CARA MEMINDAHKAN DATA DI WORD KE EXCEL

Pilar Artikel: Cara Memindahkan Tabel Excel, JPG, dan Data Word ke File yang Lain dengan Mudah

Mungkin Anda pernah mengalami kesulitan ketika ingin memindahkan tabel Excel, JPG, atau bahkan data Word ke dalam file yang berbeda. Terkadang, ketika kita memindahkan tabel atau data tersebut, tampilan yang semula terlihat rapi dan teratur justru menjadi berantakan dan sulit dibaca.

Namun, jangan khawatir! Ada beberapa tips dan trik yang bisa Anda lakukan untuk memindahkan tabel dan data tersebut dengan mudah dan tidak menyebabkan masalah pada format tampilannya. Di artikel ini, kami akan membahas berbagai cara agar Anda dapat memindahkan tabel Excel, JPG, dan data Word dengan mudah ke dalam file yang berbeda dan tetap mempertahankan format yang rapi.

Cara Memindahkan Tabel Excel ke Word Agar Tidak Terpotong
Tabel Excel mungkin sudah menjadi bagian penting dari pekerjaan Anda. Namun, ketika Anda ingin memindahkannya ke dalam dokumen Word, terkadang tabel terpotong atau bahkan keseluruhan tabel tidak bisa di-copy. Bagaimana cara mengatasinya? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Copy-Paste dengan Bantuan “Paste Special”
Jika Anda melakukan copy-paste tabel Excel ke dalam dokumen Word secara langsung, kemungkinan besar akan terjadi masalah pada format tabel. Oleh karena itu, gunakan tombol “Paste Special” dengan cara seperti berikut ini.

– Pertama, buka file excel yang ingin di-copy isi tablenya.
– Pilih seluruh data atau tabel yang ingin Anda copy.
– Tekan tombol Ctrl + C pada keyboard untuk men-copy data.
– Buka file Word kosong atau file Word dengan dokumen yang ingin Anda sertakan tabel di dalamnya.
– Tempatkan kursor pada posisi Anda ingin menyisipkan tabel.
– Klik kanan pada mouse untuk memunculkan pilihan.
– Pilih “Paste Special” kemudian muncullah pop-up “Paste Special”.
– Pilih “Microsoft Excel Worksheet Object” pada menu “Paste” dan “Paste Link” pada pilihan “As”.
– Klik Ok.

Dengan cara ini, data di Excel akan ter-copy secara utuh ke dalam dokumen Word Anda. Setiap kali Anda membuat perubahan pada dokumen Excel, otomatis tabel di Word akan ter-update secara otomatis.

2. Convert Tabel Excel ke Tabel Word
Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengubah tabel Excel menjadi tabel Word. Bagaimana cara melakukannya? Berikut adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti.

– Buka file excel yang ingin di-copy isi tablenya.
– Pilih seluruh data atau tabel yang ingin Anda copy.
– Tekan tombol Ctrl + C pada keyboard untuk men-copy data.
– Buka file Word kosong atau file Word dengan dokumen yang ingin Anda sertakan tabel di dalamnya.
– Tempatkan kursor pada posisi Anda ingin menyisipkan tabel.
– Pilih tab “Insert” pada bagian atas halaman Word, lalu klik “Table” dan “Convert Text to Table.”
– Ketikkan jumlah kolom dan baris sesuai dengan data tabel dari Excel.
– Setelah itu, klik Ok.

Dengan cara ini, tabel di Excel akan terkonversi menjadi tabel Word dan semuanya terlihat memiliki format yang rapi.

Tips untuk Memastikan Tabel Tetap Rapi Ketika Dapat Diubah
Tidak hanya memindahkan tabel ke dalam dokumen Word yang sulit, seringkali kita juga mengalami masalah ketika kita ingin mengedit atau mengisi kembali tabel tersebut di dalam dokumen Word. Berikut beberapa tips untuk memastikan bahwa tabel tetap rapi ketika di-edit atau diisi kembali.

