Cara Memperhalus Data Di Excel

Cara Mengurutkan Data di Excel dengan Mudah dan Cepat

Saat bekerja dengan data di Excel, seringkali kita perlu mengurutkan data sesuai dengan kategori tertentu seperti nama, tanggal, dan lain-lain. Namun, jika ingin melakukan ini secara manual, bisa sangat memakan waktu dan merepotkan. Oleh karena itu, pada kesempatan ini saya akan berbagi cara mengurutkan data di Excel dengan cepat dan mudah.

Langkah 1: Pilih Data yang Ingin Diurutkan
Yang pertama, tentunya kita harus memilih data yang ingin diurutkan. Untuk memilih data tersebut, klik pada salah satu sel di dalam data, kemudian tekan Ctrl + Shift + Tombol Panah Bawah. Hal ini akan membuat Excel memilih seluruh data secara otomatis, dari sel yang dipilih hingga ke bawah sampai data habis.

Langkah 2: Gunakan Fitur Sort
Setelah memilih data, langkah selanjutnya adalah menggunakan fitur Sort yang ada di Excel. Anda bisa menemukan fitur ini di bagian Home, lalu di grup Editing. Klik Sort & Filter, dan pilih opsi Custom Sort.

Langkah 3: Tentukan Kategori untuk Diurutkan
Di jendela Custom Sort yang muncul, Anda akan melihat beberapa opsi pengaturan. Pada bagian Sort By, pilih kolom yang ingin diurutkan. Misalnya, jika ingin mengurutkan data berdasarkan abjad, maka pilih kolom yang berisi huruf. Jika ingin mengurutkan data berdasarkan tanggal, maka pilih kolom yang berisi tanggal.

Langkah 4: Tentukan Urutan Pengurutan
Setelah memilih kolom yang ingin diurutkan, langkah selanjutnya adalah menetapkan urutan pengurutan. Anda bisa memilih apakah ingin mengurutkan secara Ascending (A-Z atau 1-10), atau Descending (Z-A atau 10-1).

Langkah Terakhir: Klik Tombol OK
Setelah menentukan kategori dan urutan pengurutan, klik tombol OK untuk mengurutkan data secara otomatis. Anda akan melihat data dalam urutan yang Anda inginkan.

Baca Juga :  CARA MENGEMBALIKAN FILE EXCEL YANG KORUP AGAR BISA DIBUKA

Itulah cara mudah dan cepat mengurutkan data di Excel. Namun, tak hanya itu saja, masih ada cara mengurutkan data di Excel lain yang bisa Anda terapkan jika ingin mengurutkan data yang lebih kompleks sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut adalah beberapa cara lainnya.

Cara Mengurutkan Data Menggunakan Filter
Pada Excel, Anda juga bisa menggunakan fitur Filter untuk mengurutkan data. Filter ini berguna ketika Anda ingin memilih data dengan kondisi tertentu, seperti mencari data-data berdasarkan rentang tanggal tertentu. Cara menggunakannya cukup mudah, yaitu dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Langkah 1: Pilih Data yang Ingin Diurutkan
Seperti pada cara sebelumnya, pilih data yang ingin diurutkan.

Langkah 2: Buka Menu Filter
Setelah memilih data, buka menu Filter dengan klik pada tombol Filter yang ada di bagian Home, lalu grup Editing.

Langkah 3: Tentukan Filter yang Ingin Dipakai
Setelah muncul menu Filter, pilih opsi Number Filters jika ingin menggunakan kondisi bilangan, atau Date Filter jika ingin menggunakan kondisi tanggal. Kemudian, pilih opsi yang ingin digunakan (misalnya, Greater Than atau Less Than untuk kondisi bilangan), lalu tentukan angka atau tanggal yang ingin dicari.

Langkah 4: Terapkan Filter
Setelah menentukan opsi dan kriteria pencarian, klik tombol OK. Anda akan melihat data yang memenuhi kriteria tersebut ditampilkan pada excel dengan pengurutan data.

Cara Mengurutkan Data Menggunakan Macro
Jika Anda ingin mengurutkan data yang lebih kompleks dengan lebih cepat, Anda bisa menggunakan macro. Macro ini akan membuat Excel mengurutkan data secara otomatis sesuai dengan skrip yang Anda buat. Berikut adalah cara membuat macro untuk mengurutkan data di Excel.

Langkah 1: Buka VBA Editor
Pertama, buka VBA Editor dengan menekan Alt + F11.

Baca Juga :  CARA MEMBUAT TULISAN TERBALIK DI EXCEL

Langkah 2: Buat Macro Baru
Setelah masuk ke VBA Editor, buat macro baru dengan klik File > New > Macro.

Langkah 3: Tulis Script Macro
Di jendela kode, ketik script berikut ini untuk mengurutkan data berdasarkan abjad.

Sub SortTable()
‘ Membuat Variabel
Dim LastColumn As Integer
Dim LastRow As Long
‘ Menentukan Batas Akhir Kolom dan Baris
LastColumn = ActiveSheet.Cells(1, Columns.Count).End(xlToLeft).Column
LastRow = ActiveSheet.Cells(Rows.Count, “A”).End(xlUp).Row
‘ Melakukan Pengurutan Data
Range(Cells(1, 1), Cells(LastRow, LastColumn)).Sort Key1:=Range(Cells(1, 1), Cells(1, LastColumn)), _
Order1:=xlAscending, Header:=xlYes
End Sub

Script ini akan mengurutkan data di seluruh worksheet berdasarkan abjad. Jika ingin mengurutkan data berdasarkan kolom lain, Anda bisa mengubah bagian ‘Cells(1, 1)’ di script dengan sel yang ingin diurutkan.

Langkah 4: Jalankan Macro
Setelah membuat script macro, jalankan macro tersebut dengan menekan F5 atau dengan mengklik Macro > Run. Anda akan melihat data di worksheet diurutkan sesuai dengan skrip yang Anda buat.

FAQ

Q: Apakah ada batasan jumlah data yang bisa diurutkan di Excel?
A: Tidak ada batasan jumlah data yang bisa diurutkan di Excel. Namun, semakin banyak data, semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk mengurutkan data tersebut.

Q: Bisakah Excel mengurutkan data secara otomatis?
A: Ya, Excel bisa mengurutkan data secara otomatis dengan menggunakan fitur Sort. Anda bisa menemukan fitur ini di bagian Home, lalu di grup Editing. Klik Sort & Filter, dan pilih opsi Custom Sort.

Video Tutorial: Cara Mengurutkan Data di Excel – Tutorial Excel

Untuk memperjelas cara mengurutkan data di Excel, silakan tonton video tutorial berikut ini yang saya temukan di YouTube.

[Embed video dari: https://www.youtube.com/watch?v=bsyhPGBXX-A]
Baca Juga :  CARA AGAR TULISAN DI EXCEL TIDAK MEMANJANG

Itulah beberapa cara mudah dan cepat untuk mengurutkan data di Excel. Dengan mengikuti panduan dan cara-cara di atas, Anda akan lebih mudah dan cepat dalam melakukan pengurutan data di Excel. Jadi, selamat mencoba!