CARA MEMBUAT RUNDOWN ACARA DI EXCEL

Melakukan sebuah acara tentunya akan membutuhkan sebuah rencana yang matang dan terperinci agar acara tersebut dapat berjalan dengan lancar dan sukses. Salah satu bagian penting dari rencana acara adalah membuat rundown acara. Rundown acara adalah daftar urutan kejadian yang akan terjadi dalam acara tersebut sehingga bisa menjadi panduan bagi pembawa acara, pengisi acara, dan panitia.

Cara Membuat Rundown Acara

Ada berbagai cara untuk membuat rundown acara, di antaranya adalah:

Cara Membuat Rundown Acara di Excel

Excel adalah salah satu program pengolah angka yang banyak digunakan untuk membuat rundown acara. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka program Microsoft Excel
  2. Buat tabel dengan kolom-kolom yang dibutuhkan, seperti waktu, kegiatan, pengisi/pembicara, dan keterangan tambahan.
  3. Isi tabel dengan detail kegiatan dan waktu yang akan dilaksanakan dalam acara.
  4. Atur urutan kegiatan sesuai dengan waktu yang dijadwalkan.
  5. Format tabel agar mudah dibaca dan mudah dipahami oleh pembaca.

Cara Membuat Rundown Acara di Word

Word juga bisa digunakan untuk membuat rundown acara, berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Buka program Microsoft Word
  2. Buat sebuah tabel dengan kolom-kolom yang dibutuhkan, seperti waktu, kegiatan, pengisi/pembicara, dan keterangan tambahan.
  3. Isi tabel dengan detail kegiatan dan waktu yang akan dilaksanakan dalam acara
  4. Atur urutan kegiatan sesuai dengan waktu yang dijadwalkan.
  5. Format tabel agar mudah dibaca dan mudah dipahami oleh pembaca.

Contoh Rundown Acara

Berikut ini adalah contoh rundown acara yang bisa digunakan sebagai referensi dalam membuat rundown acara:

Baca Juga :  CARA MENGEDIT FILE EXCEL DI ANDROID

Seminar Kewirausahaan

Waktu Kegiatan Pengisi/Pembicara Keterangan
08.00 – 08.30 Pendaftaran Peserta Panitia
08.30 – 09.00 Sambutan Pembukaan Ketua Panitia
09.00 – 10.00 Pemaparan Konsep Kewirausahaan Dr. Hadi Sukarno
10.00 – 10.30 Coffee Break
10.30 – 11.30 Cara Sukses Berbisnis Online Fadli Zon
11.30 – 12.30 Pembuatan Proposal Bisnis Irwan Setiawan
12.30 – 13.30 Doa dan Penutupan Ustadz Dedi Suhendar

Contoh Cara Membawakan Acara

Setelah membuat rundown acara, maka tahap selanjutnya adalah melaksanakan acara tersebut. Bagaimana cara membawakan acara dengan baik dan benar? Berikut contoh cara membawakan acara:

Seminar Kewirausahaan

Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat pagi, dan terima kasih atas kehadiran Anda semua di acara Seminar Kewirausahaan kali ini. Saya selaku pembawa acara akan menjadi moderator dalam acara ini.

Kita akan memulai acara ini dengan membaca doa bersama, mari doakan acara ini berjalan dengan lancar dan sukses.

Setelah itu, kita akan mendengarkan sambutan pembukaan dari Ketua Panitia, saudara Ahmad Zaki. Mari kita berikan tepuk tangan hangat untuk saudara Ahmad Zaki.

Setelah sambutan pembukaan selesai, kita akan langsung memasuki sesi pertama yaitu Pemaparan Konsep Kewirausahaan, yang akan disampaikan oleh Dr. Hadi Sukarno. Sesi ini akan berlangsung selama satu jam, dan akan diikuti dengan istirahat selama 30 menit. Selamat mendengarkan dan terima kasih.

FAQ

1. Apa itu rundown acara?

Rundown acara adalah daftar urutan kejadian yang akan terjadi dalam sebuah acara.

2. Mengapa penting membuat rundown acara?

Membuat rundown acara sangat penting karena bisa menjadi panduan bagi pembawa acara, pengisi acara, dan panitia sehingga acara bisa berjalan dengan lancar dan sukses.

Video YouTube

Berikut adalah video YouTube tentang cara membuat rundown acara di Excel:

Baca Juga :  Cara Menghitung Proxy Mean Testing Dengan Excel