Cara Membuat Ttd Di Excel

Cara membuat tanda tangan digital atau tempat tanda tangan di Excel maupun Word menjadi salah satu hal yang penting untuk dilakukan saat membuat dokumen. Dengan adanya tanda tangan digital, maka seseorang dapat memberikan validitas pada dokumen yang dibuat dan menunjukkan bahwa dokumen tersebut telah disetujui atau disetujui oleh pihak tertentu. Berikut ini akan dibahas beberapa cara untuk membuat tempat tanda tangan di Excel maupun Word dan penjelasan mengenai tanda tangan digital.

Cara Membuat Tempat Tanda Tangan di Excel

Berikut ini adalah tutorial mengenai cara membuat tempat tanda tangan di Excel:

  1. Buka Microsoft Excel dan buat lembar kerja yang ingin diberi tempat tanda tangan digital.
  2. Pada toolbar, klik tab “Insert” lalu pilih “Shapes”. Disana akan ada beberapa pilihan bentuk shape, ada pilih gambar bintang segitiga yang berada di pilihan grouped shapes.
  3. Setelah itu, buat sebuah kotak dengan menarik cursor menggunakan mouse.
  4. Kemudian, tambahkan teks seperti “Tanda Tangan” atau “Tanda Tangan Digital” pada kotak tersebut atau pada posisi yang dikehendaki.
  5. Pada toolbar, klik tab “File” lalu pilih “Option”. Kemudian, pada menu “Customize Ribbon” pastikan ada centang pada pilihan “Developer”. Centang opsi Show developer tab in the Ribbon.
  6. Kemudian, klik tab “Developer” pada toolbar. Di dalam tab tersebut, pilih “Insert” lalu pilih “ActiveX Control”. Disana akan ada beberapa opsi, pilih “Command Button” untuk membuat tombol. Jika sudah, tambahkan tombol tersebut pada lembar Excel anda.
  7. Setelah itu, klik kanan pada tombol tersebut lalu pilih “Properties”. Setelah itu, ubah nama tombol tersebut menjadi “Tanda Tangan” atau sesuai yang diinginkan untuk mempermudah penggunaan.
  8. Kemudian, klik tab “View” pada toolbar. Pada menu “Workbook Views”, pilih “Design Mode”. Setelah itu, klik kembali tombol Tanda Tangan anda yang sudah dibuat untuk memasukan kode VBA.
  9. Sekarang, klik tab “Developer” pada toolbar dan pilih “Visual Basic”. Kemudian, tambahkan kode berikut ini pada program tersebut:
  10. Sub Tanda_Tangan()
    ActiveWorkbook.Signatures.AddSignatureLine
    End Sub

  11. Setelah itu, klik tombol “Run” atau bisa juga menggunakan shortcut key “F5”. Jika berhasil akan muncul kotak dialog yang memberikan tanda tangan.
  12. Untuk menyimpan tanda tangan digital tersebut, klik kotak tanda tangan tersebut. Setelah itu akan muncul sebuah dialog box yang meminta untuk menyimpan tanda tangan tersebut pada file digital signature. Setelah itu, setiap kali anda membuka lembar Excel tersebut, akan muncul tanda tangan digital yang sudah disimpan sebelumnya.

Cara Membuat Tempat Tanda Tangan di Word

Berikut ini adalah tutorial mengenai cara membuat tempat tanda tangan di Word:

  1. Buka Microsoft Word dan buat dokumen baru. Pada dokument tersebut, tentukan posisi dimana tempat tanda tangan akan ditaruh.
  2. Jika ingin membuat tempat tanda tangan tetap aktif dan bergerak, gunakan menu Developer. Untuk mengaktifkannya, pastikan pada toolbar ada menu Developer. Jika tidak ada, buka menu customize ribbon pada menu file, pilih Developer pada menu choose commands from, kemudian pilih group “Main Tabs” lalu checklist Developer.
  3. Setelah itu, klik pada menu Developer dan pilih tombol “Legacy Tool”. Klik pada icon “Signatures”.
  4. Setelah itu, klik tombol “Add Signature Line”. Jangan lupa mengisi informasi seperti nama, judul, peran, dan sertifikasi jika diperlukan.
  5. Kemudian, simpan dokumen tersebut. Selanjutnya, ketika kita ingin menambahkan tanda tangan, pilih signature line yang telah kita buat sebelumnya.
  6. Kemudian, akan muncul dialog box yang berisi petunjuk cara menambahkan tanda tangan digital. Ikuti petunjuk tersebut dengan mengikuti instruksi yang muncul pada layar.
Baca Juga :  Cara Gampang Membuat Grafik Di Excel

Tanda Tangan Digital

Tanda tangan digital adalah bentuk tanda tangan yang menggunakan teknologi seperti kriptografi untuk membuktikan keaslian dan integralitas dokumen atau transaksi online. Tanda tangan digital ini telah diatur dalam Undang-undang Nomor 19 Tahun 2016 yang berisi mengenai tanda tangan elektronik secara umum. Dalam Undang-undang tersebut, dimungkinkan untuk melakukan tanda tangan elektronik yang diakui sebagai bukti sah pengesahan dokumen atau transaksi.

Selain itu, tanda tangan digital dapat digunakan di banyak platform, seperti surat elektronik, dokumen berharga elektronik, dokumen kontrak digital, dan banyak lagi. Tanda tangan digital sangat penting dalam menyederhanakan proses administrasi dan memberikan kemudahan dalam transaksi dan pengesahan dokumen. Oleh karena itu, banyak perusahaan dan organisasi yang mengadopsi tanda tangan digital sebagai bentuk pengesahan dokumen.

FAQ

Apa itu tanda tangan digital?

Tanda tangan digital adalah bentuk tanda tangan yang menggunakan teknologi seperti kriptografi untuk membuktikan keaslian dan integralitas dokumen atau transaksi online. Tanda tangan digital ini telah diatur dalam Undang-undang Nomor 19 Tahun 2016 yang berisi mengenai tanda tangan elektronik secara umum.

Apakah tanda tangan digital sah?

Ya, tanda tangan digital sah dan diakui secara hukum dalam Undang-undang Nomor 19 Tahun 2016. Tanda tangan digital digunakan untuk membuktikan keaslian dan integritas dokumen atau transaksi online.

Video Tutorial Cara Membuat Tempat Tanda Tangan di Excel