Cara Membuat Softwear Sederhana Dengan Menggunakan Ms Excel

Belajar membuat software sederhana dengan menggunakan Ms Excel merupakan salah satu hal yang bisa dilakukan oleh setiap orang yang ingin belajar tentang pemrograman dan teknologi. Dalam artikel ini, saya akan membahas cara membuat software sederhana dengan menggunakan Ms Excel, yang bisa diikuti oleh setiap orang dengan mudah.

Sebelum kita mulai, ada baiknya kita memahami konsep dasar tentang Ms Excel. Ms Excel adalah salah satu program Microsoft Office yang digunakan untuk melakukan perhitungan matematika, pembuatan grafik, dan lain sebagainya. Dalam pembuatan software sederhana dengan Ms Excel, kita akan menggunakan fitur makro yang ada di dalam Ms Excel.

Makro adalah sekelompok perintah program yang direkam sedemikian rupa sehingga dapat dieksekusi secara otomatis. Dalam pembuatan software sederhana, kita akan merekam serangkaian perintah yang akan dieksekusi oleh Ms Excel. Dengan membuat makro, kita dapat menghemat waktu dan mempermudah pembuatan software sederhana.

Langkah pertama adalah dengan membuka Ms Excel dan memilih menu Developer, klik Customize Ribbon, kemudian centang Developer pada bagian Main Tabs.

![Cara Membuat Softwear Sederhana Dengan Menggunakan Ms Excel](https://i2.wp.com/1.bp.blogspot.com/-sGyXrc4w4Og/UyF4bw5MZkI/AAAAAAAAAEE/DGpbG4aVbog/s640/jp6.jpg “Cara Membuat Softwear Sederhana Dengan Menggunakan Ms Excel”)

Setelah itu, klik tombol Record Macro untuk mulai merekam makro yang akan digunakan.

Kemudian, beri nama untuk makro yang akan kita buat dan pilih di dalam workbook yang ingin digunakan. Misalnya, kita beri nama “SoftwareSederhana” untuk makro dan kita pilih di dalam workbook yang baru saja kita buka.

![Cara Membuat Softwear Sederhana Dengan Menggunakan Ms Excel](https://i2.wp.com/i.ytimg.com/vi/_KqPlKm7wSs/maxresdefault.jpg “Cara Membuat Softwear Sederhana Dengan Menggunakan Ms Excel”)

Setelah itu, kita melakukan beberapa perintah yang ingin direkam sebagai bagian dari makro. Misalnya, dalam pembuatan software sederhana, kita ingin membuat kotak teks dan tombol untuk menghitung jumlah karakter dalam sebuah kalimat yang diinputkan oleh user.

Pertama-tama, kita akan membuat kotak teks tersebut. Kita klik tombol Insert dan pilih kotak teks. Kita buat kotak teks tersebut dengan memilih area yang diinginkan di dalam worksheet.

Setelah itu, kita akan membuat tombol untuk menghitung jumlah karakter tersebut. Kita klik tombol Insert dan pilih tombol. Kita buat tombol tersebut dengan memilih area yang diinginkan di dalam worksheet.

Setelah semua perintah selesai, kita klik tombol Stop Recording untuk menghentikan proses perekaman makro.

![Cara Membuat Softwear Sederhana Dengan Menggunakan Ms Excel](https://i2.wp.com/4.bp.blogspot.com/-mXxDcRQaf1Q/V9JtI894R3I/AAAAAAAAARs/XemDo1BntEEAq1M39HMUONBL3JuXYgixgCLcB/w1200-h630-p-k-no-nu/1.JPG “Cara Membuat Softwear Sederhana Dengan Menggunakan Ms Excel”)

Setelah itu, kita cek apakah makro yang kita rekam berhasil dengan melakukan pengujian. Kita klik tombol Run Macro dan pilih makro yang kita buat sebelumnya. Jika berhasil, kotak teks dan tombol akan muncul di dalam worksheet dan kita bisa mulai menghitung jumlah karakter yang diinginkan.

Selain dengan merekam makro, kita juga bisa membuat software sederhana dengan menggunakan VBA (Visual Basic for Applications). VBA adalah bahasa pemrograman yang digunakan di dalam Ms Excel untuk membuat makro dan program. Dengan menggunakan VBA, kita dapat menulis perintah kode secara manual untuk membuat program yang lebih kompleks.

Contoh program sederhana dengan VBA adalah program kalkulator. Kita bisa membuat program kalkulator dengan menggunakan VBA dan agar bisa digunakan, kita juga harus menambahkan tombol di dalam worksheet.

Berikut adalah kode program untuk membuat kalkulator sederhana dengan VBA:

“`
Private Sub CommandButton1_Click()
Dim angka1 As Double
Dim angka2 As Double
Dim hasil As Double

angka1 = TextBox1.Value
angka2 = TextBox2.Value

Select Case ComboBox1.Value
Case “+”
hasil = angka1 + angka2
TextBox3.Value = hasil
Case “-”
hasil = angka1 – angka2
TextBox3.Value = hasil
Case “*”
hasil = angka1 * angka2
TextBox3.Value = hasil
Case “/”
hasil = angka1 / angka2
TextBox3.Value = hasil
End Select
End Sub
“`

Baca Juga :  CARA MEMECAH FILE EXCEL DI WIN 7

Kode program di atas akan menerima input dari kotak teks dan combobox yang telah kita tambahkan sebelumnya. Kemudian, program akan melakukan perhitungan matematika dan menampilkan hasilnya di kotak teks yang telah kita tambahkan sebelumnya juga.

Setelah kode program tersebut telah selesai kita tulis, kita bisa menjalankannya dengan menekan tombol F5 atau memilih Run dari menu Developer.

Itulah beberapa cara untuk membuat software sederhana dengan menggunakan Ms Excel. Dengan menggunakan Ms Excel, kita bisa membuat program-program sederhana yang bermanfaat untuk keperluan sehari-hari. Selain itu, Ms Excel juga memiliki banyak fitur lain seperti pembuatan grafik, pivot table, dan lain sebagainya yang bisa digunakan untuk keperluan bisnis dan pekerjaan.

FAQ (Frequently Asked Questions)

Q: Apa itu Ms Excel?
A: Ms Excel adalah salah satu program Microsoft Office yang digunakan untuk melakukan perhitungan matematika, pembuatan grafik, dan lain sebagainya.

Q: Apa itu makro di dalam Ms Excel?
A: Makro adalah sekelompok perintah program yang direkam sedemikian rupa sehingga dapat dieksekusi secara otomatis. Dalam pembuatan software sederhana, kita akan merekam serangkaian perintah yang akan dieksekusi oleh Ms Excel.