Cara Membuat Statistik Excel

Statistik merupakan salah satu bidang yang sangat penting dalam dunia ilmu pengetahuan. Di bidang ini, kita dapat memperoleh informasi penting mengenai hal-hal yang terjadi di sekitar kita baik itu di bidang ekonomi, sosial, politik, dan lain sebagainya. Kita dapat mengetahui data-data seperti jumlah penduduk, tingkat penghasilan, pengeluaran masyarakat dan data-data lainnya.

Cara Membuat Data Statistik Golongan Gaji Pegawai di Excel

Cara Membuat Statistik Excel

Microsoft Excel merupakan salah satu software yang sangat populer digunakan dalam membuat grafik dan data statistik. Di sini, saya akan memberikan langkah-langkah untuk membuat data statistik golongan gaji pegawai di Microsoft Excel.

  1. Buka Microsoft Excel.
  2. Pada kolom A, tuliskan nama golongan gaji.
  3. Pada kolom B, tuliskan jumlah pegawai yang ada di setiap golongan gaji.
  4. Pada kolom C, tuliskan rata-rata gaji pegawai di setiap golongan.
  5. Pada kolom D, tuliskan total gaji pegawai di setiap golongan.
  6. Masukkan data pada setiap kolom yang telah dibuat.
  7. Klik pada kolom A1, lalu klik pada tombol “Insert” pada menu bar dan pilih “Column”. Pilih tipe grafik yang diinginkan.
  8. Secara otomatis, Excel akan membuat grafik berdasarkan data yang telah dimasukkan.

Cara Membuat Statistik Di Excel

Grafik Excel

Microsoft Excel juga dapat digunakan untuk membuat statistik dalam bentuk grafik. Di bawah ini merupakan cara membuat grafik di Excel.

  1. Buka Microsoft Excel.
  2. Isi data pada tabel.
  3. Pilih data pada tabel yang akan dibuat grafik.
  4. Pilih tombol “Insert” dan pilih jenis grafik yang diinginkan.
  5. Grafik akan otomatis dibuat oleh Excel.

FAQ

1. Apa yang dimaksud dengan data statistik?

Data statistik merupakan data yang dihasilkan dari pengamatan pada suatu fenomena yang sesuai dengan kaidah-kaidah statistika. Data statistik biasanya dianalisa untuk mendapatkan informasi penting mengenai suatu fenomena. Data ini berupa angka dan dapat diolah menjadi grafik atau tabel yang memudahkan dalam membaca informasi yang tersedia.

2. Apa kegunaan dari grafik dalam statistik?

Grafik dalam statistik merupakan bentuk visualisasi dari data. Grafik memudahkan untuk membaca informasi dari data sehingga dapat memberikan gambaran yang jelas mengenai suatu fenomena. Dengan grafik, kita dapat melihat perbandingan antara data yang satu dengan lainnya, melihat perubahan dari waktu ke waktu, melihat trend yang terjadi, dan masih banyak lagi.

3. Bagaimana cara membuat grafik pada Excel?

Cara membuat grafik pada Excel sangat mudah. Pertama-tama, buka Microsoft Excel dan masukkan data pada tabel. Kemudian, pilih data pada tabel yang akan dibuat grafik, lalu pilih tombol “Insert” dan pilih jenis grafik yang diinginkan. Setelah itu, grafik akan otomatis dibuat oleh Excel.

4. Apakah Excel hanya dapat digunakan untuk membuat grafik saja?

Tidak. Excel dapat digunakan untuk membuat berbagai jenis data statistik seperti tabel, grafik, rumus-rumus matematika, dan lain-lain. Excel juga dapat digunakan untuk mengorganisir data sehingga memudahkan dalam membuat laporan atau presentasi yang berbasis data.

Baca Juga :  CARA MEMBUAT RENTANG NILAI DI EXCEL

5. Apa keuntungan dari menggunakan Excel dalam membuat data statistik?

Keuntungan menggunakan Excel dalam membuat data statistik adalah mudah digunakan dan memiliki fitur yang lengkap. Excel juga dapat memudahkan dalam mengorganisir data dan melakukan perhitungan matematika yang kompleks secara otomatis. Selain itu, Excel juga dapat menghasilkan grafik yang cantik dan mudah dipahami sehingga dapat meningkatkan kualitas presentasi.

Video Tutorial: Ms Excel – Membuat Laporan Daftar Nilai (Fungsi Statistik)