Pilar Microsoft Excel yang terdiri dari banyak fitur memudahkan pekerjaan setiap pengguna dalam melakukan pengelolaan data, baik bagi individu maupun perusahaan. Salah satu fitur yang sering digunakan adalah membuat kolom yang memudahkan untuk menampilkan, mengelompokkan, atau menghitung data. Namun terkadang, pengguna masih mengalami kesulitan mengunci atau membekukan kolom pada Excel atau bahkan menggabungkan dua kalimat dalam sebuah kolom. Tak perlu khawatir, artikel ini akan membantu Anda mengatasi masalah tersebut.
Cara Mengunci atau Membekukan Kolom di Excel
Dalam bekerja dengan data pada Excel, terkadang Anda perlu melakukan scroll pada tabel dengan jumlah kolom yang banyak. Kondisi ini dapat menyulitkan ketika Anda hendak melakukan analisis data pada kolom tertentu yang terletak di sisi kanan tabel. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa menggunakan fitur Freeze Panes.
1. Freeze Panes
Freeze Panes berfungsi untuk mengunci atau membekukan kolom atau baris tertentu sehingga akan tetap terlihat meskipun tabel di-scroll. Misalnya, ketika Anda hendak menganalisis data pada kolom J, kolom A hingga I tetap bisa dilihat. Caranya cukup mudah, Anda cukup mengikuti langkah berikut ini:
– Pilih sel yang berada pada baris atau kolom yang akan Anda kunci atau bekukan. Misalnya, jika Anda ingin membekukan kolom A hingga C, maka pilih sel C1.
– Klik pada menu View dan pilih Freeze Panes.
– Pilih Freeze Panes atau Freeze Top Row atau Freeze First Columns, tergantung pada kebutuhan Anda.
Apabila Anda memilih Freeze Panes akan membekukan baris dan kolom yang dipilih. Sedangkan jika Anda memilih Freeze Top Row atau Freeze First Columns, hanya baris dan kolom pertama yang akan dilekatkan dan baris atau kolom lainnya masih bisa di-scroll.
2. Split Panes
Selain Freeze Panes, ada juga fitur Split Panes yang bisa digunakan untuk memisahkan antara fenomena kolom dan baris menjadi dua bagian yang berbeda. Misalnya ketika Anda hendak melakukan scroll pada kolom satu namun masih ingin melihat keberadaan row secara keseluruhan, Anda dapat mencoba fitur ini. Caranya yaitu:
– Pilih sel yang berada di tengah-tengah tabel, atau tepatnya di sel kolom dan baris yang akan Anda lewatkan setelah membagi windows.
– Klik pada menu View dan pilih Split.
Nantinya akan muncul dua jendela yang bisa Anda atur agar sesuai dengan yang Anda butuhkan.
Cara Membuat Kolom di Excel Beserta Gambarnya
Fitur yang lain dari mengelola kolom pada Excel adalah dapat membuat kolom baru. Langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk membuat kolom baru yaitu:
1. Klik sel pada sebelah kanan atau kiri dari posisi kolom baru yang akan dibuat.
2. Klik menu Insert dan pilih Insert Table Columns to The Left atau Insert Table Columns to The Right.
Gambar berikut ini adalah tampilan contoh proses pembuatan kolom pada Excel untuk memudahkan Anda dalam menggambaran langkah-langkah tersebut.
Cara Membuat 2 Kalimat Dalam 1 Kolom Di Excel
Membuat dua kalimat dalam satu kolom pada Excel mungkin terdengar sulit bagi beberapa orang. Namun sebenarnya cukup mudah dilakukan dengan hanya memanfaatkan fitur CONCATENATE atau operator ampersand (&). Berikut adalah langkah-langkahnya:
1. Pada kolom yang pertama, ketik kalimat pertama Anda.
2. Masuk pada kolom kedua, ketik tanda bintang (*) sebagai pemisah dari dua kalimat yang akan digabungkan.
3. Ketik kalimat kedua diatas kolom kedua.
4. Selanjutnya, masuk pada kolom barunya dan ketikkan fungsi CONCATENATE atau gunakan operator ampersand (&) di antara dua kolom yang Anda inginkan untuk mengambil nilai gabungannya.
Gambar berikut ini adalah tampilan contoh proses penggabungan dua kalimat pada satu kolom di Excel yang dapat membantu Anda untuk lebih memahami langkah-langkah tersebut.
Cara Membuat Kolom Tanda Tangan Dengan Rumus Excel
Selain mengelola setiap data atau tabel pada Excel, seringkali juga banyak pengguna yang memerlukan tanda tangan digital sebagai bentuk pengakuan atau persetujuan. Agar lebih mudah, Anda bisa mencoba membuat kolom tanda tangan pada Excel. Berikut langkah-langkahnya:
1. Buatlah terlebih dahulu garis bawah yang akan menjadi tanda tangan.
2. Pilih kolom sebelah kanan.
3. Pada menu Insert, Anda bisa memilih shapes atau bentuk gambar yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
4. Buat bentuk gambar tanda tangan atau signature.
5. Selanjutnya, dengan menggunakan rumus excel, tara, kolom tanda tangan yang Anda buat telah siap dipakai.
Berikut tampilan contoh proses membuat kolom tanda tangan dengan rumus Excel.
FAQ
1. Bagaimana jika saya ingin menghapus Freeze Panes atau Split Panes?
Anda hanya perlu klik pada menu View dan pilih Unfreeze Panes atau Unsplit. Maka, kolom atau baris akan kembali bebas di-scroll.
2. Apa beda CONCATENATE dengan operator ampersand (&)?
CONCATENATE digunakan untuk menggabungkan dua atau lebih kolom menjadi satu, sementara operator ampersand (&) juga berfungsi untuk menggabungkan dua atau lebih kolom menjadi satu. Perbedaannya adalah CONCATENATE memerlukan lebih banyak argumen atau nilai, sedangkan operator ampersand (&) hanya membutuhkan argumen atau nilai yang lebih sedikit.