– Gunakan “Gridlines”: Agar tabel terlihat rapi, atau untuk memudahkan pengisian kembali tabel yang sama, gunakan fitur “Gridlines” yang tersedia di aplikasi Excel. Anda hanya perlu mengaktifkan opsi “Gridlines” di menu “Page Layout”. Hal ini berguna agar kamu bisa melihat garis-batas atau batas-batas setiap isi tabel.
– Gunakan “AutoFit”: Jika Anda memiliki teks yang panjang, atau kolom tabel menjadi lebih lebar atau tidak muat saat di-copy ke dokumen Word, gunakan tombol “AutoFit” di Excel untuk mencocokkan lebar kolom dengan teks yang ada. Caranya hanya dengan memilih kolom yang ingin Anda sesuaikan, lalu klik dua kali garis batas yang muncul pada salah satu bagian ujung kolom di tabel Excel.
– Gunakan “Resize” dan “Wrap Text”: Untuk membuat tabel terlihat lebih baik di dokumen Word, Anda bisa menggunakan opsi “Resize” untuk meregangkan atau merapatkan kolom dan baris tabel. Kemudian, gunakan opsi “Wrap Text” untuk mengatur tampilan tekst yang panjang menjadi lebih rapi di dalam satu kolom.

Cara Memindahkan JPG ke PDF
Selain tabel Excel, kita seringkali disandingkan dengan berbagai jenis data seperti gambar JPG. Bagaimana cara memindahkan gambar tersebut ke dalam file PDF? Berikut adalah cara yang mudah dan cepat.

1. Memindahkan JPG ke PDF melalui “Microsoft Print to PDF”
– Buka gambar JPG yang ingin dijadikan PDF melalui aplikasi foto.
– Pilih “Print” atau “CTRL + P” untuk menampilkan opsi print.
– Pada opsi printer, pilih “Microsoft Print to PDF”.
– Klik “Print” dan simpan file dengan format PDF.

Baca Juga :  CARA EDIT DATA VALIDATION DI EXCEL

2. Menggunakan perangkat lunak pihak ketiga
– Unduh aplikasi pengonversi gambar ke PDF seperti Nitro Pro atau Adobe Acrobat.
– Buka aplikasi dan pilih gambar JPG yang ingin Anda ubah ke dalam format PDF.
– Pilih tindakan “Save as PDF” atau “Convert to PDF”.
– Arsip PDF akan tersimpan di tempat yang sama dengan asli file JPG tersebut.

Tips untuk Meningkatkan Kualitas Gambar PDF
Jika gambar pada PDF tidak tampak jelas atau kurang terang, mungkin terdapat beberapa faktor yang memengaruhi. Berikut adalah tips untuk meningkatkan kualitas gambar PDF.

– Menentukan Resolusi: Pastikan resolusi file JPG yang ingin diubah menjadi PDF cukup besar, minimal 300 DPI (dots per inch) untuk membantu gambar tampak jelas saat diatur ke dalam dokumen PDF. Resolusi yang lebih rendah dapat menghasilkan gambar yang tampak pecah atau kabur.
– Memilih opsi “High Quality”: Saat membuat PDF dari aplikasi, pastikan untuk memilih opsi “High Quality”. Biasanya, fitur ini akan secara otomatis disertakan pada tombol “Save as PDF atau Export to PDF” yang tersedia pada aplikasi seperti Microsoft Office, dengan nilai resolusi default 300 DPI.
– Mengimpor file foto ke Acobat penuh: Jika PDF asli yang ingin Anda ubah kualitas fotonya sudah di-generate oleh Adobe Acrobat, Anda dapat mengimpor file JPG langsung ke Acrobat untuk meningkatkan kualitasnya. Caranya pilih “File” kemudian “Create PDF” dan pilih foto Anda untuk di-conver ke PDF.
– Menetapkan background putih: Biru kusam atau warna latar belakang lain dapat memengaruhi bagaimana warna terlihat pada gambar tersebut terlihat. Pastikan untuk menetapkan latar belakang putih terlebih dahulu untuk mendaping kualitas gambar.

