

Kode VBA berikut menunjukkan cara menetapkan RowSource Property ke Listbox:

“`VBA
Private Sub Userform_Initialize()
ListBox1.RowSource = “Data!A1:A10”
End Sub
“`

Syntax di atas akan menetapkan data pada sel A1 hingga A10 pada sheet “Data” untuk ditampilkan pada Listbox. Userform akan memuat Listbox dengan data dari range tersebut setiap kali diinisialisasi.

Setelah semua data ditampilkan pada Listbox, pengguna dapat memilih salah satu atau beberapa item yang ada pada Listbox.

FAQ:
1. Bagaimana cara memperbarui Listbox setelah data di sheet Excel diubah?
Jawaban: Setelah data di sheet Excel diubah, Listbox dapat diperbarui dengan memanggil kembali RowSource Property atau dengan menambahkan item baru ke Listbox. Jika Listbox ditetapkan menggunakan RowSource Property, maka memanggil kembali property tersebut akan mengambil data terbaru dari sheet Excel. Jika Listbox ditambah dengan menggunakan Item Property atau AddItem Method, maka item baru dapat ditambahkan ke Listbox menggunakan sintaks yang telah dijelaskan sebelumnya.

2. Bagaimana cara menampilkan informasi lebih lanjut tentang item yang dipilih pada Listbox?
Jawaban: Informasi lebih lanjut tentang item yang dipilih pada Listbox dapat ditampilkan pada userform dengan menambahkan label dan memfilter isi dengan kode VBA. Misalnya, berikut adalah kode VBA yang menampilkan informasi tentang item yang dipilih pada Listbox pada label bernama Label1:

Baca Juga :  Cara Membuat Project Schedule Di Excel

“`VBA
Private Sub ListBox1_Click()
TLabel1.Caption = ActiveSheet.Range(“B” & ListBox1.ListIndex + 1).Value
End Sub
“`

Syntax di atas menempatkan nilai dari sel yang terkait dengan item yang dipilih pada sheet Excel pada label bernama “Label1”. Range yang digunakan dalam contoh ini adalah range mulai dari sel B1 pada sheet Excel.