CARA MEMINDAHKAN DATA DARI EXCEL KE SPSS

Cara Memindahkan Data Antar Software seperti Excel, Word, dan Google Form

Cara Memindahkan Word Ke Excel

CARA MEMINDAHKAN DATA DARI EXCEL KE SPSS

Bagi para pekerja kantoran atau mahasiswa, Microsoft Word dan Excel merupakan dua software yang sering digunakan sehari-hari. Pada beberapa kesempatan, kita dihadapkan pada tugas untuk memindahkan data dari Word ke Excel atau sebaliknya. Berikut adalah beberapa langkah yang bisa diikuti:

  1. Buka program Word atau Excel yang ingin Anda gunakan. Buka dokumen atau file yang ingin dipindahkan datanya.
  2. Pilih sel (cel) yang ingin di-copy. Caranya, arahkan kursor pada sel yang ingin di-copy, lalu pilih dengan meng-klik pada sel tersebut.
  3. Tekan tombol Ctrl + C untuk menyalin sel yang dipilih.
  4. Buka program Excel atau Word yang ingin Anda tuju sebagai tempat penerima data. Buka file yang ingin diisi dengan data dari file terdahulu.
  5. Pilih sel (cel) yang ingin diisi dengan data yang dicopy sebelumnya. Tekan tombol Ctrl + V untuk meletakkan data yang sudah dicopy.
  6. Setelah itu, Anda bisa mengedit atau memformat data sesuai kebutuhan.

Cara Memindahkan File Dari Excel Ke Word

cara memindahkan file dari excel ke word

Bagi banyak orang, Excel memang menjadi salah satu software yang penting karena banyak digunakan untuk proses analisis seperti menghitung, menyimpan, dan mencari nilai rata-rata dalam sebuah angka atau data. Namun, dalam beberapa kasus mungkin kita perlu memindahkan data dari software Excel ke Word, misalnya untuk membuat laporan. Berikut adalah beberapa langkah yang bisa diikuti:

  1. Pilih sel, kolom, atau baris yang ingin di-copy. Caranya, arahkan kursor pada sel, kolom, atau baris yang ingin di-copy, lalu seleksi dengan meng-klik pada sel, kolom, atau baris tersebut.
  2. Tekan tombol Ctrl + C untuk menyalin data yang dipilih.
  3. Buka toolbar paste special dengan cara klik pada tombol paste di toolbar atau tekan tombol Ctrl + Alt + V
  4. Pilih format atau option hasil paste yang diinginkan. Misalnya, Anda bisa memilih option ‘keep formatting’ jika ingin mempertahankan format data dari Excel ke Word.
  5. Meletakkan data yang sudah dicopy pada dokumen Word. Pilih posisi pada dokumen Word yang diinginkan, lalu tekan tombol Ctrl + V untuk meletakkan data yang sudah dicopy.
  6. Setelah itu, Anda bisa mengedit atau memformat data sesuai kebutuhan.
Baca Juga :  CARA MEMPERBAIKI FILE EXCEL 2013 EROR

Cara Memindahkan Data Dari Excel Ke Google Form

cara memindahkan data dari excel ke Google form

Google Form adalah salah satu tools yang telah banyak dipakai, baik oleh kalangan organisasi, institusi, bisnis dan lain-lain. Dalam membuat Google Form, biasanya kita menyertakan kolom pertanyaan yang akan diisi oleh seseorang sebagai responden. Sebelum itu, kita perlu memahami bagaimana cara memindahkan data menggunakan Excel atau Google Sheets ke Google Form. Berikut adalah beberapa langkah yang bisa diikuti:

  1. Pertama-tama, buat file Excel atau Google Sheets yang berisi data yang akan dijadikan pertanyaan pada Google Form.
  2. Cari add-on bernama ‘formifier’ pada menu add-ons Google Sheets lalu install. ‘Formifier’ adalah satu tambahan tool ke Google Sheets, yang mana bisa membuat form Google begitu mudah
  3. Buka lembar kerja pada Google Sheets. Selanjutnya, pilih kolom yang ingin ditransfer ke Google Form.
  4. Klik tombol ‘formifier’ pada toolbar lalu pilih ‘new form’. Langkah ini membuat Google Forms yang baru dengan pertanyaan dari lembar kerja yang sudah dipilih.
  5. Atur tata letak atau format dari form yang sudah dibuat sesuai keinginan. Misalnya, Anda bisa menambahkan gambar, video, dan komponen lain sesuai keinginan.
  6. Salah satu fitur menarik dari Google Form adalah kemampuannya untuk dapat disuntikkan kode atau link agar bisa diakses oleh orang lain yang sudah dimintai untuk mengisi form. Setelah form selesai diatur, Anda bisa menyebarkan link tersebut ke responden yang diinginkan.

