CARA MEMBUAT TULISAN KAPITAL SEMUA DI EXCEL

Belajar Excel memang tidak mudah, terutama jika Anda masih pemula. Salah satu hal yang sering menjadi kendala adalah cara membuat huruf kapital di Excel dengan mudah dan cepat. Namun, jangan khawatir, karena dengan beberapa trik sederhana, Anda bisa membuat huruf kapital dengan mudah. Berikut adalah cara-cara membuat huruf kapital di Excel dengan otomatis tanpa rumus.

Membuat Huruf Kapital di Excel dengan Otomatis Tanpa Rumus

Jika Anda ingin membuat huruf kapital di Excel, Anda tidak harus menekan tombol caps lock untuk mengubah huruf menjadi huruf kapital satu per satu. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat huruf kapital di Excel dengan otomatis tanpa rumus. Berikut adalah beberapa caranya:

1. Mengubah Huruf Kecil Menjadi Huruf Kapital Secara Otomatis

Anda bisa membuat huruf kecil menjadi huruf kapital secara otomatis dengan fitur “UPPER” di Excel. Caranya sangat mudah. Anda cukup mengetikkan huruf kecil yang ingin diubah menjadi huruf kapital, lalu gunakan fitur “UPPER”. Anda bisa mengaktifkan fitur “UPPER” dengan mengetikkan formula “=UPPER(NAMA_CELL)”. Kemudian, tekan enter untuk mengaktifkan fitur tersebut. Sekarang, huruf kecil di dalam sel tersebut akan secara otomatis berubah menjadi huruf kapital.

CARA MEMBUAT TULISAN KAPITAL SEMUA DI EXCEL

Menggunakan fitur “UPPER” ini sangat berguna bagi Anda yang harus mengubah banyak huruf kecil menjadi huruf kapital. Anda tidak perlu lagi mengubah satu per satu huruf kecil menjadi huruf kapital secara manual. Dengan fitur “UPPER” ini, Anda bisa mengubah seluruh huruf kecil menjadi huruf kapital dengan cepat dan mudah.

2. Mengaktifkan Fitur “CAPS LOCK”

Salah satu cara paling mudah untuk membuat huruf kapital di Excel adalah dengan mengaktifkan fitur “CAPS LOCK”. Fitur ini akan mengubah seluruh huruf menjadi huruf kapital ketika huruf tersebut diketik. Anda tidak perlu menekan tombol “Shift” ketika mengetikkan huruf. Caranya sangat mudah, Anda cukup menekan tombol “Caps Lock” pada keyboard. Kemudian, setiap huruf yang Anda ketikkan di Excel akan menjadi huruf kapital.

Mengaktifkan Fitur CAPS LOCK

Aktifkan fitur “CAPS LOCK” ini jika Anda ingin mengetikkan seluruh huruf di Excel menjadi huruf kapital. Namun, pastikan Anda tidak lupa menonaktifkan fitur tersebut setelah selesai mengetik, karena hal ini dapat mengganggu dokumen Excel yang sedang Anda kerjakan.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa itu Fitur “UPPER” di Excel?

Fitur “UPPER” di Excel adalah fitur yang digunakan untuk mengubah huruf kecil menjadi huruf kapital secara otomatis. Anda bisa mengaktifkan fitur “UPPER” dengan mengetikkan formula “=UPPER(NAMA_CELL)”. Fitur ini sangat berguna jika Anda harus mengubah banyak huruf kecil menjadi huruf kapital.

2. Apa itu Fitur “CAPS LOCK” dan Cara Mengaktifkannya di Keyboard?

Fitur “CAPS LOCK” adalah fitur pada keyboard yang digunakan untuk mengubah seluruh huruf menjadi huruf kapital ketika huruf tersebut diketik. Anda bisa mengaktifkan fitur ini dengan menekan tombol “Caps Lock” pada keyboard Anda. Setelah selesai mengetik, pastikan Anda menonaktifkan fitur “CAPS LOCK” untuk menghindari gangguan pada dokumen Excel yang sedang Anda kerjakan.

Video Tutorial: Cara Membuat Huruf Kapital di Excel

Untuk lebih memudahkan Anda dalam membuat huruf kapital di Excel, berikut adalah video tutorial singkat yang bisa menjadi referensi bagi Anda. Video tutorial ini memberikan penjelasan yang lebih rinci tentang cara membuat huruf kapital di Excel dengan mudah dan cepat.

Baca Juga :  Cara Menghitung Pph 21 2016 File Excel

Kesimpulan

Membuat huruf kapital di Excel memang tidak terlalu sulit. Anda bisa menggunakan beberapa cara sederhana untuk membuat huruf kapital dengan mudah dan cepat. Salah satu cara yang bisa Anda gunakan adalah dengan mengaktifkan fitur “UPPER” di Excel untuk mengubah huruf kecil menjadi huruf kapital secara otomatis. Anda juga bisa mengaktifkan fitur “CAPS LOCK” pada keyboard untuk mengubah seluruh huruf yang diketikkan menjadi huruf kapital. Dengan menguasai cara membuat huruf kapital di Excel, Anda akan bisa menghemat waktu dan meningkatkan produktivitas saat bekerja dengan dokumen Excel.