Cara Membuat Stempel Dari Excel

Jika Anda sering bekerja dengan dokumen dan berkutat dengan stempel, tentunya sudah tidak asing lagi dengan Microsoft Excel dan Word. Dalam aplikasi ini terdapat fitur untuk membuat stempel yang otomatis dan mudah digunakan. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan untuk cara membuat stempel di Microsoft Excel dan Word.

Cara Membuat Stempel Otomatis di Microsoft Excel

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan menyediakan dokumen Microsoft Excel yang akan digunakan sebagai stempel. Setelah itu, buat dokumen baru dan ikuti langkah-langkah ini:

  1. Pilih Insert pada menu bar, kemudian pilih Shapes
  2. Pilih bentuk yang Anda inginkan
  3. Tambahkan teks yang akan digunakan sebagai informasi penting pada stempel, seperti nama, posisi, dan nomor pegawai
  4. Klik kanan pada bentuk stempel, pilih Format Shape
  5. Pada Format Shape, pilih Fill, kemudian pilih solid colour
  6. Tentukan warna yang akan digunakan sebagai latar belakang stempel
  7. Klik OK

Jika sudah selesai, Anda dapat menambahkan gambar atau logo perusahaan pada stempel dengan menyisipkan gambar di dalam stempel.

Cara Membuat Stempel di Microsoft Word

Selain menggunakan Microsoft Excel, Anda juga dapat membuat stempel di Microsoft Word. Hal ini mudah dilakukan, hanya dengan mengikuti beberapa langkah berikut:

  1. Buka Microsoft Word
  2. Pilih page layout, kemudian insert shapes. Bentuk stempel harus diletakkan pada sebelah kiri dokumen
  3. Pilih bentuk yang diinginkan, kemudian ubah proporsi ukuran bentuk agar terlihat pas dan proporsional
  4. Add text dan informasi penting pada stempel. Anda dapat menambahkan logo atau gambar yang dipakai perusahaan dengan cara menyisipkan gambar di dalam stempel
  5. Warnai stempel dengan mengubah warna pada shapes. Anda dapat memilih warna yang sesuai dengan warna perusahaan atau sesuai dengan preferensi Anda
  6. Save stempel yang telah Anda buat, lalu masukkan ke dalam dokumen yang akan dicap. Kemudian, cetak dokumen dengan menggunakan stempel yang telah Anda buat

FAQ

1. Mengapa perlu membuat stempel?

Stempel adalah alat penting dalam dunia kerja, terutama untuk memberikan tanda atau cap di dokumen yang telah disahkan oleh perusahaan. Dengan menggunakan stempel, Anda dapat mempercepat proses cetak, yang tentunya memudahkan pekerjaan Anda.

2. Mengapa menggunakan Microsoft Excel dan Word untuk membuat stempel?

Microsoft Excel dan Word merupakan aplikasi pengolah kata dan angka yang sering digunakan dalam dunia kerja. Bagi perusahaan yang menggunakan Microsoft Office sebagai software kerja, membuat stempel di Microsoft Excel dan Word sangat mudah dan praktis, karena fitur-fitur yang ada dalam aplikasi tersebut sangat terintegrasi dan bisa digunakan bersama-sama.

Berikut adalah contoh video tutorial cara membuat stempel di Microsoft Excel:

Anda juga dapat melihat video tutorial cara membuat stempel di Microsoft Word:

Dengan melakukan hal-hal di atas, Anda dapat membuat stempel dengan mudah dan praktis. Selamat mencoba!

Baca Juga :  DOWNLOAD CARA MEMBUAT JADWAL PELAJARAN DENGAN EXCEL