Cara Membuat Rumus Excel Agar Bisa Bertanda Seperti Dollar

Tahun 2020 adalah tahun yang penuh dengan kejutan dan perubahan. Tak hanya di bidang kesehatan, namun juga di bidang bisnis dan teknologi. Salah satu teknologi yang menjadi sangat populer di tahun 2020 adalah Microsoft Excel.

Cara Mengunci Tabel Agar Tidak Bisa Diedit dan Dihapus

Cara Membuat Rumus Excel Agar Bisa Bertanda Seperti Dollar

Excel adalah program paling populer untuk menyimpan data dan menganalisis data. Namun, kadang-kadang Anda mungkin ingin mengunci sel atau tabel agar tidak dapat diedit atau dihapus oleh pengguna lain atau bahkan diri sendiri. Dalam panduan ini, kami akan membahas cara mengunci tabel agar tidak dapat diedit atau dihapus di Microsoft Excel. Mengunci tabel sangat berguna bagi para auditor, konsultan, akuntan, dan siapa saja yang bekerja dengan spreadsheet yang berisi data sensitif.

Langkah-langkahnya sangat mudah. Pertama, buka file Excel yang ingin Anda buat tabelnya tidak dapat diedit atau dihapus. Kemudian, pilih sel atau kolom yang ingin Anda kunci. Jika ingin mengunci sel satu per satu, klik kanan pada sel itu kemudian pilih Format Cells. Setelah itu, klik tab Protection dan centang kotak Locked, kemudian klik OK. Setelah itu, Anda dapat mengunci sel tersebut dengan mengklik tombol Protect Sheet di tab Review.

Jika Anda ingin mengunci sel di seluruh tabel atau serangkaian tabel, pilih sel atau kolom yang ingin Anda kunci, dan kemudian klik kanan pada sel itu kemudian klik on Format Cells. Setelah itu, pilih tab Protection dan centang di kedua kotak Locked dan Hidden, kemudian klik OK. Setelah itu, Anda dapat mengunci sel tersebut dengan mengklik tombol Protect Sheet di tab Review.

Cara Membuat Rumus Excel Agar Bisa Bertanda Seperti Dollar

Cara Membuat Rumus Excel Agar Bisa Bertanda Seperti Dollar

Salah satu hal yang paling menyenangkan tentang Microsoft Excel adalah kemampuan untuk membuat rumus yang rumit dan menghasilkan hasil yang bersih dan akurat. Namun, terkadang Anda ingin tampilan hasil dari rumus Anda menjadi lebih mudah dibaca dan lah semisal seperti tampilan mata uang. Inilah di mana Anda membutuhkan cara membuat rumus Excel agar bisa bertanda seperti dollar. Tulisan ini akan membahas cara membuat rumus Excel agar bisa bertanda seperti dollar dengan sangat mudah.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih sel di mana hasil rumus akan ditampilkan. Kemudian gunakan kombinasi tombol Ctrl+Shift+$. Setelah itu, ketik rumus Anda seperti biasa, misalnya =SUM(A1:A10). Setelah itu, hasil dari rumus Anda akan memiliki tanda dollar pada formatnya.

Anda juga dapat menambahkan tanda dollar sebelum atau sesudah rumus Anda. Misalnya, jika Anda ingin menambahkan tanda dollar di depan hasil dari rumus Anda, gunakan tanda kutip ganda di depan dan di belakang tanda dollar seperti ini: =”$”&SUM(A1:A10).

Selain menggunakan tanda dollar, Anda juga dapat menggunakan tanda lainnya seperti euro atau yen. Untuk menggunakan tanda tersebut, gunakan kombinasi tombol Ctrl+Shift+4 untuk tanda euro dan Ctrl+Shift+Y untuk tanda yen.

FAQ

1. Apakah Microsoft Excel hanya digunakan untuk keperluan bisnis?

Tidak, Microsoft Excel dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan termasuk untuk keperluan pribadi seperti pengaturan keuangan pribadi, perencanaan keperluan makanan dan lain-lain.

Baca Juga :  Cara Mencari Data Yang Sama Di 2 Kolom Excel

2. Apakah Microsoft Excel sama dengan Google Sheets?

Tidak, Microsoft Excel dan Google Sheets memiliki fitur dan kelebihan yang berbeda-beda. Namun, keduanya dapat digunakan untuk keperluan yang sama seperti pembuatan dan analisis data.

Video Tutorial: Cara Mengunci Tabel Agar Tidak Bisa Diedit dan Dihapus

Berikut ini adalah video tutorial tentang cara mengunci tabel agar tidak bisa diedit dan dihapus di Excel:

Sekian panduan singkat mengenai Microsoft Excel dan cara mengunci tabel agar tidak bisa diedit dan dihapus serta cara membuat rumus agar bisa bertanda seperti dollar. Semoga panduan ini membantu Anda dalam membuka wawasan dan juga menjadi referensi untuk kegiatan sehari-hari Anda terutama dalam bidang akuntansi dan keuangan.