Cara Membuat Rumus Jika Maka Di Vba Excel

Microsoft Excel merupakan aplikasi office yang hampir selalu menjadi salah satu software yang dipasang di komputer atau laptop kita. Dalam mengolah data menggunakan Excel, tentunya kita memerlukan beberapa rumus agar lebih mudah dan efektif dalam memproses data. Berikut adalah beberapa rumus Penting dalam Microsoft Excel :

Rumus Penjumlahan

Rumus Microsoft Excel Lengkap yang Wajib Kamu Ketahui Kepotek

Rumus penjumlahan merupakan rumus dasar yang paling banyak digunakan dalam Microsoft Excel. Rumus ini sangat berguna untuk menghitung jumlah data pada satu range atau lebih. Rumus penjumlahan pada Excel disebut SUM. Contohnya adalah seperti berikut :

Langkah 1 : Pilih sebuah sel pada excel, selanjutnya ketikan =SUM(

Langkah 2 : Klik & Seret range sel yang ingin dijumlahkan

Langkah 3 : Tekan tombol ENTER pada keyboard, maka hasil penjumlahan akan muncul di sel yang kamu pilih

Rumus Rata-rata

Cara Membuat Tabel di Excel Berwarna Otomatis (Mudah) - SemutImut

Rumus Rata-rata pada Excel disebut AVERAGE. Ini sangat berguna untuk menghitung rata-rata data pada suatu rentang sel. Contohnya seperti berikut :

Langkah 1 : Pilih sebuah sel pada excel, selanjutnya ketikan =AVERAGE(

Langkah 2 : Klik & Seret range sel yang ingin dihitung rata-ratanya

Langkah 3 : Tekan tombol ENTER pada keyboard, maka hasil rata-rata akan muncul di sel yang kamu pilih

Rumus Terbilang

Rumus Excel Menulis Terbilang - Paud Berkarya

Rumus terbilang di Excel sangat berguna ketika kita ingin mengajukan permohonan pembayaran sehubungan dengan tagihan yang telah diterima. Misalnya, kamu memiliki total tagihan Rp 100.000, maka kamu dapat mengkonversikan angka tersebut menjadi terbilang dengan menggunakan rumus TERBILANG. Ini adalah rumus yang sangat berguna ketika kamu ingin mengonversikan angka menjadi kata-kata. Contoh penggunaan rumus TERBILANG seperti berikut :

Baca Juga :  Cara Membuat Rumus Hitungan Di Excel

Langkah 1 : Buatlah sebuah sel baru pada workbook

Langkah 2 : Ketikkan angka sebelum dicontohkan, 100000 pada sel tersebut

Langkah 3 : Pada sel di sampingnya, ketikan rumus =TERBILANG(100000).

Langkah 4 : Tekan tombol ENTER pada keyboard dan hasilnya akan muncul

Rumus VBA Pada Excel

Rumus Vba - My Blog

VBA (Visual Basic for Applications) pada Excel berguna untuk melakukan penghitungan rumus secara otomatis. Dalam VBA, kamu harus membuat sebuah macro yang kemudian akan dijalankan untuk melakukan penghitungan otomatis. Macro siap pakai pada Excel juga mempunyai tujuan yang sama tetapi bisa langsung dijalankan tanpa perlu mengatur dan membuatnya terlebih dahulu. Contoh penggunaan Rumus VBA seperti berikut :

Langkah 1 : Pilih Developer. Klik File > Opsi > Costumize Ribbon > centang “Developer”. Selanjutnya pilih Developer

Langkah 2 : Pilih Macro pada tab Developer

Langkah 3 : Buat nama Macro sesuai keinginan dan Klik Create untuk memulai membuat bagian kode, bagian kode untuk menjalankan rumus atau makro yang dibuat. Setelah bagian ini selesai, pilih Save and Exit untuk menyimpan perubahan

Cara Membuat Tabel Excel Berwarna

Cara Membuat Rumus di Excel : Rumus Penjumlahan, Pengurangan dll

Membuat tabel yang terstruktur dan berwarna pada Excel dapat membantu kamu dalam memproses data. Berikut ini adalah cara membuat tabel yang terstruktur dan berwarna di Excel :

Langkah 1 : Buat table terlebih dahulu

Langkah 2 : Pilih Entire Table

Langkah 3 : Pilih Conditional Formatting

Langkah 4 : Pilih Color Scales untuk memilih pilihan warna yang Anda inginkan.

Langkah 5 : Pilih warna untuk kolom yang sesuai dengan kondisinya.

Langkah 6 : Tekan OK! Total tabel akan berwarna sesuai dengan kondisi yang Anda atur. Selesai.

FAQ

1. Bagaimana cara menggunakan rumus-rumus di Excel?

Untuk menggunakan Rumus Excel, pilih sebuah sel pada excel, kemudian ketikan rumus yang anda inginkan pada cell tersebut. Selanjutnya, tekan tombol ENTER pada keyboard, maka hasil dari rumus tersebut akan muncul pada cell yang dipilih.

Baca Juga :  Membuat Kurva S Dengan Excel 2007

2. Apa itu VBA pada Excel?

VBA (Visual Basic for Applications) pada Excel berguna untuk melakukan penghitungan rumus secara otomatis. Dalam VBA, kamu harus membuat sebuah macro yang kemudian akan dijalankan untuk melakukan penghitungan otomatis. Macro siap pakai pada Excel juga mempunyai tujuan yang sama tetapi bisa langsung dijalankan tanpa perlu mengatur dan membuatnya terlebih dahulu.

Dalam video ini, kita akan belajar tentang bagaimana menggunakan Rumus Excel dan bagaimana membuat sebuah tabel berwarna dengan menggunakan Microsoft Excel.