Cara Menampilkan Data Excel Untuk Beberapa Pilihan

Pada artikel kali ini, kita akan membahas beberapa cara untuk menampilkan data dari file Excel ke dalam website. Dalam era digital seperti sekarang ini, pengolahan data menjadi hal yang sangat penting. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya perusahaan atau organisasi yang menggunakan aplikasi spreadsheet seperti Microsoft Excel untuk mengolah data.

Namun, ada kalanya data-data yang sudah diolah pada Excel harus ditampilkan ke dalam website. Oleh karena itu, dibutuhkan beberapa cara untuk memasukkan data dari Excel ke dalam website dengan mudah dan cepat. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan:

1. Menggunakan Plugin Excel To HTML

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk memasukkan data Excel ke dalam website adalah dengan menggunakan Plugin Excel To HTML. Cara ini cukup mudah dilakukan dan bisa dilakukan oleh pengguna yang masih pemula sekalipun.

Plugin Excel To HTML bekerja dengan mengubah file Excel menjadi format HTML sehingga dapat dengan mudah ditampilkan ke dalam website. Hal ini membantu dalam meningkatkan pengalaman pengguna yang mengakses website Anda, karena data dapat ditampilkan secara rapi dan mudah dibaca.

Untuk menggunakan Plugin Excel To HTML, Anda perlu menginstal plugin ini pada Microsoft Excel Anda terlebih dahulu. Setelah itu, buka file Excel yang ingin Anda tampilkan di website dan klik tombol “Export to HTML” pada toolbar plugin.

Setelah itu, Anda akan diminta untuk menentukan letak penyimpanan file HTML hasil konversi. Setelah berhasil disimpan, file HTML tersebut sudah bisa ditampilkan di dalam website melalui tag iframe atau embed.

2. Menggunakan Macro VBA

Cara kedua yang bisa dilakukan untuk memasukkan data Excel ke dalam website adalah dengan menggunakan Macro VBA. Macro VBA bisa digunakan untuk mengotomatisasi pengolahan data pada Excel, sehingga memudahkan dalam menampilkan data di website.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat Macro VBA di Excel. Caranya adalah dengan membuka file Excel yang ingin ditampilkan, lalu klik tombol “Visual Basic” pada toolbar. Setelah itu, buatlah modul baru dan tuliskan kode VBA berikut:

Sub ExportToHTML()
ActiveSheet.SaveAs “C:UsersUsernameDocumentsExcelToHTML.html”, _
FileFormat:=xlHtml, _
CreateBackup:=False
End Sub

Kode di atas akan menyimpan file Excel ke dalam format HTML di dalam folder “Documents”. Anda perlu mengganti “Username” dengan nama pengguna Anda pada komputer.

Setelah menyimpan file dengan format HTML, Anda bisa menampilkan data tersebut di dalam website Anda melalui tag iframe atau embed.

FAQ:

1. Apakah cara-cara di atas dapat dilakukan pada semua versi Microsoft Excel?

Ya, cara-cara di atas dapat dilakukan pada semua versi Microsoft Excel.

2. Apakah Plugin Excel To HTML dapat digunakan untuk mengkonversi file Excel yang bersifat rahasia?

Plugin Excel To HTML dapat digunakan untuk mengkonversi file Excel yang bersifat rahasia, namun Anda perlu memastikan bahwa file tersebut tidak disimpan pada server yang dapat diakses oleh orang yang tidak berwenang.

Video:

https://www.youtube.com/watch?v=VxmxVASZ6aY

Video di atas menjelaskan tentang cara menggunakan Plugin Excel To HTML untuk memasukkan data dari Excel ke dalam website.

https://www.youtube.com/watch?v=OacZltL9Wqk

Video di atas menjelaskan tentang cara menggunakan Macro VBA untuk memasukkan data dari Excel ke dalam website.

Baca Juga :  Cara Membuat Random 2 Kata Excel