Cara Mengcopy Dari Excel Ke Word

cara memindahkan isi Excel ke Word

Mengcopy data dari Excel ke Word atau sebaliknya, mungkin sudah sering dilakukan oleh banyak pengguna kedua software ini. Dalam melakukan copy-paste ini, kita perlu memperhatikan format dan tampilan yang terlihat agar bisa terlihat sesuai dengan keinginan kita. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pilih sel atau kolom yang ingin di-copy pada lembar kerja di Microsoft Excel, lalu tekan tombol Ctrl + C untuk menyalin data yang dipilih.
  2. Buka dokumen Microsoft Word yang diinginkan. Pilih posisi pada dokumen Word yang akan diisi dengan data yang sudah dicopy. Tekan tombol Ctrl + V untuk meletakkan data Excel ke Word sesuai dengan tata letak dokumen.
  3. Jika Anda ingin menyalin grafik atau gambar dari Excel ke Word, cukup klik pada gambar atau grafik tersebut, lalu tekan tombol Ctrl + C untuk menyalinnya. Setelah itu, ikuti langkah pada baris kedua untuk meletakkan data tersebut pada dokumen Microsoft Word.
  4. Setelah data dicopy, biasanya format dan penampilannya terlihat berbeda jika dibandingkan pada format excel atau word. Sebagai solusinya, pilih format contoh ‘keep text only’ pada toolbox yang mongingkan agar tampilan data sama dengan sebelumnya di excel atau word.
Baca Juga :  CARA IMPORT DATA DARI EXCEL KE DBF

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Bagaimana Cara Memindahkan Data Sheet Excel ke Google Sheets?

Untuk memindahkan data membutuhkan beberapa langkah berikut :

  1. Pertama, buka dokumen excel dan pilih sheet yang ingin Anda pindahkan datanya ke Google Sheets.
  2. Sebelumnya tambahkan Google Sheets ke Google Drive Anda dan pilih ‘new sheet’.
  3. Selanjutnya, Anda masuk ke file Excel dan klik tab ‘File’ di bagian atas layar Anda, dan klik ‘Download as’ di bawahnya.
  4. Anda kemudian akan melihat sejumlah pilihan untuk format penanganan data excel, dan Google Sheets tidak bisa mengambil langsung dari file Excel. Maka pilih ‘Microsoft Excel’ dan pilih file yang anda download dari Excel tadi.
  5. Jika Anda sudah berada di Google Sheets, sekarang saatnya untuk mengunggah file excel tadi ke Google Sheets. Caranya, klik ikon ‘Open’ di bagian kanan atas layar, dan pilih ‘Upload’.
  6. Setelah itu, pilih file excel yang telah Anda download sebelumnya, maka Google Sheets akan otomatis mengimport file serta seluruh data di dalamnya.

2. Bagaimana Cara Memindahkan Penomoran Otomatis Dari Data Excel Ke Word?

Ketika Anda memindahkan data Excel ke dokumen word, penomoran sering kali berubah. Berikut adalah cara untuk memindahkan penomoran otomatis dari excel ke Word:

  1. Buka Microsoft Excel dan buka lembar kerja yang mengandung nomor yang ingin Anda pindahkan.
  2. Pilih sel (cel) yang mengandung nomor, lalu tekan tombol Ctrl + C untuk menyalin.
  3. Buka dokumen Microsoft Word yang ingin Anda gunakan untuk tempat akhir tujuan penomoran.
  4. Pilih posisi penyisipan nomor di Microsoft Word. Klik tombol toolbar ‘Paste Special’ di bagian ‘Clipboard’ di toolbar atas dan pilih menu ‘Picture’. Dengan cara ini, database Excel akan ditempel dalam bentuk gambar di Word. Namun, perhatikan bahwa nomor tidak dapat diedit kembali setelah direplikasi ke dokumen Microsoft Word.
Baca Juga :  CARA INPUT DATA GPX KE EXCEL

Include Video Youtube

Berikut adalah video tutorial tentang cara memindahkan data dari Excel ke Word:

Berikut adalah video tutorial tentang cara membuat Google Form: