CARA MEMBUAT RUMUS ANTAR SHEET DI EXCEL

Cara Membuat Link Antar Sheet dalam Excel

Excel adalah aplikasi pengolah data yang sangat handal dan populer di dunia kerja. Dalam aplikasi Excel, terdapat fitur hyperlink yang dapat digunakan untuk membuat link antar sheet di dalam satu file Excel. Link antar sheet ini berfungsi untuk memudahkan navigasi pengguna dalam berpindah-pindah sheet dalam file Excel yang banyak.

Berikut ini adalah cara membuat link antar sheet dalam Excel:

1. Pertama, buka file Excel yang akan diberi link antar sheet.

2. Kemudian, buat sheet baru dengan cara klik kanan pada tab sheet yang ada di bagian bawah, kemudian pilih “Insert”.

3. Beri nama pada sheet baru tersebut dengan cara klik dua kali pada nama sheet tersebut.

4. Setelah itu, kembali ke sheet yang pertama dan pilih cell yang akan diberi link antar sheet.

5. Kemudian, klik kanan pada cell tersebut dan pilih “Hyperlink”.

6. Pada jendela Hyperlink, pilih “Place in This File” pada bagian sebelah kiri.

7. Kemudian, pilih sheet yang ingin dituju pada dropdown list yang ada di bagian sebelah kanan.

8. Pilih cell yang ingin dituju pada sheet yang dipilih di atas.

9. Klik “OK” untuk menyimpan link tersebut.

10. Sekarang, coba klik cell yang telah diberi link antar sheet tersebut. Anda akan langsung diarahkan ke sheet dan cell yang telah ditentukan pada aplikasi Excel.

Untuk membuat link antar sheet yang lainnya, Anda dapat mengulangi langkah 4 hingga 10.

Cara Membuat Rumus Antar Sheet Di Excel

Selain membuat link antar sheet, Excel juga memiliki fitur rumus antar sheet yang sangat berguna untuk menyatukan data dari beberapa sheet dalam satu file Excel.

Baca Juga :  CARA MEMBUAT BUKU BESAR AKUNTANSI DENGAN EXCEL

Berikut ini adalah cara membuat rumus antar sheet di Excel:

1. Pertama, buka file Excel yang akan diberi rumus antar sheet.

2. Buat sheet baru dan beri nama sesuai dengan kebutuhan.

3. Kemudian, masukkan data ke dalam sheet file Excel tersebut.

4. Kembali ke sheet pertama dan buat cell yang ingin ditampilkan hasil dari rumus yang akan dibuat.

5. Pada cell tersebut, ketikkan “=” untuk memulai rumus.

6. Selanjutnya, klik sheet yang berisi data yang ingin digunakan dalam rumus.

7. Pilih cell yang akan digunakan dalam rumus tersebut, kemudian masukkan operator matematika yang ingin digunakan (misalnya “+”, “-“, “*”, atau “/”).

8. Selanjutnya, klik sheet lainnya yang berisi data yang akan digunakan dalam rumus.

9. Pilih cell yang akan digunakan dalam rumus tersebut, kemudian masukkan operator matematika yang ingin digunakan.

10. Terakhir, tekan tombol Enter untuk menyelesaikan rumus tersebut.

11. Sekarang, hasil dari rumus antar sheet tersebut akan muncul pada cell yang telah dipilih sebelumnya.

Anda juga dapat memperbaiki atau mengedit rumus antar sheet tersebut dengan cara mengklik cell yang berisi rumus tersebut dan mengubah operator matematika atau cell yang digunakan dalam rumus.

FAQ

1. Apa fungsi link antar sheet dalam Excel?

Jawaban: Fungsi link antar sheet dalam Excel adalah untuk memudahkan navigasi pengguna dalam berpindah-pindah sheet dalam satu file Excel yang banyak. Dengan link antar sheet, pengguna dapat dengan mudah berpindah dari satu sheet ke sheet yang lainnya hanya dengan mengklik cell yang telah diberi link.

2. Apa bedanya link antar sheet dan rumus antar sheet dalam Excel?

Jawaban: Link antar sheet berfungsi untuk memudahkan navigasi pengguna dalam file Excel yang banyak, sedangkan rumus antar sheet berfungsi untuk menyatukan data dari beberapa sheet dalam satu file Excel. Sebagai contoh, jika Anda memiliki beberapa sheet yang berisi data bulanan, Anda dapat menggunakan rumus antar sheet untuk membuat total data tersebut di sheet terakhir.

Baca Juga :  Cara Membuat Rumus Box Di Excel