CARA MEMBUAT TABULASI DI EXCEL

Pembuatan Tabulasi Data Kuesioner dengan Excel

Pengumpulan data merupakan salah satu tahap yang penting dalam melakukan penelitian. Salah satu cara pengumpulan data yang populer adalah dengan menggunakan kuesioner. Setelah data terkumpul, tugas kita selanjutnya adalah mengolah data tersebut. Salah satu cara mengolah data kuesioner adalah dengan membuat tabulasi data kuesioner. Di dalam artikel ini, kita akan membahas cara membuat tabulasi data kuesioner dengan menggunakan Excel.

Apa itu Tabulasi Data Kuesioner?
Tabulasi data kuesioner memungkinkan kita untuk mengumpulkan dan menyajikan data berdasarkan kategori tertentu. Tabulasi data kuesioner digunakan untuk memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai data kuesioner yang telah kita kumpulkan. Dengan tabulasi data, kita dapat dengan mudah melihat seberapa sering sebuah jawaban muncul, serta membandingkan antara satu kategori dengan kategori yang lain.

Membuat Tabulasi Data dengan Excel
Excel merupakan salah satu tool yang populer digunakan dalam mengolah data, termasuk dalam pembuatan tabulasi data kuesioner. Berikut adalah langkah-langkah pembuatan tabulasi data kuesioner dengan menggunakan Excel.

Langkah 1: Import Data
Langkah pertama dalam membuat tabulasi data kuesioner adalah dengan mengimport data kuesioner ke dalam Excel. Data kuesioner biasanya disimpan dalam format Excel atau CSV. Cara import data Excel sangat mudah, caranya adalah sebagai berikut:
1. Buka Excel dan pilih tab “Data”
2. Pilih “From Text/CSV” dengan mengklik ikon “From Text/CSV”
3. Pilih file data kuesioner yang ingin diimport ke Excel
4. Sesuaikan pengaturan import sesuai dengan format data kuesioner
5. Setelah itu, klik “Load” untuk mengimport data ke dalam Excel

Langkah 2: Menyusun Data
Setelah data kuesioner berhasil diimport ke dalam Excel, langkah selanjutnya adalah menyusun data tersebut agar lebih mudah dimengerti. Untuk itu, kita perlu membuat tabel data yang terdiri dari kolom-kolom sesuai dengan kategori yang ingin disajikan. Contoh kolom-kolom yang biasa digunakan dalam tabulasi data kuesioner adalah sebagai berikut:
1. Nomor Responden: Kolom ini digunakan untuk menyimpan nomor identifikasi dari setiap responden.
2. Pertanyaan: Kolom ini digunakan untuk menyimpan pertanyaan yang diajukan pada kuesioner.
3. Kategori: Kolom ini digunakan untuk menyimpan kategori jawaban dari setiap pertanyaan.
4. Jawaban: Kolom ini digunakan untuk menyimpan jawaban dari setiap responden.

Langkah 3: Menghitung Frekuensi Jawaban
Setelah data terorganisir, selanjutnya kita perlu menghitung frekuensi jawaban dari masing-masing kategori. Cara menghitung frekuensi jawaban adalah sebagai berikut:
1. Seleksi kolom kategori
2. Klik kanan pada kolom kategori dan pilih “Sort Ascending”
3. Lakukan filter kolom kategori untuk memunculkan kategori yang berbeda
4. Hitung jumlah jawaban dari setiap kategori dengan menggunakan rumus COUNTIF. Contoh rumus COUNTIF untuk menghitung frekuensi jawaban pada kategori “Ya” adalah =COUNTIF(B2:B100,”Ya”)

Langkah 4: Membuat Tabel Frekuensi
Setelah menghitung frekuensi jawaban, langkah selanjutnya adalah membuat tabel frekuensi. Tabel frekuensi digunakan untuk menampilkan jumlah responden pada masing-masing kategori. Contoh tabel frekuensi adalah sebagai berikut:

| Kategori | Frekuensi |
|———-|———–|
| Ya | 25 |
| Tidak | 10 |

Tabel frekuensi ini dapat digunakan sebagai dasar dalam membuat visualisasi data kuesioner, seperti diagram batang atau diagram lingkaran.

Langkah 5: Analisis Data
Setelah data kuesioner terorganisir dan dikategorikan, langkah selanjutnya adalah melakukan analisis data. Dalam analisis data, kita dapat membandingkan antara satu kategori dengan kategori lainnya. Misalnya, jika ada pertanyaan pada kuesioner yang berkaitan dengan usia responden, kita dapat membandingkan jawaban antara responden berusia 20-29 tahun dengan responden berusia 30-39 tahun.

Baca Juga :  CARA BUAT PILIHAN TAMPILAN TANGGAL PADA EXCEL

FAQ:

Q: Mengapa perlu membuat tabulasi data kuesioner?
A: Tabulasi data kuesioner sangat penting dalam melakukan analisis data karena memungkinkan kita untuk mengumpulkan dan menyajikan data berdasarkan kategori tertentu.

Q: Apa tool yang digunakan untuk membuat tabulasi data kuesioner?
A: Excel merupakan salah satu tool yang populer digunakan dalam membuat tabulasi data kuesioner.

Berikut video tutorial mengenai cara membuat tabulasi data kuesioner dengan Excel:
[youtube AjbVRJjtF7w]

Kesimpulan
Membuat tabulasi data kuesioner merupakan salah satu cara yang efektif untuk mengorganisir data kuesioner dan memudahkan dalam melakukan analisis data. Dalam membuat tabulasi data kuesioner, langkah-langkah yang perlu diikuti meliputi import data, menyusun data, menghitung frekuensi jawaban, membuat tabel frekuensi, dan melakukan analisis data. Dalam menggunakan tool untuk membuat tabulasi data kuesioner, Excel merupakan salah satu tool yang populer digunakan karena dapat membantu dalam membuat tabel data dengan cepat dan mudah.