Cara Membuat Rumus Pengurangan Kelompok Otomatis Di Excel

Apakah Anda sering menggunakan Microsoft Excel? Jika ya, Anda pasti tahu betapa pentingnya menggunakan rumus-rumus di dalam Excel. Excel memiliki berbagai macam rumus yang dapat membantu dalam mempermudah pekerjaan. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa rumus Excel yang berguna dalam melakukan pengurangan.

Pengurangan Antar Kolom

Cara Membuat Rumus Pengurangan Kelompok Otomatis Di Excel

Pertama-tama, mari kita lihat rumus pengurangan antar kolom. Rumus ini sangat berguna ketika Anda ingin mengurangkan angka di antara dua kolom. Rumusnya sangat sederhana, yaitu:

=nomor1-nomor2

Di mana “nomor1” adalah nomor pertama yang ingin kita kurangkan, dan “nomor2” adalah nomor kedua yang ingin kita kurangkan dari nomor1. Berikut adalah contoh penggunaannya:

=A2-B2

Di sini, kita ingin mengurangkan nomor di antara kolom A dan B, sehingga kita menggunakan rumus ini. Hasilnya akan muncul di kolom C.

Pengurangan Pada Sel Tunggal

Pengurangan Pada Sel Tunggal

Selanjutnya, ada rumus pengurangan pada sel tunggal. Rumus ini berguna ketika Anda ingin mengurangkan satu nomor dari seluruh rentang sel. Rumusnya dapat ditulis sebagai berikut:

=nomor1-nomor2

Di mana “nomor1” adalah nomor yang ingin kita kurangkan, dan “nomor2” adalah seluruh rentang nomor di mana kita akan mengurangkan nomor1. Berikut adalah contoh penggunaannya:

=C2-$D$2

Di sini, kita ingin mengurangkan nomor di sel C2 oleh setiap rentang nomor di seluruh kolom D, sehingga kita menggunakan rumus ini. Hasilnya akan muncul di kolom E.

FAQ

Apa bedanya antara rumus pengurangan antar kolom dengan pengurangan pada sel tunggal?

Keduanya memiliki tujuan yang berbeda. Rumus pengurangan antar kolom digunakan ketika Anda ingin mengurangkan nomor di antara dua kolom tertentu. Sedangkan pengurangan pada sel tunggal digunakan ketika Anda ingin mengurangkan satu nomor dari seluruh rentang sel.

Apakah saya bisa menggunakan rumus pengurangan di sel-sel non-angka?

Tidak, Anda tidak bisa menggunakan rumus pengurangan di sel-sel yang bukan angka. Rumus pengurangan hanya dapat digunakan untuk mengurangkan angka-angka di dalam sel.

Baca Juga :  cara membuat link foto folder di excel Websiteteknologi.com_info dan tutorial aneka teknologi