Cara Menambah Data Pada Tabel Tambahan Excel

    Saat kita bekerja dengan dokumen tertulis, termasuk dalam Microsoft Word, seringkali kita membutuhkan tabel untuk memudahkan dalam pemisahan data. Tabel yang dibuat dalam Microsoft Word memiliki berbagai konfigurasi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Pada kesempatan kali ini, saya akan mengajarkan bagaimana cara menambah kolom dan baris di tabel Word.

Gambar 1: Cara Menambah Kolom dan Baris di Tabel Word

Cara Menambah Data Pada Tabel Tambahan Excel

    Sebelum memulai panduan, pastikan bahwa kamu sudah membuat tabel yang ingin kamu tambahkan kolom dan barisnya. Dalam contoh kali ini saya akan menggunakan tabel sederhana yang terdiri dari 2 baris dan 2 kolom, seperti gambar diatas.

Cara Menambah Kolom pada Tabel Word

    Untuk menambahkan kolom pada tabel Word, kamu dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Posisikan kursor kamu pada salah satu sel di kolom di sebelah kanan garis vertikal yang ingin kamu tambahkan kolomnya.
  2. Klik kanan pada sel tersebut dan pilih Insert Column Right.

    Dan voila! Kolom baru sudah berhasil ditambahkan ke tabel kamu. Dalam kasus gambar di atas, jika saya ingin menambahkan satu kolom di antara kolom 1 dan kolom 2, maka saya perlu melakukan langkah-langkah di atas.

Cara Menambah Baris pada Tabel Word

    Selain menambahkan kolom, kamu juga dapat menambahkan baris ke tabel kamu. Berikut ada langkah-langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Posisikan kursor kamu pada salah satu sel di baris di bawah garis horizontal yang ingin kamu tambahkan barisnya.
  2. Klik kanan pada sel tersebut dan pilih Insert Row Below.
Baca Juga :  CARA MEMANGGIL FILE DI EXCEL

    Dalam kumpulan gambar di atas, jika saya ingin menambahkan satu baris di antara baris 1 dan baris 2, maka saya perlu mengikuti langkah-langkah di atas.

FAQ

1. Apakah saya dapat menambahkan beberapa baris/kolom secara bersamaan?

    Yes, you can! Ada beberapa cara untuk melakukannya, diantaranya:

  • Menggunakan Keyboard. Kamu bisa menandai beberapa baris dan/atau kolom dengan menekan tombol Shift di keyboard dan kemudian mengikuti langkah-langkah di atas. Misalnya, jika kamu ingin menambahkan 3 kolom baru, tekan tombol Shift saat kamu mengklik sel pada kolom yang ingin menjadi titik awal dan klik kanan pada sel terakhir, dan pilih Insert Column.
  • Menggunakan Ribbon Bar. Pilih beberapa sel dengan menekan tombol Shift dan kemudian klik Layout di bagian atas Ribbon Bar. Setelah itu, pilih jumlah baris dan kolom yang ingin kamu tambahkan.

2. Bagaimana jika saya ingin menghapus baris/kolom yang ada?

    Tidak sulit untuk menghapus baris atau kolom. Cukup ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Pilih sel di kolom atau baris yang ingin kamu hapus.
  2. Klik kanan pada sel tersebut dan pilih Delete Column atau Delete Row.

    Kamu juga bisa menggunakan tombol Delete pada keyboard kamu untuk menghapus kolom atau baris yang ditandai sebelumnya. Jadi, jangan takut untuk bereksperimen dengan tabel di Microsoft Wordmu!

Video Tutorial: Cara Menambah Kolom dan Baris di Tabel Word

    Untuk lebih memudahkan kamu dalam memahami cara menambah kolom dan baris di tabel Word, berikut saya telah menambahkan video tutorial yang dapat kamu saksikan dan ikuti langkah-langkahnya.

Kesimpulan

    Itulah cara menambah dan menghapus kolom serta baris di tabel Word. Dengan mengatur tabel di dokumenmu dengan benar, kamu dapat menjadikan informasi yang akan kamu sampaikan lebih terstruktur dan mudah dipahami. Jangan takut untuk bereksperimen dengan tabel di Microsoft Wordmu dan cobalah untuk mengatur tabellu seefektif mungkin dengan berbagai konfigurasi yang tersedia. Semoga panduan ini bermanfaat bagi kamu yang ingin memulai kegiatan penulisan di Microsoft Word.

Baca Juga :  CARA BLOKIR DATA DI EXCEL