CARA MEMULIHKAN FILE EXCEL YANG CORUPT

Cara Memulihkan File Yang Hilang Di Excel dan Word

File yang hilang bisa menjadi mimpi buruk bagi siapa saja yang belum sempat menyimpan file tetapi ternyata file tersebut tiba-tiba terhapus atau hilang. Jangan khawatir! Banyak cara yang dapat Anda gunakan untuk memulihkan file yang hilang di Excel dan Word.

Langkah untuk Memulihkan File Di Excel dan Word

Jangan panik ketika file yang Anda inginkan hilang. Ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk memulihkan file tersebut. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk memulihkan file di Excel dan Word:

1. Mencari File Yang Hilang Di Recycle Bin

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari file yang hilang di Recycle Bin. Buka Recycle Bin dan cari file yang hendak Anda kembalikan dengan cara klik kanan pada file Eksel or Word yang telah terhapus dan pilih opsi Restore. File tersebut akan dikembalikan ke lokasi asal nya sebelum dihapus.

2. Gunakan AutoRecover Pada Excel dan Word

AutoRecover adalah fitur default dari Microsoft Excel dan Word. Setiap beberapa menit, AutoRecover akan menyimpan file yang sedang Anda kerjakan, ini memungkinkan Anda untuk memulihkan file meskipun file tersebut tidak disimpan sebelum Anda kehilangan data tersebut.

Untuk menggunakan AutoRecover pada Excel dan Word, ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1:

Buka Excel atau Word dan buka dokumen yang hilang. Pada bagian atas bar menu, pilih “File” dan pilih opsi “Options”. Panduan opsi akan muncul.

Langkah 2:

Pada Panduan Opsi, klik opsi “Save”. Di sini Anda dapat memastikan fitur AutoRecover diaktifkan dan juga menetapkan frekuensi penyimpanan data.

Langkah 3:

Setelah Anda menyimpan pengaturan di “Options”, Anda dapat melihat lokasi penyimpanan AutoRecover. Untuk mencari file AutoRecover, buka dokumen Excel atau Word yang hilang dan tekan CTRL + S pada keyboard Anda. Anda akan melihat file di folder AutoRecover. Cari file yang tertinggal lalu buka pada Excel atau Word.

Frequently Asked Questions

1. Apa yang harus dilakukan jika file yang hilang tidak ada di Recycle Bin?

Jika file yang hilang tidak ada di Recycle Bin, Anda dapat menggunakan fitur “Undelete” dari beberapa software recovery file seperti Recuva, EaseUS Data Recovery Wizard dan Photorec.

2. Apakah ada cara untuk mencegah hilangnya file di Excel dan Word?

Ya, dengan melakukan penyimpanan secara berkala serta mengaktifkan fitur AutoSave pada Excel dan Word. AutoSave akan otomatis menyimpan data setiap beberapa menit, jika terjadi hal yang tak diinginkan, Anda masih dapat memulihkan data tersebut.

Video Tutorial

Cara Memulihkan File yang Belum Disimpan Di Excel

Ada saat ketika Anda bekerja dengan file Excel dan tetapi belum sempat menyimpan file tersebut, sementara Anda melakukan penyesuaian pada rumus dan data lainnya. Lalu ternyata terjadi sesuatu seperti listrik padam atau komputer crash tiba-tiba. Ketika komputer atau aplikasi Excel dijalankan kembali, file Excel yang belum sempat disimpan tidak muncul. Jangan khawatir, berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk memulihkan file Excel yang belum disimpan.

Pasti Jangan Panik

Hilang File? Jangan langsung panik. Ada langkah yang dapat Anda lakukan untuk memulihkan file tersebut.

Baca Juga :  Cara Membuat Rangking Di Excel 2007

1. Memeriksa Folder Autosave

Seperti yang diketahui sebelumnya, Excel memiliki fitur AutoSave yang secara default diaktifkan, setiap beberapa menit program akan secara otomatis menyimpan dokumen yang telah dikerjakan. Jadi, Excel mungkin telah menyimpan file di folder Autosave.

Untuk menemukan file Excel yang belum disimpan, cukup ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1:

Buka Excel dan klik Tab File di bagian atas program, pilih Info. Anda akan melihat opsi “Manage Workbook” di sebelah kanan. Klik opsi tersebut, dan pilih “Recover Unsaved Workbooks” di daftar opsi drop-down.

Langkah 2:

Buka folder Autosave Excels di PC Anda. Pada dasarnya, folder Autosave Excel biasanya disimpan di tempat di mana file Excel semula disimpan. Jadi, Anda mungkin harus mencari folder di beberapa lokasi.

Langkah 3:

Sekarang, Anda akan melihat berbagai macam file Excel yang lebih rendah di mana masing-masing terkait dengan pekerjaan yang belum selesai sebelum dimatikan.

2. Periksa Temp Folder

Jika tidak ada file di folder Autosave, langkah selanjutnya adalah memeriksa folder temp. Ketika Excel dengan tiba-tiba berhenti atau terjadi gangguan lain pada komputer Anda, program mungkin memindahkan bukaan terakhir dari lembar kerja Excel ke folder temp.

Untuk menemukan file Excel yang belum disimpan di folder temp, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

Langkah 1:

Buka Excel dan klik File. Pilih opsi Info adalah dokumen yang menghilang. Klik Manage Workbook dan pilih menu Recover Unsaved Workbooks.

Langkah 2:

Klik tombol Browse di Manage Workbook untuk membuka folder temp. Cari file yang Anda inginkan, kemudian buka file Excel.

3. Gunakan Software Recovery Data

Jika dua langkah di atas tidak berhasil memulihkan file Excel yang belum disimpan, Anda dapat menggunakan software recovery data seperti Rescuepro Deluxe, Recuva atau Remo Recover untuk memulihkan file yang hilang.

Frequently Asked Questions

1. Bagaimana cara mengaktifkan fitur AutoSave di Excel?

Untuk mengaktifkan fitur AutoSave di Excel, ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1:

Buka Excel dan klik File> Options> Save.

Langkah 2:

Pada pane Options, centang opsi Save AutoRecover pada interval waktu tertentu. Lalu, sesuaikan ke waktu yang Anda inginkan.

2. Apakah ada kemungkinan file Excel yang belum disimpan tidak bisa ditemukan di folder Autosave atau temp folder?

Iya. Ada kemungkinan bahwa file Excel yang belum disimpan tidak dapat ditemukan atau dipulihkan. Karenanya, disarankan untuk membackup file secara berkala.

Video Tutorial