CARA MEMBUAT TABEL EXCEL KE WORD

Mungkin sebagian dari Anda pernah mengalami kesulitan saat ingin memasukkan tabel dari Microsoft Excel ke dalam dokumen Microsoft Word. Tidak jarang tabel tersebut malah menjadi berantakan dan sulit untuk diatur kembali. Oleh karena itu, kami telah menyusun beberapa tips dan trik untuk memudahkan Anda dalam memasukkan tabel Excel ke dalam dokumen Word. Simak ulasannya berikut ini.

Cara Memasukkan Tabel Microsoft Excel ke Microsoft Word

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memilih tabel yang akan dimasukkan ke dalam dokumen Word. Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka dokumen Word yang ingin diisi dengan tabel. Kemudian arahkan kursor ke tempat yang diinginkan untuk menempatkan tabel.
  2. Pilih menu Insert lalu pilih Table.
  3. Pilih opsi Excel Spreadsheet untuk memasukkan tabel Excel.
  4. Pilih file Excel yang berisi tabel yang ingin dimasukkan.
  5. Pilih tabel yang akan dimasukkan lalu klik Insert.
  6. Tabel Excel akan ditampilkan dalam dokumen Word. Anda dapat menyesuaikan layout tabel tersebut sesuai dengan keinginan Anda.

Cara Membuat Tabel Grafik di Excel

Microsoft Excel juga dapat digunakan untuk membuat grafik yang sangat bermanfaat untuk menganalisa data. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat grafik di Excel:

  1. Pilih data yang ingin dimasukkan ke dalam grafik.
  2. Pilih menu Insert lalu pilih jenis grafik yang diinginkan.
  3. Setelah memilih jenis grafik, Excel akan menampilkan grafik yang sudah jadi.
  4. Anda dapat menyesuaikan grafik tersebut sesuai dengan keinginan Anda, seperti mengubah warna, jenis grafik, dan label.
Baca Juga :  Cara Menghitung Mean Populasi Pada Excel

Cara Mengecilkan Tabel Excel di Word

Ketika Anda memasukkan tabel dari Excel ke Word, tabel tersebut mungkin akan terlalu besar dan tidak muat pada halaman Word. Berikut adalah tiga cara untuk mengecilkan tabel Excel di Word:

  1. Ubah lebar dan tinggi kolom dan baris pada tabel Excel. Dengan mengurangi ukuran kolom dan baris, Anda akan secara otomatis mengurangi ukuran tabel ketika Anda memasukkannya ke dalam dokumen Word.
  2. Pindah ke tab Layout dan pilih opsi AutoFit. Setelah itu, pilih opsi AutoFit Contents untuk menyesuaikan lebar kolom dan baris dengan isinya, atau pilih opsi AutoFit Window untuk menyesuaikan ukuran tabel agar cocok dengan halaman Word.
  3. Gunakan opsi Scale to Fit pada menu File Excel untuk menyesuaikan ukuran tabel sehingga cocok dengan halaman Word.

FAQ

1. Mengapa tabel Excel saya tidak dapat dimasukkan ke dalam dokumen Word dengan benar?

Hal ini dapat terjadi karena tabel Excel memiliki banyak format, formula, dan range yang dapat sulit dimodifikasi dalam dokumen Word. Oleh karena itu, sebaiknya sederhanakan tabel Anda dan buang elemen yang tidak diperlukan sebelum memasukkannya ke dalam dokumen Word.

2. Bagaimana cara membuat grafik yang menarik di Excel?

Cobalah eksperimen dengan jenis grafik dan warna. Anda dapat menyesuaikan warna latar belakang, warna label, dan warna data yang berbeda. Selain itu, jangan terlalu banyak menggunakan data dan jangan membuat grafik terlalu rumit. Kita ingin agar grafik membantu kita menginterpretasi data, bukan membuat kita bingung.