CARA MENAMPILKAN DATA ANALYSIS PADA EXCEL 2016

Excel menjadi software yang sering digunakan dalam pekerjaan di kantor atau perkuliahan. Terdapat banyak fitur-fitur yang berguna dalam membantu pengguna dalam mengolah data dan menjalankan tugas-tugasnya. Salah satu fitur yang sering digunakan adalah untuk memunculkan data sesuai dengan kriteria tertentu. Berikut adalah cara untuk menampilkan data sesuai dengan kriteria tertentu di Excel.

Cara Menampilkan Data Sesuai Dengan Kriteria Tertentu di Excel

Pertama, buka Microsoft Excel dan buka file yang ingin diproses. Selanjutnya, ikuti langkah-langkah dibawah ini:

Langkah 1: Pilih Data Range dan Buka Advanced Filter

Pilih range data yang akan di filter. Kemudian, dari tab Data di Excel, pilih opsi “Advanced” dari grup “Sort & Filter”.

CARA MENAMPILKAN DATA ANALYSIS PADA EXCEL 2016

Langkah 2: Buat Kriteria Data

Di dialog “Advanced Filter”, tentukan range data pada “List Range” dan atur kriteria pada “Criteria Range”. Kontrol kriteria umum termasuk Equal to, Not equal to, and Greater than.

CARA MENAMPILKAN DATA ANALYSIS PADA EXCEL 2016

Langkah 3: Tentukan Lokasi Hasil Filter

Pilih opsi “Copy to another location” dari dialog “Advanced Filter” dan tentukan start cell untuk data yang difilter. Tekan tombol OK.

CARA MENAMPILKAN DATA ANALYSIS PADA EXCEL 2016

Langkah 4: Tampilkan Hasil Filter

Data yang difilter masih disembunyikan di luar jangkauan sel yang tampaknya kosong. Gunakan opsi “All” atau “Visible cells” pada tab “Home” untuk memperlihatkan data yang difilter.

Baca Juga :  Cara Menghitung Pareto Abc Excel

CARA MENAMPILKAN DATA ANALYSIS PADA EXCEL 2016

Cara Menampilkan Data Di Listbox Userform Excel

Selain menampilkan data berdasarkan kriteria tertentu, ada juga cara untuk menampilkan data di ListBox UserForm Excel. Berikut adalah caranya:

Langkah 1: Tambahkan Userform

Pertama, tambahkan Userform melalui menu “Developer” lalu pilih “Insert”.

Step 1

Langkah 2: Tambahkan ListBox

Tambahkan ListBox di Userform dengan cara drag and drop dari toolbox.

Step 2

Langkah 3: Tulis Kode Untuk Mengisi Data ListBox

Tulis kode untuk mengisi data ListBox dengan cara menggunakan pernyataan Loop, Vlookup atau Filter untuk memperoleh nilai yang diperlukan dari sel di lembar kerja.

Langkah 4: Jalankan Kode

Jalankan kode untuk memeriksa apakah ListBox telah diisi dengan benar.

FAQ

Pertanyaan 1: Apa itu Advanced Filter?

Jawaban: Advanced Filter adalah fitur yang memungkinkan pengguna Excel untuk memilih data berdasarkan kriteria. Pengguna dapat memfilter data berdasarkan opsi seperti equal to, not equal to, or greater than.

Pertanyaan 2: Apa itu ListBox?

Jawaban: ListBox adalah kontrol bentuk ListBox yang memungkinkan pengguna untuk memilih item dari daftar item. ListBox dapat berisi berbagai jenis data, seperti nama karyawan atau angka dalam kisaran tertentu.

Video Tutorial