Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat berbagai macam aplikasi atau program komputer hadir untuk memudahkan manusia dalam melakukan berbagai kegiatan sehari-hari. Salah satunya adalah Microsoft Excel, sebuah program spreadsheet yang sudah sangat populer di kalangan pengguna PC atau laptop di seluruh dunia.
Dalam penggunaannya, Microsoft Excel menyediakan berbagai macam fungsi dan rumus yang sangat membantu dalam melakukan perhitungan atau pengolahan data dengan cepat dan akurat. Salah satu rumus yang sering digunakan adalah rumus Excel Tanggal.
Cara Rumus Excel Tanggal Otomatis
Rumus Excel Tanggal Otomatis merupakan salah satu cara untuk membuat data tanggal otomatis dalam sebuah worksheet, dengan rumus ini, pengguna Excel tidak perlu lagi mengetik tanggal secara manual dalam worksheet, Excel akan membuatnya secara otomatis. Berikut cara membuat rumus Excel Tanggal Otomatis:
- Buka aplikasi Microsoft Excel di PC atau laptop Anda.
- Buat worksheet baru, kemudian buat kolom yang memuat data tanggal, misalnya pada kolom A1 sampai A30.
- Klik sel A1 (atau posisi sel yang diinginkan) kemudian masukkan rumus berikut: =TODAY()
- Tekan Enter, maka sel akan menampilkan tanggal hari ini secara otomatis
- Kemudian, klik sel A2 (atau posisi sel yang diinginkan), tekan tombol CTRL dan tombol titik (.), maka Excel akan menampilkan opsi “AutoFill” dengan pilihan format tanggal yang berbeda, pilih format yang sesuai dengan kebutuhan Anda, lalu tekan Enter.
- Selesai, Anda akan melihat sel A2 menampilkan data tanggal otomatis sesuai dengan format yang Anda pilih.
Demikianlah cara mudah membuat rumus Excel Tanggal Otomatis, dengan mengikuti langkah-langkah di atas, pengguna Excel dapat membuat tanggal otomatis dengan mudah dan cepat.
Cara Membuat Rumus Tanggal Excel Agustus
Selain rumus Excel Tanggal Otomatis, pengguna Excel juga dapat membuat rumus tanggal lainnya sesuai dengan kebutuhan. Salah satu rumus tanggal yang sering digunakan adalah rumus Excel Tanggal Agustus. Berikut adalah cara untuk membuat rumus Excel Tanggal Agustus:
- Buka aplikasi Microsoft Excel di PC atau laptop Anda.
- Buat worksheet baru, kemudian buat kolom yang memuat data tanggal, misalnya pada kolom A1 sampai A30.
- Di sel A1 (atau posisi sel yang diinginkan), masukkan tanggal pertama pada bulan Agustus, contohnya: 01/08/2021
- Klik sel A2 (atau posisi sel yang diinginkan), lalu masukkan rumus berikut: =A1+1
- Tekan Enter, maka sel A2 akan menampilkan tanggal yang eksak satu hari setelah tanggal pada sel A1.
- Untuk menampilkan tanggal di sel berikutnya, klik sel A3, lalu tarik ke bawah sampai sel yang diinginkan. Excel akan melakukan otomatisasi rumus, sehingga sel akan menampilkan data tanggal secara otomatis.
- Selesai, dengan rumus Excel Tanggal Agustus, pengguna Excel dapat menghasilkan data tanggal dengan cepat dan akurat.
Cara Membuat Tanggal Dan Hari Bahasa Indonesia Excel
Selain membuat rumus tanggal Otomatis dan Excel Tanggal Agustus, pengguna Excel juga dapat membuat rumus untuk menampilkan tanggal dan hari dalam bahasa Indonesia. Berikut adalah cara untuk membuat rumus Tanggal Dan Hari Bahasa Indonesia Excel:
- Buka aplikasi Microsoft Excel di PC atau laptop Anda.
- Buat worksheet baru, kemudian buat kolom yang memuat data tanggal, misalnya pada kolom A1 sampai A30.
- Klik sel A1 (atau posisi sel yang diinginkan) lalu masukkan rumus berikut: =TEXT(A1,”dd mmmm yyyy”)&” “&TEXT(A1,”dddd”)
- Tekan Enter, maka sel A1 akan menampilkan tanggal dan hari dalam bahasa Indonesia secara otomatis.
- Untuk menampilkan hasil pada sel berikutnya, klik sel A2, lalu tarik ke bawah sampai sel yang diinginkan. Excel akan melakukan otomatisasi rumus, sehingga sel akan menampilkan data tanggal dan hari secara otomatis.
- Selesai, dengan rumus Tanggal Dan Hari Bahasa Indonesia Excel, pengguna Excel dapat menghasilkan data tanggal dan hari dalam bahasa Indonesia dengan mudah dan cepat
Cara Otomatis membuat Tabel dan Rumus Mengolah Nilai pada Ms. Excel
Selain dapat membuat rumus tanggal dan hari dalam bahasa Indonesia, pengguna Excel juga dapat membuat tabel dan rumus mengolah nilai pada Ms. Excel dengan mudah. Berikut adalah cara untuk membuat tabel dan rumus di Excel:
- Buka aplikasi Microsoft Excel di PC atau laptop Anda.
- Buat worksheet baru, lalu buat tabel pada worksheet yang sudah dibuat dengan memasukkan nama kolom pada sel A1, B1, C1 dan seterusnya.
- Masukkan data pada setiap kolom, dapat digunakan fungsi seperti SUM atau AVERAGE untuk menjumlah atau menghitung rata-rata pada kolom yang berisi angka.
- Klik sel tempat hasil rumus akan dipaparkan, misalkan di sel A31, ketikkan rumus =SUM(A2:A30), maka hasil penjumlahan seluruh isi pada kolom A2 sampai A30 akan terlihat pada sel A31.
- Untuk otomatisasi rumus yang sama ke bawah, klik sel A31 dan drag ke sel lainnya seperti A32 dan seterusnya sehingga rumus akan otomatisasi ke bawah.
- Selesai, Anda akan memiliki tabel yang rapi dan dapat menganalisis data dengan lebih mudah dan cepat menggunakan rumus.
FAQ
1. Apa itu Microsoft Excel?
Microsoft Excel adalah program spreadsheet yang sangat populer di kalangan pengguna PC atau laptop di seluruh dunia. Dalam penggunaannya, Microsoft Excel menyediakan berbagai macam fungsi dan rumus yang sangat membantu dalam melakukan perhitungan atau pengolahan data dengan cepat dan akurat.
2. Apa saja rumus Excel yang sering digunakan?
Beberapa rumus Excel yang sering digunakan adalah rumus Excel SUM untuk menjumlahkan sel atau range sel tertentu, rumus Excel AVERAGE untuk menghitung rata-rata dari sekelompok angka, rumus Excel COUNTIF untuk menghitung jumlah sel dalam sebuah range yang memenuhi kriteria tertentu, rumus Excel VLOOKUP untuk mencari nilai dalam sebuah tabel dan lain sebagainya.