Cara Memindahkan Data Word ke Excel
Terakhir, kita akan membahas cara memindahkan data dari dokumen Word ke dalam lembar kerja Excel. Berikut adalah bantuan langkah-langkahnya.

1. Memindahkan Isi Dokumen Word ke Excel
– Buka dokumen Word yang ingin di-copy isi data-nya.
– Tandai semua data yang ingin Anda copy.
– Pilih ‘Copy’ dari menu dropdown yang terletak di sebelah bagian kiri atas program.
– Buka dokumen Excel.
– Pada lembar kerja Excel, pilih sel tempat Anda ingin menambahkan data.
– Pilih opsi ‘Paste’ dari menu dropdown yang terletak di sebelah kiri atas program. Pilih ‘Match Destination Formatting’ agar terlihat sama pada dokumen asal.

2. Menggunakan “Mail Merge”
“Mail Merge” adalah fitur yang tersedia pada aplikasi Microsoft Office yang memungkinkan kita untuk memindahkan data dari dokumen Word ke dalam lembar kerja Excel. Fitur ini berguna ketika kita ingin memindahkan data dengan jumlah besar, tapi berbeda-beda jenis data di dalam setiap sel.

– Buka dokumen Word yang berisi data yang ingin di-copy ke dalam lembar kerja Excel.
– Pilih ‘Tools’ pada menu dropdown, lalu klik ‘Mail Merge’.
– Pilih ‘Create New’ pada bagian ‘Mail Merge’.
– Tentukan sumber dokumen, dalam hal ini dokumen Word yang ingin di-copy datanya.
– Buat dokumen Excel kosong untuk memindahkan data dari dokumen Word.
– Seleksi data yang diinginkan pada dokumen Word dan klik ‘Add’ pada bagian kanan bawah.
– Pastikan format data sesuai dengan tipe data pada dokumen Excel.
– Lakukan simulasi “Mail Merge” sesuai dengan kebutuhan dan konversi data pada lembar Excel.

Tips untuk Memindahkan Data Word ke Excel
Agar proses memindahkan data Word ke Excel lebih mudah dan efisien, berikut beberapa tips yang dapat dilakukan.

– Gunakan “Table”: Saat memiliki data yang begitu besar dan kompleks dalam dokumen Word, ada baiknya mengatur data tersebut menjadi tabel. Untuk membuatnya, klik “Table” pada menu dropdown dokumen Word, lalu pilih “Insert Table”. Kemudian, pilih ukuran table, kolom dan baris yang sesuai.
– Memastikan kesesuaian format: Pastikan format data pada dokumen Word dan Excel sesuai dengan kebutuhan. Sehingga Anda dapat dengan mudah memperbaiki data ketika diperlukan di lembar kerja Excel.
– Gunakan “Copy-Paste”: Gunakan “copy-paste” d statemen ini bersama cara lain yang telah disebutkan untuk membuat proses copy data dari Word ke Excel lebih cepat, mudah, dan efisien.
– Menggunakan OCR jika diperlukan: OCR (Optical Character Recognition) adalah salah satu solusi jika Anda ingin memindahkan data dari gambar atau dokumen yang tidak terstruktur dan kemudian meletakkan data tersebut pada Microsoft Excel.

FAQ

1. Apa yang dimaksud dengan “Gridlines” pada tabel Excel?
Jawab: “Gridlines” adalah garis-garis yang muncul pada tabel Excel sebagai panduan ketika mengatur isi tabel. Saat gridlines di-aktifkan, Anda akan melihat garis-garis tipis pada setiap baris dan kolom di dalam tabel. Opsi tersebut berguna untuk memudahkan dan memperjelas posisi tiap kolom dan baris pada tabel Excel.

Baca Juga :  CARA MEMBUAT FILTER PILIHAN DI EXCEL

2. Apa saja aplikasi pengonversi gambar JPG ke PDF yang dapat digunakan?
Jawab: Ada beberapa aplikasi pengonversi gambar JPG ke PDF yang bisa digunakan, antara lain Nitro Pro dan Adobe Acrobat. Pilih aplikasi yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.