CARA MEMPROTEKSI FILE EXCEL 2016 AGAR TIDAK BISA DIEDIT

Memproteksi file adalah hal yang penting dalam dunia digital. Terutama jika file yang kita buat mengandung informasi sensitif atau rahasia. Namun, kadang kala kita ingin memproteksi file tersebut agar tidak bisa diedit oleh orang lain. Hal ini dapat berguna jika file tersebut merupakan karya kita yang ingin dijaga hak ciptanya atau jika file tersebut mengandung informasi penting yang tidak seharusnya diubah. Berikut adalah beberapa cara untuk memproteksi file agar tidak bisa diedit.

Cara Memproteksi File Excel Agar Tidak Bisa Diedit

CARA MEMPROTEKSI FILE EXCEL 2016 AGAR TIDAK BISA DIEDIT

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memproteksi file Excel agar tidak bisa diedit. Berikut adalah beberapa cara tersebut.

Pertama-tama, buka file Excel yang ingin Anda proteksi dan klik pada tab “Review” di bagian atas.

Selanjutnya, klik pada tombol “Protect Workbook” di bagian sebelah kanan.

Pilih “Protect Current Sheet” untuk memproteksi lembar kerja saat ini atau “Protect Workbook Structure” untuk memproteksi struktur lembar kerja.

Selanjutnya, Anda dapat memilih apakah ingin memproteksi sel, objek, atau laci untuk mencegah penggunaan fungsi tertentu pada lembar kerja.

Terakhir, buatlah kata sandi untuk memproteksi file Excel agar tidak bisa diedit. Pastikan Anda mengingat kata sandi tersebut karena Anda harus memasukkannya setiap kali ingin membuka file tersebut.

Cara Mengunci Ppt Agar Tidak Bisa Diedit

Cara Mengunci Ppt Agar Tidak Bisa Diedit

Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengunci file PowerPoint agar tidak bisa diedit.

Pertama-tama, buka file PowerPoint yang ingin dikunci dan klik pada tab “Review” di bagian atas.

Selanjutnya, klik pada tombol “Protect Presentation” di bagian sebelah kanan.

Pilih “Mark As Final” untuk membuat presentasi Anda hanya bisa dibuka sebagai presentasi yang sudah jadi dan tidak bisa diedit.

Jika Anda ingin memberikan akses kepada orang lain dengan level hanya membaca, pilih “Restrict Access” dan atur sesuai keinginan Anda.

Terakhir, klik pada tombol “Set Password” untuk menambahkan kata sandi yang diperlukan untuk membuka file tersebut. Pastikan kata sandi yang Anda buat cukup sulit agar file tersebut benar-benar tidak dapat diakses oleh orang lain.

Cara Memproteksi File Microsoft Excel Tidak bisa Dibuka,DiEdit, Copy

Cara Memproteksi File Microsoft Excel Tidak bisa Dibuka,DiEdit, Copy

Berikut adalah beberapa cara memproteksi file Microsoft Excel agar tidak bisa dibuka, diedit, atau dicopy.

Pertama-tama, buka file Excel yang ingin Anda proteksi dan klik pada tab “Review” di bagian atas.

Selanjutnya, klik pada tombol “Protect Workbook” dan pilih “Encrypt with Password”.

Masukkan kata sandi yang kuat untuk file Excel Anda dan pastikan Anda mengingatnya dengan baik.

Selanjutnya, pilih “Protect Current Sheet” untuk memproteksi lembar kerja saat ini atau “Protect Workbook Structure” untuk memproteksi struktur lembar kerja.

Anda juga dapat memilih yang “None” pada pilihan “Allow all users of this worksheet to” untuk membantu memproteksi lembar kerja Anda dari manipulasi.

Terakhir, klik “OK” untuk menyimpan pengaturan proteksi Anda.

Mengunci-File-Excel-Agar-Tidak-Bisa-Diedit

Jika Anda ingin mengunci file Excel agar tidak bisa diedit, ikuti langkah-langkah berikut:

Buka file Excel yang ingin di proteksi dan klik pada tab “Review” di bagian atas.

Selanjutnya, klik pada tombol “Protect Workbook” dan pilih “Protect Current Sheet”.

Masukkan kata sandi yang kuat, dan pastikan Anda mengingatnya dengan baik. Jangan lupa untuk mengatur beberapa opsi proteksi seperti memblokir pengguna untuk mengedit, menambah atau menghapus sel, menghapus lembar kerja, atau mengekspor data.

Baca Juga :  Bagaimana Membuat Simbol Di Excel

Terakhir, klik “OK” untuk menyimpan pengaturan proteksi Anda.

FAQ

1. Apa yang harus dilakukan jika saya lupa kata sandi untuk file Excel saya yang sudah diproteksi?

Jika Anda lupa kata sandi untuk file Excel Anda yang sudah diproteksi, ada beberapa metode yang dapat dilakukan. Salah satu metode yang paling umum adalah menggunakan perangkat lunak recovery kata sandi, seperti Passper Excel Password Recovery. Perangkat lunak ini dapat membantu Anda memulihkan kata sandi excel Anda yang hilang.

2. Apakah masih mungkin untuk membypass proteksi pada file Excel?

Meskipun mengunci dan memproteksi file Excel adalah cara terbaik untuk mencegah orang lain agar tidak mengedit filenya, tetapi masih ada beberapa cara untuk membypass proteksi tersebut. Salah satu cara yang umum dilakukan adalah dengan menggunakan software tertentu yang dapat membantu membuka proteksi tersebut. Oleh karena itu, penting untuk memilih kata sandi yang kuat dan sulit ditebak, sehingga orang lain tidak dapat membuka proteksi pada file Anda dengan mudah.

Video Penjelasan

Secara keseluruhan, mengunci dan memproteksi file Excel dan PowerPoint Anda adalah hal yang penting untuk menjaga informasi rahasia Anda dari orang lain yang berusaha mencurinya. Dengan memproteksi file-file Anda, Anda dapat merasa lebih aman dan tenang karena file Anda benar-benar terlindungi. Namun, tidak ada jaminan bahwa proteksi 100% terjamin, jadi pastikan Anda memilih kata sandi yang kuat dan tidak membagikannya dengan orang lain. Sebisa mungkin gunakan juga beberapa metode pengamanan tambahan seperti mengunci komputer atau perangkat Anda dengan kata sandi dan menghindari membuka file Anda di perangkat yang berbeda-beda. Sehingga file Anda benar-benar aman dan terlindungi.