Cara Membuat Rumus Jika 86-100 Baik Sekali Pada Excel

Microsoft Excel adalah program pengolah data dan perhitungan populer yang banyak digunakan di berbagai bidang pekerjaan. Dalam Excel, terdapat beberapa fitur seperti rumus-rumus yang memudahkan pengguna dalam melakukan perhitungan dan analisis data. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa rumus Excel yang sering digunakan beserta contoh penggunaannya.

Rumus Index dan Match

Cara Membuat Rumus Jika 86-100 Baik Sekali Pada Excel

Rumus Index dan Match adalah rumus yang digunakan untuk mencari nilai dengan menggunakan dua kriteria atau lebih. Misalnya, jika kita ingin mencari nilai siswa berdasarkan kelas dan nama, kita dapat menggunakan rumus ini. Berikut adalah contoh penerapan rumus Index dan Match pada Excel:

  1. Pertama-tama, tentukan kriteria yang ingin dicari. Misalnya, kelas dan nama siswa.
  2. Pada kolom selanjutnya, ketikkan rumus Index, yaitu =Index(A1:B10, Match(“kelas”&”nama”, A1:A10&B1:B10, 0)).
  3. Di dalam rumus Index, A1:B10 menunjukkan rentang sel yang ingin dicari nilainya, “kelas”&”nama” adalah kriteria pencarian, dan A1:A10&B1:B10 menunjukkan rentang kelas dan nama di mana pencarian dilakukan.
  4. Hasil pencarian akan ditampilkan di sel yang berisi rumus Index.

Rumus IF

Rumus IF

Rumus IF adalah rumus yang digunakan untuk mengecek kondisi tertentu dan menghasilkan nilai atau aksi tertentu, tergantung pada kondisi yang dipenuhi atau tidak dipenuhi. Contoh penggunaan rumus IF adalah mencari nilai siswa berdasarkan kategori seperti “Lulus” atau “Tidak Lulus”. Berikut adalah contoh penerapan rumus IF pada Excel:

  1. Pada kolom selanjutnya, ketikkan rumus IF, yaitu =IF(A1>=70, “Lulus”, “Tidak Lulus”).
  2. Dalam rumus IF di atas, A1 adalah sel yang berisi nilai siswa yang ingin dicari kategori kelulusannya. Jika nilai tersebut lebih besar atau sama dengan 70, maka kondisi telah dipenuhi dan hasilnya adalah “Lulus”. Jika tidak, maka hasilnya adalah “Tidak Lulus”.
  3. Hasil pencarian akan ditampilkan di sel yang berisi rumus IF.

FAQ

Apa itu Microsoft Excel?

Microsoft Excel adalah program pengolah data dan perhitungan populer yang banyak digunakan di berbagai bidang pekerjaan. Dalam Excel, terdapat beberapa fitur seperti rumus-rumus yang memudahkan pengguna dalam melakukan perhitungan dan analisis data.

Bagaimana cara menggunakan rumus IF pada Excel?

Untuk menggunakan rumus IF pada Excel, kita perlu menentukan kriteria atau kondisi tertentu dan memilih nilai atau aksi yang akan dilakukan jika kondisi tersebut dipenuhi atau tidak dipenuhi. Misalnya, untuk mencari nilai siswa berdasarkan kategori “Lulus” atau “Tidak Lulus”, kita dapat menggunakan rumus IF dengan kondisi jika nilai lebih besar atau sama dengan 70, maka siswa tersebut “Lulus”, dan jika tidak, maka “Tidak Lulus”.

Video Tutorial

Berikut ini adalah video tutorial singkat tentang penggunaan rumus Index dan Match pada Excel:

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dalam menggunakan Microsoft Excel. Dengan menguasai rumus-rumus Excel, Anda dapat melakukan perhitungan dan analisis data dengan lebih mudah dan efektif.

Baca Juga :  CARA BUAT TIME SCHEDULE DI EXCEL