CARA MEMISAHKAN FILE DI EXCEL DENGAN RUMUS

Memisahkan file PDF, memisahkan nama di Excel, dan memisahkan isi sel di Excel semuanya memiliki satu kesamaan: memisahkan yang tadinya satu menjadi beberapa bagian. Namun, memisahkan ini bisa jadi sangat merepotkan jika dilakukan secara manual satu per satu. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dijelaskan beberapa cara memisahkan file PDF, nama di Excel, dan isi sel di Excel secara cepat dan mudah.

Memisahkan File PDF

Ada beberapa alasan mengapa seseorang perlu memisahkan file PDF. Misalnya, ketika hendak mengunggah file yang ukurannya terlalu besar, atau ketika ingin membagikan bagian-bagian tertentu dari file tersebut kepada orang lain. Berikut ini adalah beberapa cara memisahkan file PDF:

membawa Acrobat DC

Adobe Acrobat DC memiliki fitur untuk memisahkan file PDF secara mudah dan cepat. Caranya adalah:

  1. Buka file PDF yang ingin dipisahkan.
  2. Klik Tools lalu pilih Organize Pages.
  3. Klik Split.
  4. Pilih cara memisahkan yang diinginkan, apakah berdasarkan jumlah halaman atau berdasarkan topik.
  5. Klik Output Options untuk menyesuaikan bagaimana hasil akhirnya akan disimpan.
  6. Klik OK.
  7. Klik Split.

Setelah itu, file PDF akan terpisah sesuai dengan cara yang dipilih.

Pdfsplit.com

Jika tidak memiliki Adobe Acrobat DC, ada juga cara memisahkan file PDF secara online melalui situs pdfsplit.com. Caranya adalah:

  1. Buka situs pdfsplit.com.
  2. Dapatkan file PDF yang ingin dipisahkan.
  3. Dapatkan file PDF yang ingin dipisahkan.
  4. Pilih file PDF yang ingin dipisahkan lalu klik upload.
  5. Select the way in which you want to split the PDF.
  6. Click Split PDF.
  7. Download the split PDF files.
Baca Juga :  CARA MEMBUAT FORMAT NILAI DI EXCEL

Setelah itu, zip dengan file yang diinginkan akan terunduh secara otomatis.

Memisahkan Nama di Excel

Memisahkan nama di Excel diperlukan ketika data yang dimiliki masih berupa satu kolom dengan nama depan, tengah, dan belakang yang tercampur. Memisahkan nama ini dilakukan agar lebih mudah untuk melakukan analisis pada data yang dimiliki, seperti mengklasifikasikan data berdasarkan nama depan atau belakang. Berikut ini adalah beberapa cara memisahkan nama di Excel:

Memisahkan Berdasarkan Spasi

Jika nama depan, tengah, dan belakang dalam satu kolom di Excel dipisahkan menggunakan spasi, maka nama tersebut dapat dengan mudah dipisahkan menjadi kolom yang berbeda-beda menggunakan fitur Text to Columns. Caranya adalah:

  1. Pilih kolom yang ingin dipisahkan.
  2. Klik Data lalu pilih Text to Columns.
  3. Pilih Delimited,
  4. Klik Next.
  5. Ceklis Space dan Other apabila nama dapat dipisahkan dengan karakter selain spasi.
  6. Mengatur format kolom output.
  7. Klik Finish.

Setelah itu, nama depan, tengah, dan belakang akan terpisah menjadi tiga kolom yang berbeda.

Memisahkan Berdasarkan Fungsi Excel

Untuk memisahkan nama di Excel yang mempunyai jumlah spasi yang berbeda-beda, atau nama yang tidak terstruktur, dapat menggunakan rumus LEFT dan RIGTH. Caranya adalah:

  1. Masukkan rumus berikut di kolom kosong:
    =LEFT(A2,FIND(” “,A2)-1)
    Keterangan: A2 adalah nama yang ingin dipisahkan dan titik-koma menunjukkan spasi.
  2. Cel dengan rumus diklik lalu disalin ke sel yang diinginkan.
  3. Kolom dimasukkan untuk Nama Pertama, Kolom paling selatan dimasukkan untuk Nama Terakhir.

Setelah itu, nama akan terpisah menjadi beberapa kolom yang berbeda.

Memisahkan Isi Sel di Excel

Memisahkan isi sel di Excel dibutuhkan ketika terdapat dua informasi yang disimpan dalam satu sel atau kolom tetapi harus dipisahkan agar dapat diolah pada awalnya. Berikut adalah beberapa cara untuk memisahkan isi sel di Excel:

Baca Juga :  CARA INTERPOLASI DATA DENGAN EXCEL

Memisahkan dengan Tanda Batas

Memisahkan data yang terdapat dalam satu sel dapat dilakukan dengan menambahkan tanda batas pada data tersebut, seperti tanda koma atau titik koma, sebagai pengganti pemisah data. Caranya adalah:

  1. Pilih cell yang ingin dipisahkan.
  2. Klik Data lalu pilih Text to Columns.
  3. Pilih Batas
  4. Masukkan batas yang digunakan untuk memisahkan data, seperti tanda koma atau titik koma
  5. Klik Next.
  6. Mengatur format kolom output.
  7. Klik Finish.

Setelah itu, data akan dipisahkan menjadi beberapa kolom yang berbeda.

Memisahkan dengan Fungsi Excel

Memisahkan isi sel dengan fungsi excel dapat dilakukan dengan menggunakan rumus Right, Left, dan Mid. Caranya adalah:

  1. Masukkan rumus berikut di kolom untuk kolom baru:
    =(MID(A2,FIND(“?”,A2, FIND(“?”,A2)+1)+1 , 100))
    Keterangan: A2 adalah nama sel input, ‘?’, nombor sebagai pengganti pemisah data di mana keperluan.
  2. Cel dengan rumus diklik lalu disalin ke sel yang diinginkan.
  3. Kolom dimasukkan untuk Nama Pertama, Kolom paling selatan dimasukkan untuk Nama Terakhir

Setelah itu, data akan terpisah menjadi beberapa kolom yang berbeda.

FAQ

Bagaimana cara memisahkan satu sel menjadi beberapa kolom di Excel?

Anda dapat menggunakan fitur Text to Columns yang tersedia di Excel. Caranya adalah:

  1. Pilih cell yang ingin dipisahkan.
  2. Klik Data lalu pilih Text to Columns.
  3. Pilih Delimited jika data terdapat dalam satu kolom.
  4. Pilih Fixed Width jika data terdapat dalam beberapa kolom tapi melekat satu sama lain
  5. Ketik karakter, seperti koma atau titik koma, yang digunakan untuk memisahkan data.
  6. Mengatur format kolom output.
  7. Klik Finish.

Apakah ada cara memisahkan file PDF tanpa menggunakan software berbayar?

File PDF juga dapat dipisahkan tanpa menggunakan Adobe Acrobat DC atau software berbayar lainnya. Ada banyak cara untuk melakukan itu, salah satunya adalah dengan menggunakan situs online seperti yang disebutkan sebelumnya, seperti pdfsplit.com. Anda juga dapat mencari daftar lainnya dari situs online alternatif untuk memecah file PDF secara gratis atau menggunakan beberapa kode programming seperti Python untuk memecah file.

Baca Juga :  cara membuat kombo bertingkat pada excel 2007 Cara membuat kombo bertingkat pada excel 2007 – hongkoong

Video Tutorial

Berikut ini adalah video tutorial cara memisahkan file PDF, nama di Excel, dan isi sel di Excel: