Microsoft Excel merupakan aplikasi office yang hampir selalu menjadi salah satu software yang dipasang di komputer atau laptop kita. Dalam mengolah data menggunakan Excel, tentunya kita memerlukan beberapa rumus agar lebih mudah dan efektif dalam memproses data. Berikut adalah beberapa rumus Penting dalam Microsoft Excel :
Rumus Penjumlahan
Rumus penjumlahan merupakan rumus dasar yang paling banyak digunakan dalam Microsoft Excel. Rumus ini sangat berguna untuk menghitung jumlah data pada satu range atau lebih. Rumus penjumlahan pada Excel disebut SUM. Contohnya adalah seperti berikut :
Langkah 1 : Pilih sebuah sel pada excel, selanjutnya ketikan =SUM(
Langkah 2 : Klik & Seret range sel yang ingin dijumlahkan
Langkah 3 : Tekan tombol ENTER pada keyboard, maka hasil penjumlahan akan muncul di sel yang kamu pilih
Rumus Rata-rata
Rumus Rata-rata pada Excel disebut AVERAGE. Ini sangat berguna untuk menghitung rata-rata data pada suatu rentang sel. Contohnya seperti berikut :
Langkah 1 : Pilih sebuah sel pada excel, selanjutnya ketikan =AVERAGE(
Langkah 2 : Klik & Seret range sel yang ingin dihitung rata-ratanya
Langkah 3 : Tekan tombol ENTER pada keyboard, maka hasil rata-rata akan muncul di sel yang kamu pilih
Rumus Terbilang
Rumus terbilang di Excel sangat berguna ketika kita ingin mengajukan permohonan pembayaran sehubungan dengan tagihan yang telah diterima. Misalnya, kamu memiliki total tagihan Rp 100.000, maka kamu dapat mengkonversikan angka tersebut menjadi terbilang dengan menggunakan rumus TERBILANG. Ini adalah rumus yang sangat berguna ketika kamu ingin mengonversikan angka menjadi kata-kata. Contoh penggunaan rumus TERBILANG seperti berikut :
Langkah 1 : Buatlah sebuah sel baru pada workbook
Langkah 2 : Ketikkan angka sebelum dicontohkan, 100000 pada sel tersebut
Langkah 3 : Pada sel di sampingnya, ketikan rumus =TERBILANG(100000).
Langkah 4 : Tekan tombol ENTER pada keyboard dan hasilnya akan muncul
Rumus VBA Pada Excel
VBA (Visual Basic for Applications) pada Excel berguna untuk melakukan penghitungan rumus secara otomatis. Dalam VBA, kamu harus membuat sebuah macro yang kemudian akan dijalankan untuk melakukan penghitungan otomatis. Macro siap pakai pada Excel juga mempunyai tujuan yang sama tetapi bisa langsung dijalankan tanpa perlu mengatur dan membuatnya terlebih dahulu. Contoh penggunaan Rumus VBA seperti berikut :
Langkah 1 : Pilih Developer. Klik File > Opsi > Costumize Ribbon > centang “Developer”. Selanjutnya pilih Developer
Langkah 2 : Pilih Macro pada tab Developer
Langkah 3 : Buat nama Macro sesuai keinginan dan Klik Create untuk memulai membuat bagian kode, bagian kode untuk menjalankan rumus atau makro yang dibuat. Setelah bagian ini selesai, pilih Save and Exit untuk menyimpan perubahan
Cara Membuat Tabel Excel Berwarna
Membuat tabel yang terstruktur dan berwarna pada Excel dapat membantu kamu dalam memproses data. Berikut ini adalah cara membuat tabel yang terstruktur dan berwarna di Excel :
Langkah 1 : Buat table terlebih dahulu
Langkah 2 : Pilih Entire Table
Langkah 3 : Pilih Conditional Formatting
Langkah 4 : Pilih Color Scales untuk memilih pilihan warna yang Anda inginkan.
Langkah 5 : Pilih warna untuk kolom yang sesuai dengan kondisinya.
Langkah 6 : Tekan OK! Total tabel akan berwarna sesuai dengan kondisi yang Anda atur. Selesai.
FAQ
1. Bagaimana cara menggunakan rumus-rumus di Excel?
Untuk menggunakan Rumus Excel, pilih sebuah sel pada excel, kemudian ketikan rumus yang anda inginkan pada cell tersebut. Selanjutnya, tekan tombol ENTER pada keyboard, maka hasil dari rumus tersebut akan muncul pada cell yang dipilih.
2. Apa itu VBA pada Excel?
VBA (Visual Basic for Applications) pada Excel berguna untuk melakukan penghitungan rumus secara otomatis. Dalam VBA, kamu harus membuat sebuah macro yang kemudian akan dijalankan untuk melakukan penghitungan otomatis. Macro siap pakai pada Excel juga mempunyai tujuan yang sama tetapi bisa langsung dijalankan tanpa perlu mengatur dan membuatnya terlebih dahulu.
Dalam video ini, kita akan belajar tentang bagaimana menggunakan Rumus Excel dan bagaimana membuat sebuah tabel berwarna dengan menggunakan Microsoft Excel.