Cara Membuat Rumus Otomatis Debet Kredit Di Excel

Excel adalah salah satu program yang paling populer di seluruh dunia untuk pengolahan data dan keuangan. Excel juga merupakan salah satu program yang paling sering digunakan dalam mengelola dana pribadi ataupun bisnis.

Bagaimana Cara Menggunakan Excel untuk Mengelola Keuangan?

Menggunakan Excel untuk mengelola keuangan cukup mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mulai mengelola keuangan dengan Excel:

1. Membuat Daftar Pendapatan

Langkah pertama untuk mengelola keuangan dengan Excel adalah dengan membuat daftar pendapatan. Hal ini bertujuan agar Anda dapat memantau secara teliti sumber dari pendapatan Anda. Pertama-tama, buatlah tabel yang berisi rincian pendapatan Anda. Kolom-kolom yang dapat dibuat antara lain tanggal, jenis penghasilan, sumber penghasilan, dan nilai pendapatan.

Cara Membuat Rumus Otomatis Debet Kredit Di Excel

Dalam contoh di atas, kita membuat sebuah tabel dengan tiga kolom: tanggal, jenis penghasilan, dan total pendapatan. Tabel ini akan memberikan gambaran umum tentang sumber pendapatan Anda pada setiap tanggal di bulan tertentu.

2. Membuat Daftar Pengeluaran

Selain membuat daftar pendapatan, Anda juga perlu membuat daftar pengeluaran. Hal ini akan membantu Anda untuk memantau pengeluaran dengan lebih teliti. Membuat tabel pengeluaran cukup mudah, Anda bisa membuat tabel yang memiliki kolom tanggal, jenis pengeluaran, harga, dan catatan tambahan lainnya.

daftar pengeluaran

Dalam contoh di atas, kita membuat sebuah tabel dengan tiga kolom: tanggal, jenis pengeluaran, dan jumlah pengeluaran. Tabel ini akan memberikan gambaran umum tentang pengeluaran Anda pada setiap tanggal di bulan tertentu. Catatan tambahan akan membantu Anda untuk memperoleh gambaran yang jelas tentang pengeluaran Anda.

3. Menghitung Total Pendapatan dan Pengeluaran

Setelah membuat tabel pendapatan dan pengeluaran, maka selanjutnya kita perlu menghitung total pendapatan dan pengeluaran. Untuk menghitung total pendapatan, Anda dapat menggunakan rumus =SUM(B2:B6) di mana B2 adalah sel awal pada tabel pendapatan, dan B6 adalah sel akhir pada tabel pendapatan. Rumus tersebut akan menjumlahkan semua nilai pendapatan yang terdapat pada tabel pendapatan.

Untuk menghitung total pengeluaran, Anda juga dapat menggunakan rumus =SUM(B2:B6) di mana B2 adalah sel awal pada tabel pengeluaran, dan B6 adalah sel akhir pada tabel pengeluaran. Rumus tersebut akan menjumlahkan semua nilai pengeluaran yang terdapat pada tabel pengeluaran.

4. Menampilkan Laporan Keuangan

Setelah menghitung total pendapatan dan pengeluaran, selanjutnya kita perlu membuat laporan keuangan. Membuat laporan keuangan cukup mudah, Anda bisa menggunakan salah satu template laporan keuangan yang telah disediakan Microsoft Excel atau membuat laporan keuangan dari awal.

Untuk membuat laporan keuangan dari awal, buatlah sebuah tabel dengan empat kolom: pendapatan, pengeluaran, total pendapatan, dan total pengeluaran. Dalam contoh di bawah ini, kita membuat laporan keuangan untuk seluruh bulan.

Pendapatan
Pengeluaran
Total Pendapatan
Total Pengeluaran
=SUM(‘Daftar Pendapatan’!B2:B13)
=SUM(‘Daftar Pengeluaran’!B2:B13)
=SUM(A2:C2)
=SUM(B2:D2)

Dalam contoh di atas, kita menggunakan rumus =SUM() untuk menghitung total pendapatan dan pengeluaran. Dalam kolom “Total Pendapatan”, kita menghitung total pendapatan dari tabel pendapatan di ‘Daftar Pendapatan’. Sedangkan dalam kolom “Total Pengeluaran”, kita menghitung total pengeluaran dari tabel pengeluaran di ‘Daftar Pengeluaran’.

Baca Juga :  CARA BUAT PASSWORD GENERATOR DENGAN EXCEL

FAQ

1. Apa keuntungan menggunakan Excel untuk mengelola keuangan?

Menggunakan Excel untuk mengelola keuangan memiliki beberapa keuntungan, antara lain:

  • Mempermudah pemantauan keuangan secara detail
  • Menyediakan kontrol penuh atas aliran masuk dan keluar dana
  • Membuat estimasi dan anggaran dengan lebih mudah
  • Memantau pertumbuhan dan perkembangan keuangan dengan lebih mudah

2. Apakah Excel sulit digunakan untuk mengelola keuangan?

Tidak. Excel cukup mudah digunakan untuk mengelola keuangan. Anda hanya perlu memahami beberapa rumus dan fungsi dasar dalam Excel, dan mulai membuat tabel pendapatan dan pengeluaran. Anda juga dapat menggunakan template laporan keuangan yang telah disediakan di dalam Excel untuk mempermudah pekerjaan Anda.

Video Tutorial Menggunakan Excel untuk Mengelola Keuangan

Berikut adalah video tutorial mengenai cara menggunakan Excel untuk mengelola keuangan: