CARA MEMBUAT TABEL DI MICROSOFT EXCEL 2013

Pada era digital yang semakin berkembang saat ini, penggunaan program komputer menjadi sangat penting terutama dalam pengolahan data dan informasi. Salah satu program komputer yang sangat populer digunakan adalah Microsoft Excel. Microsoft Excel adalah program pengolah angka yang dibuat oleh Microsoft Corporation yang banyak digunakan dalam berbagai lini pekerjaan. Sifatnya yang mudah digunakan, fleksibel dalam membuat tabel, dan sistem kemampuan pengilangan data membuat program ini sangat populer dikalangan para profesional di dunia.

Namun, masih banyak orang yang belum sepenuhnya memahami bagaimana cara menggunakan Microsoft Excel. Membuat tabel misalnya, meskipun terlihat mudah, namun akan jauh lebih baik jika kita tahu cara mempercantik tabel agar lebih menarik dan memudahkan kita dalam membaca dan membuka data. Pada artikel kali ini, kita akan membahas cara membuat tabel di Microsoft Excel berwarna otomatis, sehingga kita dapat dengan cepat dan mudah memahami cara menggunakannya.

Cara Membuat Tabel di Excel Berwarna Otomatis

Sebelum memulai tutorial cara membuat tabel berwarna otomatis di Microsoft Excel, pastikan sudah ada data yang ingin diolah pada Excel. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat diikuti:

  1. Buka program Microsoft Excel, kemudian pilih tab Insert.
  2. Kemudian pilih opsi Table, dan pilih data yang ingin Anda buat tabel pada kolom tabel data. Pastikan untuk memilih data secara benar, termasuk header dan kolom penomoran.
  3. Pada pilihan Table Style Options, pilih opsi Total Row.
  4. Secara otomatis, baris paling bawah dari tabel yang Anda buat akan menjadi Total Row.
  5. Selanjutnya, sobat dapat mulai menambahkan warna pada tabel secara otomatis dengan menekan tombol Format as Table yang terletak pada bagian bawah Table Style Options.
  6. Kemudian, pilih salah satu pilihan warna yang telah disediakan.
  7. Dalam beberapa saat, maka tabel Anda akan berubah warna secara otomatis sesuai dengan yang dipilih pada opsi Format as Table.
Baca Juga :  CARA MAILING EXCEL KE WORD

Mudah bukan? Dengan melakukan hal tersebut, sobat dapat dengan mudah mempercantik tabel pada Microsoft Excel. Pembuatan tabel di Microsoft Excel memang sangat sederhana, namun dengan membuat tabel berwarna otomatis, sobat dapat mempermudah dalam membaca dan membuka tabel data yang telah dibuat.

Selain membuat tabel berwarna otomatis, Microsoft Excel juga menyediakan berbagai macam fitur dan kemampuan lain. Salah satunya adalah dengan cara cepat membuat tabel di Microsoft Excel agar lebih mudah dan efisien dalam mengolah data. Berikut adalah cara cepat pembuatan tabel di Excel:

Cara Cepat Membuat Tabel di Microsoft Excel

Dalam pembuatan tabel di Microsoft Excel, terkadang kita membutuhkan tabel dengan jumlah baris dan kolom yang lebih banyak. Untuk mempermudah dalam melakukan hal tersebut, berikut adalah cara cepat membuat tabel di Microsoft Excel:

  1. Buka program Microsoft Excel, kemudian pilih List pada Ribbon bar.
  2. Masukkan kolom-kolom dan baris-baris data pada kolom yang telah disediakan.
  3. Pada area List Tools, pilih opsi Create List.
  4. Secara otomatis, Anda akan diarahkan ke sebuah tabel yang telah terisi dengan data yang sebelumnya telah Anda masukkan. Pada tabel tersebut, Anda dapat mengatur ukurannya, menambahkan kolom dan baris data lainnya, dan memberikan format yang sesuai dengan kebutuhan.

Setelah memahami cara cepat membuat tabel di Microsoft Excel, sobat pun dapat membuat tabel dengan cepat dan efisien sesuai dengan kebutuhan. Tabel merupakan bagian penting dalam pengolahan data dan informasi, oleh karena itu menjadikan data terlihat lebih rapi dan mudah dibaca.

FAQ

Pertanyaan 1: Bagaimana cara menambahkan gambar pada tabel di Microsoft Excel?

Untuk menambahkan gambar pada tabel di Microsoft Excel, berikut adalah langkah-langkah yang dapat diikuti:

  1. Pada menu bar Excel, pilih tab Insert.
  2. Kemudian pilih opsi Picture.
  3. Pilih file gambar yang ingin ditambahkan pada tabel. Setelah itu, klik Insert.
  4. Pada tabel, klik pada sel di mana Anda ingin menambahkan gambar.
  5. Setelah itu, pilih opsi Picture, lalu pilih gambar yang ada di dalam Picture Library.
  6. Namun perlu diperhatikan bahwa, gambar yang telah ditambahkan ke dalam tabel tidak dapat diatur ukuran dan posisinya secara langsung.
  7. Untuk mengatur hal tersebut, sobat perlu menghapus gambar tersebut dan memasukkan ke dalam sel tertentu. Kemudian, pada bagian Picture Format tab sobat dapat mengatur ukuran serta posisi gambar tersebut.
Baca Juga :  BAGAIMANA CARA MENARIK DATA OTOMATIS SECARA HORIZONTAL DI EXCEL

Pertanyaan 2: Bagaimana cara menghitung nilai rata-rata pada tabel di Microsoft Excel?

Untuk menghitung nilai rata-rata pada tabel di Microsoft Excel, berikut adalah langkah-langkah yang dapat diikuti:

  1. Pada baris terakhir tabel, pada kolom yang ingin dihitung nilai rata-ratanya, tuliskan salah satu dari rumus di bawah ini dalam tanda kurung:
    • =AVG()
    • =AVERAGE()
  2. Kemudian, masukkan semua angka pada kolom tersebut yang ingin dihitung rata-ratanya di antara tanda kurung rumus tersebut, pembatasan di antara angka-angka tersebut menggunakan tanda koma ‘ , ‘.
  3. Setelah itu, tekan tombol enter pada keyboard, maka hasil penghitungan rata-rata akan terlihat di dalam kolom pada baris terakhir tabel yang sebelumnya telah dibuat.

Video Tutorial Pembuatan Tabel di Microsoft Excel

Berikut adalah video tutorial pembuatan tabel di Microsoft Excel yang dapat sobat lihat sebagai referensi untuk memudahkan dalam memahami langkah-langkah yang telah dibahas.

Conclusively, Microsoft Excel merupakan program pengolah angka yang sangat penting bagi pengguna komputer, terutama profesional. Program ini sangatlah mudah digunakan dan fleksibel dalam membuat tabel, serta memiliki sistem yang mampu mengolah data dengan efisien. Dalam mempercantik tabel pada Microsoft Excel, kita dapat melakukan cara membuat tabel berwarna otomatis yang sesuai dengan kebutuhan, serta dilengkapi dengan fitur dan kemampuan lain seperti cara cepat membuat tabel, menambahkan gambar pada tabel, dan menghitung nilai rata-rata pada tabel. Dengan panduan di atas, diharapkan dapat memudahkan pengguna Microsoft Excel dalam melakukan pekerjaannya dan meningkatkan produktifitas.